Sebelum Memilih, Ketahui Dulu Pengertian dan Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia

Posted on

Keberadaan asuransi saat ini bukan lagi menjadi hal yang tabu bagi masyarakat. Itu dikarenakan masyarakat sekarang sudah paham akan pentingnya asuransi dalam kehidupan. Mereka mulai memahami manfaat asuransi dalam menanggulangi dan meminimalisir dampak dari risiko yang terjadi.

Tidak heran bila sekarang perkembangan perusahaan asuransi di Indonesia semakin pesat. Ini bisa dibuktikan dari data OJK, dimana ada 70 lebih berusahaan asuransi yang saat ini beroperasi diberbagai daerah di Indonesia. Masing-masing perusahaan berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan memberikan pelayanan terbaik.

Mereka juga menawarkan berbagai macam produk asuransi dengan berbagai manfaat yang diberikan. Dengan banyaknya jenis asuransi yang ditawarkan, tentunya akan membuat masyarakat menjadi bingung dalam memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Pengertian Asuransi Jiwa

Berbagai pertimbangan harus dipikirkan dengan matang, agar dikemudian hari tidak merasa dirugikan. Dari sekian banyak jenis asuransi yang diberikan oleh perusahaan asuransi, asuransi jiwa menjadi salah satu jenis asuransi cukup banyak pemakainya.

Pengertian Asuransi Jiwa

Menurut Wikipedia.com, pengertian asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial yang disebabkan karena meninggalnya seseorang. Pihak dari perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi finansial atau biasa disebut sebagai uang santunan kepada ahli waris dari tertanggung.

Ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan agar tidak larut dalam kesedihan. Apalagi tertanggung merupakan tulang punggung keluarga yang merupakan sumber nafkah bagi keluarga.

Tentunya, ekonomi keluarga akan mengalami kesulitan dan kelangsungan hidup akan terasa berat. Belum lagi biaya hidup dan pendidikan anak semakin naik. Dengan manfaat asuransi jiwa yang berupa uang santunan tersebut, diharapkan keuangan masih bisa terjamin, anak masih bisa melanjutkan pendidikan dan keluarga yang ditinggalkan masih bisa melanjutkan kehidupan yang layak.Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan pilihan yang tepat bagi kepala keluarga untuk menjaga ekonomi agar kelangsungan hidup keluarga bisa terjamin.

Jenis Asuransi Jiwa

Sebagai salah satu jenis asuransi yang memiliki banyak pengguna, perusahaan asuransi juga menawarkan beberapa produk asuransi jiwa dengan berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan oleh tertanggung. Dibawah ini adalah jenis asuransi jiwa yang sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Pengertian asuransi jiwa berjangka adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan atau proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian yang sudah dilakukan. Anda bisa menentukan sendiri lamanya kontrak kerjasama dengan perusahaan asuransi.

Dengan menggunakan asuransi jiwa berjangka, perusahaan akan memberikan ganti rugi finansial atau uang santunan apabila selama masa kontrak polis, tertanggung mengalami risiko meninggal dunia. Besar jumlah santunan berdasarkan jumlah premi yang dibayar sesuai dengan perjanjian.

Namun apabila selama masa kontrak berjalan dan tertanggung tidak mengalami risiko, tertanggung tidak bisa mengambil kembali premi yang sudah dibayarkan. Kelebihan dari asuransi jiwa berjangka ini adalah premi asuransi jiwa yang cukup murah dan uang pertanggungan atau uang ganti rugi juga cukup besar.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Sesuai dengan namanya, tertanggung akan menerima perlindungan jiwa seumur hidup. Ya,, sebenarnya tidak seumur hidup juga, karena kebanyakan perusahaan asuransi memberikan batas perlindungan hingga umur 99 tahun atau 100 tahun. Ini merupakan jenis asuransi jiwa dengan jangka waktu perlindungan terlama.

Perlu anda ketahui, asuransi jiwa seumur hidup memiliki nilai tunai, yang berarti nasabah bisa mengambil uang dengan persyaratan tertentu. Hal ini dikarenakan premi yang dibayar sebagian diinvestasikan oleh perusahaan asuransi.

Ini sekaligus menjawab pertanyaan beberapa orang, apakah asuransi jiwa bisa dicairkan ?. Nasabah bisa mengambil uang premi apabila masa kontrak asuransi berakhir dan tertanggung tidak mengalami risiko meninggal dunia. Jenis asuransi ini juga merupakan salah satu solusi terbaik apabila anda menginginkan perlindungan jiwa sekaligus memiliki tabungan untuk kebutuhan darurat dikemudian hari.

Asuransi jiwa seumur hidup juga menjadi cikal bakal asuransi jiwa unitlink, yang saat ini merupakan produk asuransi yang paling laris. Sayangya, jumlah premi yang dibayarkan cukup mahal.

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Pengertian asuransi jiwa dwiguna adalah produk asuransi jiwa yang memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu sebagai asuransi berjangka dan sebagai tabungan investasi. Pemegang polis akan mendapatkan manfaat perlindungan jiwa dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Pemegang polis juga bisa mendapatkan atau menarik semua uang apabila masa kontrak sudah selesai. Asuransi jiwa dwiguna juga menjadi salah satu solusi bagi beberapa orang yang ingin memiliki perlindungan jiwa dan tabungan investasi yang bisa digunakan dikemudian hari.

Asuransi Jiwa Unitlink

Asuransi jiwa unitlink saat ini merupakan produk asuransi yang paling laris dan hampir semua perusahaan asuransi menawarkan jenis asuransi jiwa ini. Asuransi jiwa unitlink merupakan gabungan dari asuransi seumur hidup dengan tabungan investasi.

Anda bisa mendapatkan manfaat perlindungan jiwa seumur hidup dengan uang pertanggungan yang cukup besar. Anda juga bisa menarik uang, karena premi yang anda bayarkan, diputar oleh perusahaan asuransi untuk investasi.

Untuk penarikan uang, biasanya perusahaan asuransi memberikan jangka waktu minimum pembayaran premi. Sebagai contoh, anda diharuskan melakukan pembayaran premi minimal selama 5 tahun. Setelah melewati 5 tahun, anda baru bisa mengambil uang yang anda investasikan kedalam asuransi jiwa unitlink.

Sebelum memilih produk asuransi jiwa, pahami betul kelebihan dan kekurang setiap produk. Ini dikarenakan apabila terjadi kesalahan dalam pemahaman, maka yang akan dirugikan adalah kedua belah pihak. Pilih produk asuransi jiwa terbaik yang sesuai dengan kemampuan anda dalam membayar premi serta pilih produk yang bisa memenuhi kebutuhan perlindungan anda.