Wajib Tahu! Ini Lho Perawatan Gigi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Posted on

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Gigi akan mengunyah makanan sebelum masuk kedalam tubuh, sehingga kerja usus dan organ tubuh lainnya dalam mencerna makanan menjadi lebih mudah.

Tidak heran bila perawatan terhadap gigi dan mulut cukup penting dan sangat disarankan. Sayangnya biaya perawatan gigi ini tergolong mahal, tidak heran hanya segelintir orang saja yang melakukannya. Untungnya, sekarang sudah ada BPJS Kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap perawatan gigi dan mulut.

Dengan begitu, biaya yang mahal dari perawatan gigi akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Perlu anda ketahui lagi, BPJS Kesehatan akan menanggung biaya beberapa jenis perawatan gigi dan mulut dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Maka dari itu, ketahui apa saja perawatan gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan.Daftar Perawatan Gigi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Daftar Perawatan Gigi Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Perawatan gigi yang dilakukan di rumah sakit tentu membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Apalagi bila tidak menggunakan BPJS Kesehatan, akan sangat terasa berat. Padahal gigi juga harus mendapatkan perawatan yang baik agar tidak kesulitan dalam mengunyah makanan.

Selain itu, gigi yang putih, bersih dan kuat juga menjadi dambaan banyak orang. Ketika kita tersenyum, pasti gigi akan kelihatan. Tentu anda juga menginginkan senyum yang indah bukan?. Nah, dengan adanya BPJS Kesehatan, anda tidak perlu kuatir lagi dengan biaya perawatan gigi.

BPJS Kesehatan akan menanggung biaya beberapa perawatan gigi yang sudah ditetapkan oleh pihak BPJS Kesehatan. Berdasarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1, BPJS Kesehatan akan menanggung perawatan gigi diantaranya :

  • Administrasi pelayanan, terdiri atas biaya pendaftaran pasien dan juga biaya administrasi lainnya yang bisa terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien.
  • Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis yang berhubungan dengan kesehatan gigi.
  • Pramedikasi, pemberian obat-obatan yang dilakukan sebelum tindakan anastesi atau pembiusan sebelum operasi.
  • Kegawatdaruratan oro-dental.
  • Pencabutan gigi sulung dengan anastesi topikal atau infiltrasi.
  • Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
  • Obat-obatan pasca pencabutan gigi (ekstraksi).
  • Penambalan dengan bahan komposit atau GIC.
  • Pembersihan karang gigi (Scalling) setahun sekali.

Manariknya lagi, BPJS Kesehatan juga memberikan layanan tambahan yang berhubungan dengan perawatan gigi yaitu pemasangan gigi palsu. Sesuai dengan namanya “Layanan Tambahan”, jadi tidak semua pembuatan gigi palsu ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Hanya dalam kondisi tertentu, BPJS Kesehatan akan menanggung biaya pembuatan gigi palsu. Adanya batasan-batasan yang bisa diklaim ini, sehingga layanan berbentuk subsidi. Berikut adalah cakupan layanan pemasangan gigi palsu :

  • Pelayanan protesa gigi atau gigi palsu dapat diberikan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) Tingkat Pertama dan
  • Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan.
  • Protesa gigi atau gigi palsu diberikan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan kehilangan gigi sesuai indikasi medis dan atas rekomendasi dari seorang dokter gigi.
  • Tarif maksimal penggantian protesa gigi atau gigi palsu adalah sebesar RP 1.000.000 dengan rincian :
    • Masing-masing rahang maksimal Rp. 500.000
    • Pemasangan 1 sampai 8 gigi sebesar Rp. 250.000
    • Pemasangan 9 sampai 16 gigi sebesar Rp. 500.000

Untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan berupa perawatan gigi dari BPJS Kesehatan, peserta bisa mengunjungi Fasilitas Kesehatan (Faskes) pertama untuk mendapatkan layanan perawatan gigi. Apabila dirasa membutuhkan perawatan lebih lanjut atau fasilitas dari Faskes pertama kurang lengkap, maka akan dirujuk ke rumah sakit atau dokter spesialis gigi.

Agar biaya ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan, pastikan surat rujukan dari Faskes pertama tidak hilang dan bawa kartu BPJS Kesehatan. Pastikan juga tidak menunggak iuran bulanan BPJS Kesehatan agar proses administrasi bisa berjalan dengan cepat dan segera mendapatkan layanan perawatan gigi.