Ini Lho Cara dan Prosedur Menggunakan BPJS Untuk Operasi Caesar

Seperti yang kita keteahui, biaya untuk persalinan dengan operasi caesar cukup besar. Sehingga menggunakan BPJS untuk operasi caesar akan sangat membantu dalam menghemat biaya. Operasi caesar (seksio cesarea /sc) sendiri adalah proses persalinan yang melalui pembedahan di area perut.

Operasi Caesar akan direkomendasikan sebagai prosedur melahirkan yang direncanakan atau dilakukan dalam keadaan darurat, jika melahirkan secara normal dianggap memiliki risiko yang sangat besar bagi sang ibu. Biasanya, operasi ini akan dilakukan setelah minggu ke-38 pada masa kehamilan.Cara Menggunakan BPJS Untuk Operasi Caesar

Apakah Operasi Caesar Ditanggung BPJS ?

Saat ini operasi caesar lebih diminati oleh sebagian ibu hamil untuk melahirkan. Hal ini dikarenakan selain proses yang cepat, operasi caesar tidak menimbulkan rasa sakit. Selain karena alasan medis, biasanya ibu hamil memilih operasi caesar juga karena beberapa alasan tertentu.

Seperti ingin kelahiran anaknya sesuai dengan tanggal cantik hingga rasa takut akan sakit apabila melahirkan secara normal. Operasi caesar merupakan salah satu jenis operasi besar yang memiliki resiko serta membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Biasanya, biaya yang paling murah dalam menjalani operasi caesar adalah sebesar 5 juta dan paling mahal bisa mencapai 15 juta bahkan bisa lebih. Bagi kalangan keatas, biaya tersebut tidaklah menyulitkan karena bisa disiapkan jauh-jauh hari.

Namun bagaimana jadinya bila warga yang tidak mampu dan harus menjalani operasi caesar karena indikasi medis. Tentu ini menjadi masalah yang cukup serius bagi mereka.

Baca Juga : Prosedur USG Menggunakan BPJS Kesehatan

Untuk meringankan beban masyarakat, BPJS Kesehatan akan memberikan layanan kesehatan berupa penanggungan biaya operasi caesar. Agar biaya operasi bisa ditanggung oleh BPJS, anda wajib mengetahui prosedur apa saja yang harus anda tempuh. Ini bertujuan agar proses administrasi bisa cepat selesai dan operasi caesar bisa segera dilaksanakan.

Ketentuan Menggunakan BPJS Kesehatan Untuk Operasi Caesar

Dengan adanya layanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini, tentu masyarakat dari kalangan menengah kebawah akan sangat terbantu. Mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi caesar cukup besar.

Sebelum anda menggunakan BPJS Kesehatan untuk operasi caesar, anda harus mengetahui apa saja persyaratan, ketentuan dan prosedur yang harus dijalani. Sama halnya dengan jenis operasi lainnya yang ditanggung BPJS, ada ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi agar biaya operasi bisa ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan.

  • Operasi Caesar Tidak Berlaku Untuk Permintaan Sendiri
  • Dilakukan Atas Indikasi Medis
  • Harus Berdasarkan Atas Rujukan Dokter Faskes Tingkat I
  • Pasien Gawat Darurat Bisa Langsung ke IGD
  • Kartu BPJS Kesehatan Dalam Keadaan Aktif

Persyaratan Operasi Caesar Menggunakan BPJS Kesehatan

BPJS memberikan persyaratan yang harus dipenuhi bagi peserta yang akan melakukan operasi caesar. Agar biaya bisa ditanggung oleh BPJS dan proses administrasi bisa berjalan lancar, segera persiapkan dan penuhi dokumen persyaratan. Berikut adalah persyaratan yang dibutuhkan :

  • KTP Fotocopy dan Asli
  • KK (Kartu Keluarga) Fotocopy dan asli
  • Kartu BPJS Ibu (yang akan operasi caesar) Fotocopy
  • Surat rujukan dari faskes tingkat 1 kecuali pasien Gawat darurat
  • Bukti pembayaran iuran BPJS 3 bulan terakhir

Prosedur Menggunakan BPJS Untuk Operasi Caesar

Setelah anda memenuhi dokumen persyaratan yang dibutuhkan, hal yang harus dilakukan berikutnya adalah mengikuti prosedur operasi caesar. Dokter akan menentukan tanggal pelaksanaan operasi caesar dan menerbitkan surat rujukan beserta formulir untuk melakukan pemeriksaan darah.

Pemeriksaan darah tidak dicover BPJS, sehingga peserta harus membayar biaya sebesar Rp. 30.000. Setelah itu, peserta bisa mengurus administrasi untuk rawat inap. Serahkan dokumen persyaratan yang sudah disiapkan jauh-jauh hari.

Pada saat pemeriksaan darah yang sudah dilakukan, apabila hasilnya mengharuskan peserta mendapatkan transfusi darah karena HB rendah, maka peserta akan diminta untuk membeli 1 kantung darah seharga Rp. 360.000.

Struk pembelian kantung darah jangan dihilangkan, untuk klaim BPJS sehingga akan diganti oleh BPJS. Hal ini dikarenakan BPJS menanggung biaya transfusi darah. Setelah melakukan prosedur yang cukup lama, anda tinggal menunggu waktu atau jam pelaksanaan operasi caesar.

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Bayi Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Prosedur operasi caesar menggunakan BPJS tidaklah begitu rumit apabila anda mengetahui betul apa saja persyaratan, ketentuan dan prosedur yang harus dijalani. Dengan menggunakan BPJS untuk operasi caesar, akan membantu anda untuk menghemat biaya yang harus dikeluarkan. Agar proses administrasi bisa berjalan dengan cepat, persiapkan jauh hari dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

error: Content is protected !!