Mengenal Lebih Dekat BPJS, Badan Asuransi Miliki Negara Dengan Premi Termurah

Posted on

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan perusahaan asuransi milik negara ini. Ya,,BPJS adalah badan keuangan pemerintah yang bergerak dibidang jaminan sosial atau asuransi yang memberikan layaran ke seluruh wilaya Indonesia.

Dilihat dari pengertian BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), bisa dikatakan ini adalah gebrakan revolusioner dari pemerintah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya asuransi serta memberikan layanan asuransi dengan premi yang murah.

Sehingga setiap produk asuransi bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Bukan hanya itu saja, untuk memberikan kemudahan dalam mendapatkan layanan, pemerintah juga sudah membuat aplikasi BPJS yang bisa di install di smartphone.

Berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan BPJS bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Mulai dari daftar BPJS, cek saldo, cek biaya BPJS hingga pembayaran BPJS bisa dilakukan dengan aplikasi ini.Mengenal BPJS

Untuk memaksimalkan manfaat yang diberikan, pemerintah memberikan dua program jaminan sosial yang bisa dipilih oleh masyarakat.

Program pertama adalah adalah jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan yang biasa kita kenal dengan sebutan BPJS Kesehatan. Program kedua adalah jaminan asuransi yang diperuntukan untuk para pekerja atau biasa kita kenal BPJS Ketenagakerjaan.

Perlu diketahui, kedua program tersebut dikelola oleh perusahaan yang berbeda lho, tapi masih berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak heran masih ada beberapa orang yang sulit membedakan antara keduanya.

Perbedaan BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan yang paling mencolok adalah pada layanan yang diberikan. BPJS Kesehatan memberikan perlindungan kesehatan secara mendasar bagi seluruh masyarakat.

Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan kepada tenaga kerja baik secara informal atau nonformal. Untuk lebih jelas, simak ulasannya dibawah ini.

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) KesehatanMengenal BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah Badan Hukum Publik yang memberikan layanan jaminan Kesehatan Nasional. Layanan ini diperuntukan oleh seluruh rakyat Indonesia terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

Sebelum memiliki nama BPJS, dulunya perusahaan asuransi ini memiliki nama AsKes atau asuransi kesehatan yang dikelola oleh PT Askes (persero).

Awalnya perusahaan ini hanya melayani asuransi kesehatan untuk karyawan BUMN. Namun pada Januari 2005, pemerintah mempercayakan PT Askes (Persero) untuk melaksanakan program jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin (PJKMM) yang dikenal menjadi program Askeskin.

Program ini ditujukan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Kemudian PT Askes (Persero) juga menciptakan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum (PJKMU).

Dilihat dari singkatannya, program ini ditujukan bagi masyarakat yang belum tercover oleh Jamkesmas, Askes Sosial, maupun asuransi swasta.

Hingga pada tahun 2011 pemerintah menetapkan UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) serta menunjuk PT Askes (Persero) sebagai penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan.

PT Askes (Persero) pun berubah menjadi BPJS Kesehatan. Pada 1 Januari 2014, BPJS Kesehatan resmi beroperasi. Sebagai bentuk layanan dan pengabdian kepada masyarakat, BPJS Kesehatan memberikan banyak kemudahan dan salah satunya pada cara mendaftar BPJS Kesehatan.

Persyaratan untuk daftar BPJS Kesehatan juga simple yaitu anda harus dokumen lengkap, diataranya :

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan 1 lembar salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar

Persyarat diatas berlaku untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja atau mandiri. Sedangkan untuk peserta Pekerja Penerima Upah / PPU, biasanya sudah diurus oleh perusahaan yang bersangkutan.

Untuk iuran BPJS Kesehatan atau premi asuransi kesehatan terbilang sangat murah. Untuk kelas III dikenakan biaya sebesar 25,500 perbulan, kelas II sebesar 51,500 perbulan dan untuk kelas 1 sebesar 80 ribu perbulan.

Untuk manfaat asuransi kesehatan yang diberikan juga tidak kalah bagus dengan perusahaan asuransi swasta. BPJS Kesehatan juga melayani rawat inap, rawat jalan hingga pelayanan kesehatan non spesialistik.

Untuk informasi lainnya, selain melihat dari situs resmi, anda juga bisa mengunduh aplikasi BPJS Kesehatan di smartphone anda.

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) KetenagakerjaanMengenal BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah Badan Hukum Publik yang memberikan layanan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi.

Sebelum memiliki nama BPJS Ketenagakerjaan, dulunya perusahaan ini memiliki nama Jamsostek Ketenagakerjaan yang dikelola oleh PT Jamsostek (persero).

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2011, ditetapkanlah UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Kemudian pada tanggal 1 Januri 2014 PT Jamsostek berubah menjadi Badan Hukum Publik sesuai amanat Undang-undang. Dengan ditambahannya program pensiun PT Jamsostek (persero) bertransformsi menjadi BPJS Ketenagakerjaan pada tanggal 1 Juli 2015.

BPJS Ketenagakerjaan menawarkan beberapa 4 program yang bisa dipiliha yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Anda bisa memilih program yang ditawarkan berdasarkan status pekerjaan anda, seperti Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, Jasa Konstruksi dan Pekerja Migran.

Untuk besar premi asuransi yang harus dibayar juga cukup murah. Bila anda mendaftar sebagai peserta Bukan Penerima Upah (BPU) alias mandiri, uang premi yang harus dibayar sebesar 1% untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja, 6,800 untuk program Jaminan Kematian dan 2% untuk program Jaminan Hari Tua.

Informasi lainnya seperti cek saldo BPJS Ketenagakerjaan hingga daftar BPJS Ketenagakerjaan Online, anda bisa mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah badan keuangan milik pemerintah yang memberikan layanan asuransi kesehatan dan jaminan sosial. Beragam manfaat bisa anda dapatkan dengan mengikuti program yang diberikan.

Dengan premi asuransi yang murah, anda sudah mendapatkan banyak manfaat mulai dari jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

Selain itu, hampir seluruh rumah sakit di Indonesia sudah bekerja sama dengan BPJS, sehingga pelayanan yang diberikan juga lebih maksimal.