Prosedur Scaling Gigi Menggunakan BPJS Kesehatan

Posted on

Ada banyak cara untuk melakukan perawatan gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Salah satu yang paling umum dan mudah dilakukan adalah dengan menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride secara rutin dan teratur.

Selain untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut, pasta gigi yang mengandung fluoride memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya plak dan karang gigi. Jika sisa makanan yang masih menempel tidak dibersihkan, maka akan timbul plak dan karang gigi yang mengakibatkan gigi berlubang.

Apabila terjadi gigi berlubang, anda membutuhkan perawatan tambahan yaitu berupa pembersihan karang gigi atau scaling gigi. Sayangnya, biaya scaling gigi ini cukup mahal. Namun, bagi anda peserta BPJS Kesehatan, anda tidak perlu kuatir. Karena BPJS Kesehatan juga mengcover layanan kesehatan dalam perawatan gigi seperti scaling gigi.Prosedur Scaling Gigi Menggunakan BPJS Kesehatan

Apa Itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah satu prosedur non-medis yang bertujuan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang pada gigi. Scaling gigi juga merupakan salah satu prosedur yang umum dilakukan dalam perawatan gigi.

Prosedur scaling gigi bisa dilakukan rumah sakit, klinik atau praktek dokter gigi. Sebelum pembersihan karang gigi, dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan mulut pasien menggunakan cermin kecil khusus. Ini bertujuan untuk memastikan posisi karang dan plak yang terdapat pada gigi.

Biasanya setelah scaling gigi, rasa tidak nyaman dibagian mulut akan dirasakan oleh pasien akibat pengaruh obat bius yang belum hilang sepenuhnya. Dokter akan menganjurkan pasien untuk tidak makan dan minum selama 30-60 menit setelah scaling gigi.

Hal ini dilakukan karena biasanya setelah scaling gigi, rasa sedikit nyeri akan muncul. Untuk membantu proses penyembuhan, mencegah infeksi dan mengendalikan rasa nyeri, dokter akan memberikan resep obat minum dan obat kumur.

Setelah plak dan karang pada gigi sudah hilang, dokter juga akan menjadwalkan pasien untuk menjalani pemeriksaan gusi dan memastikan kondisi mulut pasien telah sembuh sepenuhnya. Untuk mencegah pembentukan plak dan karang gigi, anda bisa merawat gigi secara rutin sebagai berikut :

  • Menggosok gigi paling tidak dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan triclosan. Fluoride dapat membantu memperbaiki email gigi yang rusak dan triclosan dapat melawan bakteri pada plak.
  • Gantilah sikat gigi jika bulu sikat sudah rusak atau 3 bulan sekali.
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan di area yang sulit dijangkau.
  • Konsultasikan dengan dokter gigi bila diperlukan.
  • Konsumsi makanan sehat dan kurangi mengonsumsi makanan manis dan bertepung.
  • Berhenti merokok.
  • Lakukan pemeriksaan dan perawatan gigi secara rutin 6 bulan sekali.

Prosedur Scaling Gigi Menggunakan BPJS Kesehatan

Perlu diketahui, harga membersihkan gigi tidaklah murah. Paling sedikit anda harus mengeluarkan uang 300 ribu atau bisa lebih, tergantung kondisi plak dan karang gigi. Untuk itu, anda bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk mencover biaya scaling gigi.

Sesuai dengan peraturan BPJS Kesehatan nomor 1 tahun 2014 pasal 52 ayat 1, scaling gigi juga termasuk dalam layanan kesehatan dalam perawatan gigi. Hanya saja, layanan kesehatan ini hanya bisa dilakukan 1 kali dalam 1 tahun.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, anda hanya harus membawa kartu BPJS Kesehatan dan KTP untuk proses administrasi. Selain itu, prosedur scaling gigi menggunakan BPJS Kesehatan juga cukup mudah.

Langkah pertama yang harus anda tempuh adalah dengan mengunjungi Faskes 1 (Fasilitas Kesehatan Tingkat 1) untuk memeriksa kondisi gigi dan plak. Faskes 1 bisa berupa klinik atau praktek dokter gigi. Pastikan pada faskes 1 memiliki peralatan yang memadai untuk melakukan scaling gigi.

Jika prosedur sudah anda jalani, BPJS Kesehatan akan menanggung biaya pembersihan karang gigi yang anda lakukan. Dengan begitu, anda bisa memanfaat uang anda untuk keperluan lainnya.

Perlu diingat, scaling gigi bisa dilakukan kapan saja hanya 1 kali dalam 1 tahun dan tidak mesti indikasi gawat darurat. Dengan adanya layanan perawatan gigi dari BPJS Kesehatan, anda bisa melakukan perawatan gigi agar tetap sehat dan kuat.