Begini Prosedur Cara Mutasi BPJS Perusahaan Lama Ke Perusahaan Baru

Posted on

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sekarang pemerintah mewajibkan semua badan usaha untuk mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Peserta Penerima Upah (PPU). Ini tidak lain adalah usaha pemerintah untuk meningkatkan standart kesehatan masyarakat Indonesia.

Selain itu, dengan menjadi peserta BPJS, anda juga akan mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Bagi karyawan atau pegawai perusahaan yang sudah didaftarkan sebagai peserta BPJS PPU, biaya iuran BPJS setiap bulannya akan ditanggung oleh perusahaan tempat dia bekerja. Karyawan akan menjadi peserta BPJS PPU selama masih bergabung dan bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Namun, selama menjadi karyawan, pasti akan mengalami berbagai masalah yang harus dihadapi. Seperti perpindahan pekerjaan dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Bila hal tersebut terjadi, bagaimana dengan status kepesertaan BPJS PPU Karyawan setelah pindah?Prosedur Mutasi BPJS Perusahaan Lama Ke Perusahaan Baru

Ini merupakan salah satu contoh kasus yang cukup sering terjadi. Mengingat sekarang masih ada banyak sekali pekerja kontrak atau musiman yang terpaksa harus keluar dari perusahaan lantaran masa kontraknya telah habis dan tidak diperpanjang oleh perusahaan.

Status kepesertaan BPJS PPU untuk karyawan tersebut akan dinonaktifkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Sehingga kartu BPJS tidak bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS. Untuk itu, karyawan harus segera melakukan perubahan data agar bisa menggunakan kartu BPJS kembali.

Prosedur Mutasi BPJS Perusahaan Lama Ke Perusahaan Baru

Perubahan status kepesertaan dibagi menjadi dua jenis, yaitu pindah status dari BPJS Perusahaan ke mandiri dan mutasi BPJS Perusahaan lama Ke perusahaan baru. Bagi karyawan yang belum mendapatkan pekerjaan baru bisa merubah data menjadi peserta BPJS Mandiri.

Sedangkan bagi karyawan yang sudah bekerja diperusahaan lain, bisa segera merubah data secara mutasi. Prosedur perubahan data kepesertaan dari BPJS perusahaan lama Ke perusahaan baru cukup mudah. Proses ini harus dilakukan selain agar bisa menggunakan layanan kesehatan dari BPJS, juga agar iuran BPJS bisa ditanggung oleh perusahaan setiap bulannya.

Untuk bisa melakukan perubahan data kepesertaan BPJS perusahaan lama ke perusahaan baru, anda harus memenuhi dokumen persyaratan terlebih dahulu. Berikut adalah dokumen yang harus anda lengkapi :

  • Surat pernyataan bahwa anda sudah mengundurkan diri (resign) dari perusahaan lama
  • Fotocopy dan kartu BPJS Asli
  • Fotocopy dan KTP Asli
  • Fotocopy dan KK Asli

Setelah anda memenuhi dokumen diatas, anda bisa menghubungi pihak HRD dari perusahaan baru tempat anda bekerja untuk melakukan perubahan data sekaligus pengaktifan kembali BPJS anda. Bawa dan serahkan dokumen tersebut agar pihak HRD bisa segera mengurus perubahan data kepesertaan BPJS anda.

Tunggu sampai perubahan data selesai dilakukan dan kartu BPJS anda sudah diaktifkan kembali. Namun apabila proses terlalu lama dan anda membutuhkan layanan kesehatan dari BPJS, anda bisa merubah data kepesertaan menjadi peserta BPJS Mandiri.

Untuk lebih jelas, anda bisa membaca artikel Prosedur Pindah Status Kepesertaan Dari BPJS Perusahaan ke BPJS Mandiri. Demikian ulasan mengenai Prosedur dan Cara Mutasi BPJS Perusahaan Lama Ke Perusahaan Baru. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Terima kasih.