Jangan Salah Pilih !! Kenali Lebih Dekat Pengertian dan Jenis Asuransi Unit Link di Indonesia

Posted on

Beberapa dari anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu produk asuransi jiwa yaitu unit link. Ini tidak mengherankan, karena unit link merupakan salah satu produk asuransi yang paling banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Bahkan hampir semua perusahaan asuransi menjadikan unit link sebagai produk asuransi unggulan. Dengan iming-iming manfaat ganda, perusahaan asuransi gencar menawarkan layanan unit link sebagai produk asuransi jiwa terbaik.

Ya,, Unit Link merupakan jenis asuransi yang memiliki dua manfaat yaitu perlindungan jiwa dan investasi. Sayangnya, beberapa orang masih salah mengartikan pengertian asuransi jiwa unit link tersebut.

Dimana mereka berfikir bahwa jika membeli unit link, sama saja sedang melakukan investasi. Sedangkan manfaat asuransi yang ada didalamnya hanyalah sebagai manfaat tambahan saja. Inilah penyebab mengapa banyak orang yang merasa menggunakan asuransi unit link adalah kerugian besar.Pengertian Unit Link

Mereka belum memahami betul kinerja unit link yang sebenarnya. Kurangnya pemahaman mengenai unit link ini, membuat beberapa perusahaan asuransi kehilangan nama baik dan kepercayaan terhadap masyarakat.

Ini juga mengakibatkan masyarakat semakin enggan untuk menggunakan asuransi unit link. Padahal, syarat utama sebelum membeli produk pengelolaan keuangan baik itu asuransi atau investasi adalah kenali dan pahami dulu produk yang akan anda beli.

Selain itu, pemilihan produk juga harus diperhatikan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansial yang dimiliki. Agar tidak semakin bingung apa itu unit link, kenali dulu pengertian dan jenis asuransi jiwa unit link yang ada di Indonesia.

Pengertian Asuransi Jiwa Unit Link

Unit link adalah produk asuransi jiwa yang memberikan dua manfaat, yaitu perlindungan jiwa atau asuransi sekaligus investasi.

Dengan dua manfaat tersebut, tidak heran bila banyak orang yang tergiur dan salah mengartikan keuntungan konsep unit link. Padahal sebenarnya unit link lebih mengutamakan fungsi asuransi dari pada hasil investasi.

Ini kembali pada penjelasan yang sudah saya sebutkan diatas, dimana unit link merupakan produk asuransi dan bukan produk investasi murni. Jadi jangan berharap tinggi dengan hasil investasi yang diberikan oleh unit link.Pengertian Unit Link 1

Ini harus anda perhatikan betul agar tidak terjadi kekeliruan yang mengakibatkan kerugian bukannya keuntungan. Unit itu, pemahaman cara kerja unit link ini harus anda ketahui. Dimana premi asuransi yang anda bayarkan akan masuk ke instrumen investasi unit link, kemudian menghasilkan nilai tunai.

Nah, nilai tunai ini akan digunakan untuk membayar sejumlah biaya asuransi dan saldo yang ada didalamnya bisa digunakan untuk keperluan lainnya seperti digunakan untuk investasi kembali atau di tarik. Nilai tunai yang bisa ditarik ini bisa berupa dana pendidikan atau dana pensiun.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link

Dengan dua manfaat yang bisa didapatkan oleh tertanggung, unit link menjadi produk asuransi yang cukup populer dan paling sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

Untuk itu kelebihan dan kekurangan unit link juga harus anda perhatikan, agar anda bisa menentukan tujuan anda memebeli asuransi unit link.

Kelebihan Asuransi Jiwa Unit Link

  • Tertanggung akan mendapatkan perlindungan dengan jangka waktu yang lama mulai dari 75 tahun, 80 tahun hingga 100 tahu. Masa pertanggungan ini disesuaikan dengan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.
  • Tertanggung bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Yaitu layanan asuransi yang terdiri dari manfaat perlindungan dan nilai tunai dalam bentuk investasi yang bisa diambil dalam bentuk dana pendidikan atau dana pensiun.
  • Memberikan layanan tambahan berupa asuransi tambahan atau juga disebut dengan rider. Asuransi tambahan ini bisa berupa layanan biaya rawat inap, biaya kecelakaan, sakit kriti, cacat total dan lainnya.
  • Memberikan kemudahan dalam berinvestasi. Pada unit link, tertanggung tidak perlu susah payah mengelola investasi, karena investasi dikelola oleh orang profesional dan berpengalaman di bidang investasi yang berasal dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.
  • Pada unit link, siste premi hangus tidak berlaku. Karena premi yang anda bayar memiliki nilai tunai yang bisa anda ambil dikemudian hari dalam bentuk dana pendidikan atau dana pensiun.

Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link

  • Premi asuransi yang dibayar lebih mahal dari pada jenis asuransi jiwa lainnya. Ini dikarenakan adanya dua manfaat serta rider yang bisa anda tambahkan. Semakin banyak anda menambahkan rider, maka semakin mahal pula premi yang harus anda bayar setiap bulannya.
  • Hasil investasi yang tidak besar. Ini kembali pada tujuan utama unit link, dimana memang lebih fokus kepada fungsi asuransi dari pada investasi.

Jenis Asuransi Jiwa Unit Link

Seperti yang sudah diketahui, asuransi unit link adalah produk asuransi yang didalamnya selain memiliki manfaat perlindungan juga terdapat unsur investasi.Jadi unit link menggabungkan dua produk keuangan yaitu asuransi serta investasi.

Berbicara mengenai manfaat asuransi, sebenarnya unit link memiliki manfaat yang bervariasi dan manfaat tersebut bisa dipilih atau dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan.Pengertian Unit Link 2

Sedangkan untuk fitur investasi, perusahaan asuransi akan memberikan beberapa pilihan. Apakah dana akan diinvestasikan ke pasar uang (cash fund unit link), pendapatan tetap (fixed income unit link), campuran (managed fund unit link) atau saham (equity fund unit link).

Untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal, perusahaan asuransi memberikan beberapa jenis asuransi unit link yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap nasabah.

Ada 4 jenis asuransi unit link yang bisa anda pilih berdasarkan kebutuhan, yaitu berdasarkan jenis akun, berdasarkan pembayaran premi, berdasarkan penempatan dana investasi dan berdasarkan tujuan keuangan.

Jenis Asuransi Unit Link Berdasarkan Jenis Akun

Berdasarkan jenis akun unit link ini memiliki dua jenis akun yang bisa anda pilih, yaitu akun untuk asuransi dan akun untuk investasi.

Unit Link Akun Asuransi

Jenis unit link akun asuransi adalah jenis unit link yang lebih dan benar-benar fokus memberikan layanan asuransi. Nasabah akan ditawarkan beragam layanan dan manfaat dari asuransi. Mulai dari asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan.

Untuk fitur investasi, masih bisa digunakan pada unit akun asuransi. Namun untuk hasilnya tidak terlalu besar, karena dana yang terkumpul akan digunakan untuk membayar biaya-biaya dari asuransi yang diambil dan biaya lainnya.

Unit Link Akun Investasi

Sesuai dengan namanya, unit link akun investasi diperuntukan untuk memaksimalkan kinerja dari fitur investasi. Ini biasanya digunakan untuk orang yang merencanakan dana pendidikan anak atau dana pensiun.Pengertian Unit Link 3

Tujuan jenis unit link ini adalah agar uang yang diinvestasikan dapat berkembang dan memperoleh keuntungan yang banyak. Pada unit link akun investasi, biasanya nasabah akan ditawarkan untuk menginvestasikan sejumlah uang sekaligus.

Dimana apabila nasabah meninggal dunia, akan mendapatkan perlindungan uang sejumlah 125% dari jumlah uang yang diinvestasikan.

Jenis Unit Link Berdasarkan Pembayaran Premi

Dikarenakan kemampuan finansial setiap orang berbeda-beda, maka dibuatlah unit link berdasarkan kemampuan dalam membayar premi. Ada dua jenis unit link yang bisa dipilih yaitu unit link premi tunggal dan unit link premi berkala.

Unit Link Premi Tunggal

Untuk jenis unit link ini sangat diperuntukan untuk mereka yang sudah memiliki finansial yang matang. Itu dikarenakan premi yang harus dibayar cukup besar dan hanya dilakukan selama masa perlindungan polis asuransi.

Pembayaran premi dilakukan dimuka atau diawal kotrak asuransi berjalan. Unit link ini sangat efisien, karena nasabah tidak perlu membayar premi lagi.

Unit Link Premi Berkala

Pada unit link premi berkala, nasabah akan diwajibkan membayar premi secara berkala selama masa kontrak berlangsung. Ada 4 jenis pembayaran yang bisa ada pilih, yaitu satu bulan, tiga bulan, enam bulan dan satu tahun.Pengertian Unit Link 4

Jenis unit link ini biasanya paling sering digunakan oleh orang yang masih berusia muda. Selain itu, bagi anda yang ingin memiliki asuransi dan berinvestasi sekaligus namun dengan dana yang terbatas, unit link premi berkala adalah pilihan yang cocok.

Untuk produk ini, dana yang diinvestasikan oleh nasabah tidak bisa diambil hingga jangka waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi atau saldo mencukupi.

