Ini Syarat dan Prosedur Pindah Status Kepesertaan Dari BPJS Perusahaan ke BPJS Mandiri

Posted on

Sebagai Peserta Penerima Upah (PPU) BPJS Kesehatan, tentu memiliki keuntungan yang sedikit lebih banyak dari pada peserta Mandiri. Salah satunya seperti proses pendaftaran hingga pembayaran iuran BPJS yang akan ditangani oleh perusahaan tempat bekerja. Sehingga tidak perlu mondar-mandir untuk mengurus BPJS Kesehatan.

Berbeda dengan peserta mandiri yang harus melakukan pendaftaran dan pembayaran iuran secara mandiri. Besar iuran juga akan ditanggung sendiri oleh peserta. Sedangkan pada peserta PPU, iuran BPJS ada yang dibayar penuh oleh perusahaan dan ada pula yang hanya dibayar setengahnya. Sesuai dengan kebijakan dari perusahaan tempat bekerja.Syarat dan Prosedur Pindah Status BPJS Dari Perusahaan ke Mandiri

Syarat dan Prosedur Pindah Status Kepesertaan Dari BPJS Perusahaan ke BPJS Mandiri

Meskipun PPU lebih mudah dalam proses pengurusan yang berkaitan dengan BPJS,  namun peserta PPU juga memiliki permasalah yang lebih banyak dari pada peserta mandiri. Salah satu permasalah yang paling umum adalah perpindahan perusahaan tempat bekerja.

Jika peserta PPU melakukan pergantian pekerjaan, maka status BPJS juga harus segera diganti atau dirubah. Ada beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa peserta pindah pekerja. Alasan pertama karena bosan atau keinginan pribadi untuk pindah pekerjaan atau perusahaan tempat bekerja.

Biasanya faktor ini dipengaruhi karena gaji yang tidak sesuai hingga tuntutan kerja yang sangat besar. Sehingga membuat karyawan jenuh dan ingin resign untuk mengganti pekerjaan yang lebih baik. Alasan kedua adalah karena karyawan dipecat. Ini juga merupakan salah satu faktor yang menjadi alasan perpindahan pekerja peserta PPU. Namun, faktor ini merupakan yang paling sedikit dari pada yang lainnya.

Alasan ketiga adalah ingin beralih proses atau membuka sebuah bisnis usaha. Dimana saat ini memang ada banyak sekali bekas karyawan yang mulai merintis bisnis usaha. Meskipun keuntungan yang didapat tidak terlalu besar, namun mereka tetap menjalankan bisnis karena cocok dengan pashion yang mereka miliki.

Baca Juga : Cara Mutasi BPJS Dari Perusahaan Lama ke Perusahaan Baru

Ketika peserta PPU sudah berganti pekerjaan, tentu status kepesertaan juga harus dirubah. Terutama dari status peserta PPU menjadi peserta mandiri. Ini bertujuan agar layanan kesehatan dari BPJS kesehatan masih bisa digunakan. Berikut adalah syarat dan prosedur yang harus ditempuh unntuk merubah status kepesertaan dari PPU menjadi mandiri.

Syarat Pindah Status Kepesertaan BPJS Kesehatan dari PPU ke Mandiri

  • Surat pernyataan resign dari perusahaan
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Buku tabungan (Mandiri, BRI atau BNI)
  • Pas Foto 3×4 2 lembar
  • Kartu BPJS sebelumnya

Prosedur Pindah Status Kepesertaan BPJS Kesehatan dari PPU ke Mandiri

  • Pergi ke kantor cabang BPJS terdekat dengan kediaman anda
  • Uraikan maksud dan tujuan kepada satpam atau petugas untuk memudahkan proses
  • Ambil Nomor antrian dan isi formulir perubahan data
  • Tunggu sampai nomor antrian anda dipanggi
  • Serahkan dokumen persyaratan beserta formulir perubahan data yang sudah diisi
  • Petugas akan segera memproses perubahan data
  • Cetak kartu
  • Selesai

Baca Juga : Cara Pindah Kepesertaan Dari BPJS Mandiri ke Perusahaan

Perubahan status kepesertaan bisa dilakukan kapan saja, namun alangkah baiknya dilakukan segera setelah resign atau pekerjaan berubah. Itu bertujuan agar layanan kesehatan dari BPJS bisa digunakan. Selain itu, perubahan juga bisa dilakukan tanpa harus daftar kembali, karena pada dasarnya anda sudah terdaftar dan hanya perlu merubah data saja.