Syarat dan Prosedur Pindah Kelas BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan saat ini menjadi solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia dalam mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Dengan premi yang terjangkau, peserta sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai. Kepesertaan atau kelas pada BPJS Kesehatan sendiri dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3.

Masing-masing kelas memiliki premi atau iuran BPJS yang disesuaikan berdasarkan layanan kesehatan yang akan didapatkan. Dari ketiga kelas tersebut, kelas 1 adalah kelas dengan iuran yang paling besar. Hal ini dikarenakan layanan kesehatan yang diberikan cukup lengkap dan bagus.

Nah, bagi anda yang ingin pindah kelas baik naik maupun turun, BPJS Kesehatan memperbolehkan peserta untuk melakukan perpindahan kelas. Ada beberapa alasan pindah kelas bisa dilakukan, mulai dari layanan kesehatan dan besar iuran yang harus dibayar. Lalu, apa saja syarat dan prosedur pindah kelas BPJS Kesehatan? Mari kita bahas!.Syarat dan Prosedur Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Agar proses pindah kelas bisa berjalan dengan lancar, anda harus melengkapi dokumen persyaratan untuk administrasi. Persiapkan dahulu di rumah sebelum anda berangkat ke kantor cabang BPJS Kesehatan di kota anda. Berikut adalah syarat pindah Kelas BPJS Kesehatan :

Baca Juga : Cara Merubah Susunan Anggota Keluarga Pada BPJS Kesehatan

  • KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu BPJS Kesehatan
  • Form perubahan data yang sudah diisi dan ditandatangani di atas materai. Agar proses lebih cepat, silahkah download form disini dan cetak form tersebut
  • Peserta telah aktif minimal selama 1 tahun
  • Perpindahan kelas harus diikuti seluruh anggota keluarga dalam satu KK
  • Tidak memiliki tunggakan dan membawa bukti pembayaran iuran terakhir
  • Jika pindah kelas ke kelas 2 atau kelas 1 maka perlu punya rekening Bank (BNI, BRI, BTN atau Mandiri)
  • Peserta yang pindah kelas rawat pada bulan berjalan, maka kelas perawatan barunya berlaku pada bulan selanjutnya.

Setelah anda melengkapi dokumen persyaratan, anda bisa mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan di kota anda. Untuk saat ini, pindah kelas hanya bisa dilakukan secara offline atau mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan.

Agar proses berjalan dengan lancara dan cepat, kami sarankan anda untuk datang pagi-pagi. Ini bertujuan untuk menghindari antrian yang panjang. Uraiakan keperluan anda kepada petugas dan segera minta nomor antrian.

Baca Juga : Perubahan Data Peserta BPJS Kesehatan Karena Pindah Domisili

Setelah dipanggil, serahkan dokumen persyaratan beserta form perubahan yang sudah diisi dan ditandatangani diatas materai kepada petugas BPJS Kesehatan. Bila proses pindah kelas sudah diverifikasi, anda akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan yang baru.

error: Content is protected !!