Perubahan Data Peserta BPJS Kesehatan Karena Pindah Domisili

Posted on

BPJS Kesehatan memang memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Dengan menjadi peserta BPJS, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan kehidupan yang layak berupa layanan kesehatan yang sudah terjamin.

Selama menjadi peserta, tentu akan mengalami beberapa hal yang cukup membingungkan ketika ingin mengajukan klaim. Salah satunya adalah ketika peserta berada di wilayah atau domisili yang berbeda dengan Faskes (Fasilitas Kesehatan) yang terdapat di kartu BPJS Kesehatan.

Untuk bisa menggunakan kartu BPJS di luar kota, peserta harus mencantumkan surat keterangan domisili dari rt / rw setempat. Namun jika perpindahan domisili dilakukan secara menetap, maka dianjurkan peserta untuk melakukan perubahan data.Pindah Domisili, Peserta BPJS Wajib Melakukan Perubahan Data

Prosedur Pindah Domisili Peserta BPJS Kesehatan

Pada dasarnya, Kartu BPJS bisa digunakan diberbagai kota di Indonesia, yang berarti peserta masih bisa menggunakan kartu BPJS meskipun berada di luar kota. Hanya saja, peserta harus membawa surat keterangan domisili dari RT/RW setempat.

Hal ini harus dilakukan setiap peserta ingin menggunakan layanan kesehatan dari BPJS. Bila tidak mencantumkan surat keterangan domisili, kemungkinan besar akan terjadi penolakan dari pihak rumah sakit bila ingin menggunakan layanan BPJS.

Oleh karena itu, jika peserta pindah alamat domisili, segera lakukan perubahan data kepesertaan agar bisa menggunakan BPJS dengan mudah tanpa perlu terus membawa surat keterangan domisili.

Baca Juga : Bunda, Begini Prosedur Menggunakan BPJS Untuk Melahirkan di Luar Kota

Untuk melakukan perubahan data kepesertaan ini cukup mudah. Anda cukup melengkapi dokumen persyaratan sebelum datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Pastikan kantor cabang BPJS ini berada di domisili baru atau alamat baru yang anda tempati. Berikut adalah persyaratan yang harus dilengkapi :

  • Asli Kartu BPJS Kesehatan yang lama
  • Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • Surat pengantar domisili dari RT/RW setempat
  • Asli dan Fotocopy KTP yang sudah diperbaharui sesuai dengan alamat baru anda
  • Sudah melunasi seluruh tunggakan jika ada
  • Tentukan Faskes 1 yang baru di alamat baru anda

Setelah melengkapi persyaratan, anda bisa segera mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat di domisili baru anda. Kemudian uraikan keperluan kepada petugas. Petugas akan memberikan formulir perubahan data kepesertaan untuk perpindahan domisili.

Untuk downloand link Formulir Daftar Isian Perubahan Data, silahkan klik link berikut : Download Formulir perubahan data BPJS

Isi dengan teliti formulir tersebut. Pastikan sebelum anda pergi ke kantor cabang BPJS, anda sudah memilih Faskes 1 terbaru sesuai dengan wilayah domisili anda. Untuk mempermudah dan mempercepat administrasi perubahan data, ada baiknya anda print sendiri formulir daftar isian perbuahan data di rumah.

Baca Juga : Cara dan Prosedur Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Anda bisa mengisinya dan berdiskusi bersama keluarga di rumah. Dengan begitu anda bisa pergi pagi-pagi untuk mendapatkan nomor antrian paling awal. Jika sudah dipanggil oleh petugas BPJS, serahkan formulir yang sudah terisi beserta dokumen persyaratan yang sudah disiapkan.

Nantinya, peserta akan mendapatkan kartu BPJS baru sesuai dengan alamat domisili terbaru. Kartu BPJS baru ini sekarang bisa anda gunakan di Faskes sesuai domisili anda, dan tidak perlu lagi membawa surat keterangan domisili lagi.