Syarat dan Cara Mengambil Kartu BPJS Setelah Pembayaran Pertama

Posted on

Salah satu cara menjadi warga negara yang baik adalah dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan menjadi peserta BPJS, anda akan mendapatkan layanan jaminan kesehatan untuk diri anda sendiri dan anggota keluarga.

BPJS akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan apabila peserta terserang risiko sakit atau kecelakaan. Adanya jaminan kesehatan ini sangat membantu sekali, terutama bagi kalangan masyarakat kebawah.

Setelah anda mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan, anda akan memperoleh kartu sebagai tanda kepesertaan. Cara mengambil kartu BPJS Kesehatan ini cukup mudah, anda bisa mengambilnya setelah melakukan membayar iuran pertama.Cara Mengambil Kartu BPJS

Cara Mengambil Kartu BPJS Mandiri Setelah Pembayaran Pertama

Dimana saat ini pemerintah mewajibkan perusahaan untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS. Bagi anda yang tidak terikat atau bekerja di perusahaan, anda bisa mendaftarkan diri dan anggota keluarga menjadi peserta BPJS secara mendiri.

Pendaftaran BPJS mandiri bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu pendaftaran BPJS kesehatan Online dan pendaftaran Offline. Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut.

Jangan lupa, sebelum melakukan pendaftaran, lengkapi dulu persyaratan pendaftaran BPJS. Setelah mendaftar anda harus melakukan pembayaran pertama melalui ATM atau minimarket.

Baca Juga : Syarat dan Cara Merubah Nama BPJS Kesehatan

Setelah semua prosedur sudah anda lakukan, mulai dari pendaftaran hingga pembayaran pertama, selanjutnya anda harus mengambil kartu BPJS anda. Kartu ini menjadi bukti bahwa anda adalah peserta BPJS dan juga digunakan untuk menggunakan layanan kesehatan dari BPJS.

Bisa dibilang bahwa kartu BPJS adalah salah satu alat untuk klaim BPJS. Untuk bisa mengambil kartu BPJS ini, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi terlebih dahulu.

Syarat Mengambil Kartu BPJS

  • Bukti pembayaran pertama
  • Kartu Identitas KTP (asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga KK (asli dan fotokopi)

Setelah anda melengkapi persyaratan tersebut, anda tinggal mengambil kartu BPJS anda. Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda tempuh untuk mengambil kartu BPJS anda.

Cara Mengambil Kartu BPJS Kesehatan

  • Datang ke kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal
  • Uraikan kepetingan kepada petugas atau satpam dan ambil nomor antrian
  • Tunggu sampai nomor antrian anda dipanggil
  • Serahkan dokumen persyaratan
  • Cetak Kartu BPJS
  • Ambil dan selesai

Setelah mendapatkan kartu BPJS anda, simpan baik-baik kartu tersebut jangan sampai hilang atau rusak. Karena kartu tersebut nanti akan digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Baca Juga : Prosedur dan Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang Atau Rusak

Apabila kartu hilang atau rusak, anda harus segera cetak ulang kartu BPJS anda dengan mendatangi kantor BPJS. Kartu aktif dan bisa digunakan setelah 14 sampai 30 hari sejak kartu BPJS diambil.