Ingin Daftar BPJS Kesehatan? Ini Persyaratan Yang Harus Anda Penuhi

Posted on

Menjadi anggota peserta BPJS Kesehatan bukanlah hal yang sulit. Anda tidak perlu bolak balik, karena sekarang pemerintah memberikan kebijakan yang memudahkan masyarakat dalam proses pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.

Meskipun syarat pembuatan BPJS ini tidaklah sulit, namun masih ada saja beberapa orang yang belum mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi. BPJS Kesehatan sendiri merupakan salah satu perusahaan asuransi yang dikelola oleh pemerintah.

Program jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS ini diwajibkan pemerintah kepada masyarakat. WNA yang sudah berada di Indonesia meinimal 6 bulan juga diwajibkan mengikuti program jaminan kesehatan dari BPJS.Syarat Membuat BPJS Kesehatan

Informasi mengenai persyaratan membuat BPJS sangat dibutuhkan bagi calon peserta BPJS mandiri atau PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah). Dimana proses pendaftaran hingga pembayaran iuran BPJS Kesehatan dilakukan mandiri oleh peserta yang bersangkutan.

BPJS Kesehatan memberikan 3 kelas yang bisa diambil oleh calon peserta mandiri, yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Setiap kelas memiliki biaya BPJS atau iuran yang berbeda. Untuk iuran BPJS Kelas 3 sebesar 25,500, iuran BPJS Kelas 2 sebesar 51 ribu dan iuran BPJS Kelas 1 sebesar 80 ribu.

Fasilitas dan layanan jaminan kesehatan yang diberikan juga berbeda sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Peserta bisa memilih kelas yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi dalam membayar premi asuransi setiap bulan.

Untuk menjadi peserta BPJS mandiri atau perorangan, pemerintah memberikan 2 cara yang bisa dilakukan yaitu secara online dan offline. Untuk cara daftar BPJS Kesehatan Online, anda bisa mengunjungi situs resmi atau website BPJS untuk mengikuti petunjuk yang sudah disediakan.

Sedangkan untuk cara daftar BPJS Kesehatan offline, anda harus mendatangi kantor cabang BPJS terdekat untuk melakukan pendaftaran. Masing-masing cara pendaftaran memiliki alur yang berbeda namun persyaratan yang diberikan masih sama.

Persyaratan ini harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran, agar anda bisa segera menjadi peserta BPJS mandiri. Berikut syarat membuat BPJS Kesehatan mandiri yang harus anda penuhi.

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, anda bisa mengisi formulir yang disediakan dan segera melakukan pendafataran. Jangan lupa, daftar juga anggota keluarga lainnya supaya anggota keluarga juga mendapatkan layanan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Setelah mendaftar dan menjadi anggota peserta BPJS Kesehatan, jangan lupa juga membayar iuran BPJS Kesehatan secara rutin setiap bulan. Proses pembayaran juga cukup mudah, bisa melalui pos, transfer via atm atau melalui layanan pembayaran lainnya seperti indomaret atau alfamaret.