Ini dikarenakan dana yang dihasilkan dari investasi tersebut juga digunakan untuk membayar berbagai biaya seperti biaya asuransi, biaya administrasi dan biaya lainnya.

Keuntungan lain dari unit link ini adalah adanya cuti premi yang bisa diambil apabila keuangan sedang menurun dan tidak memungkinkan untuk membayar premi. Cuti bisa dilakukan apabila dana yang ada atau saldo mencukupi untuk membayarkan biaya yang anda sampai dengan jangka waktu tertentu.

Unit Link Berdasarkan Penempatan Dana

Sebagai produk asuransi yang memiliki fitur investasi, penempatan dana juga cukup penting agar hasil yang didapatkan dari investasi sesuai dengan kebutuhan.

Untuk unit link jenis ini dibedakan menjadi 4 jenis yaitu unit link pasar uang, unit link pendapatan tetap, unit link campuran dan unit link saham. Masing-masing penempatan dana ini, bisa anda sesuaikan berdasarkan rencana keuangan yang anda butuhkan.

Unit Link Pasar Uang

Unit link ini sangat cocok bagi anda yang memiliki rencana keuangan jangka pendek atau kurang dari 12 bulan. Dengan unit link pasar uang, dana akan ditempatkan pada Sertifikat Bank Indonesia, Deposito Bank atau Obligasi Jangka Pendek. Keuntungan dari jenis unit link ini adalah risiko yang relatif rendah, namun hasil investasi yang didapat terbatas.

Unit Link Pendapatan Tetap

Jenis unit link ini menjadi pilihan tepat bagi anda yang memiliki rencana keuangan jangka pendek kurang dari 12 bulan atau menengah 1 sampai 3 tahun.

Pada unit link pendapatan tetap, dana yang diinvestasikan akan dikelola sekurang-kurangnya 80% pada instrumen surat utang atau obligasi dan selebihnya di instrumen pasar uang. Meskipun memiliki hasil yang lebih stabil, namun unit link ini memiliki risiko yang tinggi.

Unit Link Campuran

Unit Link Campuran adalah pilihan yang cocok bila anda memiliki rencana keuangan jangka menengah 1 sampai 3 tahun. Jenis unit link ini merupakan perpaduan antara pasar uang dengan pendapatan tetap.

Unit Link Saham

Unit link saham menjadi pilihan tepat bila anda memiliki rencana keuangan dengan jangka waktu panjang lebih dari 5 tahun.

Pada jenis unit link ini, dana akan ditempatkan sekurang-kurangnya 80% dari portofolio investasi yang dikelola ke dalam instrumen saham. Unit link saham merupakan jenis unit link dengan hasil investasi yang besar dengan risiko yang besar pula.

Unit Link Berdasarkan Tujuan Keuangan

Keuangan yang matang dimasa depan merupakan perencanaan finansial yang diharapkan oleh setiap orang. Dari sini perusahaan asuransi menawarkan dua jenis unit link berdasarkan tujuan keuangan yaitu dana pendidikan dan dana hari tua atau pensiun.Jenis Asuransi Unit Link

Unit Link Dana Pendidikan

Unit link ini biasanya digunakan oleh orang tua yang sedang merencanakan dana pendidikan bagi anak. Tujuannya tidak lain agar si anak bisa mendapatkan pendidikan tinggi.

Dengan perencanaan yang matang dari unit link ini, diharapkan para orang tua bisa merencanakan dan pendidikan anak dengan segudang manfaat.

Unit Link Dana Hari Tua atau Pensiun

Jenis unit link ini diperuntukan bagi pekerja atau karyawan yang ingin menikmati masa tua. Dengan adanya unit link ini, diharapkan nasabah bisa menikmati masa pensiun karena finansial yang dimiliki sudah terjamin.

Merencanakan keuangan merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Selain itu, dengan unit link, anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu perlindungan dan asuransi.

Namun anda juga harus mengetahui tujuan sebenarnya anda memiliki unit link tersebut. Bila anda menginginkan keuntungan dari berinvestasi, maka unit link bukanlah pilihan tepat.

Anda bisa memilih produk investasi murni dari perusahaan keuangan yang menyediakan layanan tersebut. Namun apabila anda ingin memiliki asuransi dengan berbagai macam perlindungan dan memiliki fitur investasi, maka unit link adalah pilihan tepat.

Dengan memahami produk asuransi unit secara detail, anda bisa merencanakan keuangan anda dengan matang. Sehingga keuntungan yang anda dapatkan juga lebih banyak. Pilihlah produk unit link terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda, baik dari segi asuransi hingga kemampuan finansial untuk membayar premi.