Ini dia 4 Layanan KB Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Program Keluarga Berenca adalah program yang dicanangkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk merencanakan kelahiran anak. Ini juga bertujuan untuk mengontrol pertumbuhan penduduk. Layanan dari Program KB akan membantu pasutri untuk merencanakan atau menunda untuk memiliki anak.

Beberapa waktu yang lalu, anda harus mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan layanan KB ini. Namun berdasarkan peraturan baru yang termuat dalam Perpres no.19 tahun 2016, sekarang layanan KB bisa didapatkan secara gratis yang sebelumnya belum ditanggung BPJS Kesehatan.

Dengan ditanggungnya program KB oleh BPJS, anda jangan ragu menggunakan layanan KB untuk merencanakan kelahiran anak. Berikut adalah beberapa layanan KB yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.Layanan KB Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

4 Layanan KB Yang Ditanggung BPJS Kesehatan

1. KB Tubektomi dan Vasektomi

Vasektomi adalah metode kontrasepsi untuk pria dengan memutuskan saluran sperma pada alat reproduksi pria. Sedangkan Tubektomi adalah metode kontrasepsi untuk wanita dengan cara memutuskan saluran indung telur agar sel telur tidak dapat mencapai dinding rahim.

Metode KB ini merupakan prosedur yang sangat efektif untuk mencegah kehamilan karena bersifat jangka panjang atau permanen. Layanan KB Tubektomi dan Vasektomi bisa anda dapatkan secara gratis dengan menggunakan BPJS Kesehatan.

2. Pemasangan Alat Kontrasepsi dan Konsultasi

Pemasangan alat kontrasepsi yang ditanggung BPJS adalah kontrasepsi IUD Nova T dan Coper T. Kontrasepsi IUD Nova T adalah alat kontrasepsi yang digunakan oleh wanita untuk menunda kehamilan.

Biasanya alat kontrasepsi ini dipasang dibagian organ wanita setelah melahirkan secara caesar maupun secara normal. Jika peserta BPJS melahirkan di Faskes 1 atau puskesmas dan ingin menggunakan alat kontrasepsi ini, bisa meminta surat rujukan ke rumah sakit untuk memasang alat kontrasepsi tersebut.

3. Pemasangan dan Pelepasan Alat KB Spiral

KB Spiral atau Intrauterine Device (IUD) adalah alat kontrasepsi berbahan dasar plastik dengan bentuk seperti huruf T yang dimasukkan ke dalam rahim. Layanan KB ini sering digunakan oleh banyak orang untuk menunda memiliki anak.

Dalam hal ini, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan BKKBN untuk memberikan pelayanan yang tepat bagi peserta yang ingin memasang KB Spiral. BPJS Kesehatan juga menanggung biaya pemasangan dan pelepasan KB Spiral.

4. KB Suntik

KB suntik menjadi layanan KB yang sangat populer untuk mencegah kehamilan. Hal ini dikarenakan penggunaannya yang mudah, aman dan efektik. BPJS Kesehatan menanggung biaya KB suntik, hanya saja dalam jangka waktu 3 bulan sekali. Jika peserta ingin KB suntik sebulan sekali, maka biaya akan ditanggung sendiri.

Itulah 4 layanan KB yang ditanggung BPJS Kesehatan. Anda bisa memilih layanan KB mana yang ingin anda gunakan untuk menunda kehamilan. Demikian ulasan yang bisa kami berikan. Semoga bisa membantu anda yang ingin menggunakan layanan KB dari BPJS Kesehatan. Terima kasih.

error: Content is protected !!