Ini Lho Manfaat Perlindungan Yang Bisa Kamu Dapatkan Ketika Memiliki Asuransi Kesehatan

Posted on

Tubuh yang sehat dan tidak mudah terserang penyakit menjadi impian banyak orang. Berbagai macam hal dilakukan agar memiliki tubuh idaman, mulai dari olah raga, makan makanan yang sehat dan bergizi hingga mengkonsumsi vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh.

Meskipun sudah berkerja keras menjaga tubuh agar tetap sehat, masih ada saja penyakit yang dapat menembus pertahanan tubuh. Ini adalah sebuah kejadian yang paling tidak diinginkan oleh setiap manusia. Ketika tubuh terserang penyakit, tentu akan memberikan pengaruh negatif yang besar dalam kegiatan sehari-hari.

Pengobatan yang intensif harus dilakukan agar tubuh kembali normal dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. Selama masa penyembuhan, akan memakan waktu yang cukup lama. Bahkan bisa sampai berbulan-bulan tergantung dari jenis penyakit yang diderita.

Selain itu, untuk bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti semula juga memerlukan biaya yang tidak sedikit. Apalagi semakin parah sebuah penyakit, maka semakin besar pula pengeluaran yang harus anda lakukan. Inilah mengapa ada istilah “Sehat itu Mahal”.

Belum lagi biaya berobat yang setiap tahunnya semakin mahal. Tentu ini akan mempengatuhi kesehatan finansial anda. Jangan sampai penyakit yang menyerang tubuh, juga menyerang keuangan yang bisa mengakibatkan kemiskinan.Pengertian Asuransi Kesehatan

Untuk itulah mengapa menggunakan asuransi kesehatan sangat dianjurkan untuk setiap orang. Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan dengan menjamin biaya kesehatan atau perawatan apabila jatuh sakit atau kecelakaan.

Selain memberikan manfaat berupa perlindungan kesehatan, keuangan juga akan lebih aman. Karena perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi atau membiayai pengobatan selama dirumah sakit. Sehingga anda tidak perlu lagi bingung memikirkan pengeluaran untuk biaya berobat. Kondisi keuangan juga masih tetap sehat.

Dengan begitu, anda bisa menggunakan uang anda untuk memenuhi kebutuhan lainnya atau membeli apa yang anda inginkan. Andapun bisa lebih menikmati hidup karena anda sudah mendapatkan perlindungan kesehatan.

Sayangnya, produk asuransi kesehatan ini kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Berbagai alasan mereka gunakan untuk menolak menggunakan asuransi, mulai dari premi asuransi yang mahal hingga klaim asuransi yang ribet. Padahal manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat yang didapatkan sangatlah menguntungkan.

Kurangnya pemahanan mengenai fungsi asuransi kesehatan menjadi penyebab utama banyak orang yang masih enggan memiliki asuransi. Ini bisa dibuktikan dari banyaknya pertanyaan tentang asuransi yang dicari di internet maupun yang dilontarkan kepada agen asuransi yang bersangkutan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita bahas satu persatu. Mulai dari pengertian asuransi kesehatan hingga manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh pengguna asuransi kesehatan.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan atau health insurance adalah salah satu produk asuransi yang memberikan layanan perlindungan kesehatan kepada tertanggung apabila jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Pihak dari perusahaan asuransi akan mengganti rugi atau membiayai pengobatan tertanggung selama dirumah sakit.Manfaat Asuransi Kesehatan

Biasanya, perusahaan asuransi akan menawarkan dua jenis perawatan yang bisa dipilih yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Anda bisa memilih salah satu layanan dari dua jenis perawatan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

Dengan adanya asuransi kesehatan ini, anda tidak perlu bingung lagi memikirkan biaya yang harus anda keluarkan selama dirumah sakit. Anda lebih bisa memaksimalkan finansial untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan lainnya.

Manfaat Asuransi Kesehatan Bagi Masyarakat

Sesuai dengan tujuan asuransi kesehatan yang mana, melindungi kesehatan manusia dari ancaman penyakit dan kejadian yang tidak diinginkan, ada beragam manfaat yang bisa anda dapatkan selain itu semua. Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan ketika memiliki asuransi kesehatan.

Memberikan Ketenangan dan Kenyamanan

Dengan diberikannya perlindungan, anda tidak perlu lagi pusing memikirkan masalah biaya ketika sakit. Perusahaan akan mengganti rugi atau membiayai pengobatan selama dirumah sakit. Semua biaya akan dicover oleh perusahaan asuransi, mulai dari biaya dokter, sewa kamar, obat-obatan dan biaya lainnya.

Perlindungan Lebih Spesifik

Asuransi kesehatan memiliki perlindungan yang lebih spesifik dari pada jenis asuransi lainnya seperti asuransi jiwa. Tertanggung akan ditawarkan perlindungan tambahan sebagai jaminan dengan biaya yang lebih murah. Dengan begitu manfaat yang diterima juga lebih banyak.

Mendapatkan Perawatan yang Layak

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan didalam asuransi kesehatan adalah adanya beragam perawatan yang bisi anda pilih. Mulai dari rawat inap di rumah sakit, rawat jalan yang meliputi biaya konsultasi dokter umum, konsultasi dokter spesialis, dan biaya pemeriksaan laboratorium. Bahkan perawatan untuk mencegah terjangkit penyakit seperti imunisasi juga akan ditanggung oleh asuransi.Manfaat Asuransi Kesehatan 3

Klaim Asuransi yang Lebih Efisien

Sesuai dengan kontrak polis asuransi, biasanya klaim asuransi kesehatan bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama, anda bisa membayar atau menalangi biaya pengobatan terlebih dahulu yang kemudian akan diganti oleh pihak perusahaan asuransi.

Struk pembayaran jangan sampai hilang, karena itu digunakan sebagai bukti dan sekaligus menjadi persyaratan klaim. Cara kedua, anda tinggal menunjukan kartu asuransi anda kepada bagian administrasi rumah sakit yang anda tuju.

Usahakan pilih rumah sakit yang sudah berkerja sama dengan perusahaan asuransi agar lebih mudah diterima. Semua biaya pengobatan selama dirumah sakit akan ditanggung oleh asuransi kesehatan yang bersangkutan.

Finansial Lebih Stabil

Setelah biaya pengobatan dicover semua, tentu kondisi keuangan tidak banyak berubah. Asuransi akan membantu mengurangi pengeluaran yang anda harus anda lakukan ketika sakit. Dimana pengeluaran yang terjadi bisa lebih tinggi dari pada pengeluaran harian atau bulanan.Manfaat Asuransi Kesehatan 2

Sehingga finansial lebih sehat dan stabil. Anda bisa menggunakan uang anda untuk keperluan lainnya atau anda bisa menabung untuk masa depan.

Asuransi kesehatan akan memberikan anda banyak manfaat, mulai dari perlindungan kesehatan hingga kondisi finansial yang sehat. Pemilihan produk asuransi kesehatan terbaik adalah sebuah keputusan yang penting. Anda bisa menanyakan kepada agen asuransi yang bersangkutan mengenai pehaman produk yang ditawarkan.

Mulai dari besar premi yang harus dibayar, perlindungan yang diberikan hingga manfaat tambahan apa saja yang bisa anda dapatkan. Pilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda membayar premi asuransi setiap bulan. Sehingga anda bisa benar-benar mendapatkan manfaat asuransi kesehatan dengan maksimal.