Prosedur Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Dengan e-Klaim

Posted on

Keuntungan mengambil program Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan adalah peserta akan mendapatkan jaminan dana berupa uang tunai yang bisa di ambil ketika sudah memasuki usia 56 tahun atau pensiun. Ini merupakan salah satu program yang bagus bagi pekerja yang merencanakan hari tua.

Cara klaim dana JHT juga cukup mudah. Anda bisa melakukan dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan bahkan anda juga bisa klaim dana JHT secara online dengan e-Klaim. E-klaim merupakan aplikasi online dari BPJS Ketenagakerjaan yang berfungsi untuk melakukan permohonan pengajuan klaim JHT untuk pekerja yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Selain lebih cepat, dengan e-klaim BPJS Ketenagakerjaan, anda tidak perlu mengantri yang akan memakan banyak waktu. Dimana ketika anda mengajukan permohonan klaim dana JHT, anda akan diberi formulir isian yang sudah dilegalisasi pihak BPJS. Kemudian anda akan diminta datang kembali setelah mendapatkan SMS dari pihak BPJS.Cara Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Online

Syarat Mengajukan Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Mengenai dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan online, hampir sama dengan offline. Hanya saja jika pada offline, dokumen tersebut disiapkan dalam bentuk fotocopy dan asli. Sedangkan untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan online, dokumen disiapkan dalam bentuk scan.

Nantinya dokumen persyaratan klaim yang sudah discan akan diupload sebagai persyaratan untuk verifikasi data. Berikut adalah dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu :

  • Kartu Keluarga (KK)
  • E-KTP
  • Buku Tabungan Bank( Nama pada Buku Tabungan harus sesuai dengan E-KTP).
  • Surat Parklaring dari Perusahaan (surat keterangan berhenti bekerja)
  • Surat keterangan dari Perusahaan ke DISNAKER (jika Parklaring tahun 2015 keatas)
  • Kartu Peserta BPJS TK atau Jamsostek

Prosedur Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online Dengan e-Klaim

Klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online menjadi salah satu cara yang paling cepat untuk mengajukan klaim dana JHT. Selain itu, prosedur atau tahapan yang harus dilakukan cukup mudah. Anda hanya harus terhubung dengan jaringan internet agar bisa mengakses situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online

Jika pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan online sudah dilakukan, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menghubungi anda untuk datang ke kantor cabang untuk proses verifikasi data. Setelah itu, dana akan dicairkan dalam kurun waktu kurang lebih 14 hari.

Jika lebih dari 14 hari dan dana uang tunai belum dikirimkan ke rekening anda, segera hubungi atau mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Agar proses verifikasi berjalan dengan cepat dan uang bisa segera dicairkan, anda harus mengisi formulir pengajuan secara benar dan teliti. Berikut adalah prosedur permohonan pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online :

  • Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk mengisi data formulir. Langkah pertama yang harus dilakukan anda anda harus membuat akun di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan melalui link berikut sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs. Lengkapi data diri sesuai dengan data pada kartu BPJS anda seperti Nomor KTJ aktif, Nama, tanggal lahir, Nomor E-KTP, dan Nomor handphone yang masih aktif.Cara Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Online
  • Jika sudah terisi klim tombol “SUBMIT DATA”.
  • Tunggu Email Berisi Kode Aktivasi.
  • Masukan kode aktivasi untuk verifikasi.
  • Setelah akun sudah aktif, pilih Menu e-Klaim JHT. Jika anda sudah memiliki akun, maka Anda dapat langsung ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs dan log in ke akun Anda.
  • Lengkapi Data pada Laman Pengajuan Klaim Elektronik.
  • Jika sudah terisi, klik “SUBMIT FORM” dan “LANJUTKAN”.
  • Anda akan menerima SMS atau Email untuk PIN konfirmasi.
  • Upload dokumen persyaratan yang sudah discan dan klim “SIMPAN”.Prosedur Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Dengan e-Klaim 1 Prosedur Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Dengan e-Klaim 2
  • Sesudah semua data berhasil disimpan, maka Anda akan menerima Email tentang status klaim online.Prosedur Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Online Dengan e-Klaim 3
  • Tunggu verifikasi pengajuan klaim yang akan dikirim lewat email. Jika pengajuan] diterima, anda harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan menyerahkan dokumen asli dalam 7 hari. Jika pengajuan di tolak, anda perlu memberikan dokumen yang diminta oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga : Hal Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Setelah anda mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk menyerahkan dokumen asli, pihak BPJS juga akan memberikan informasi mengenai dana yang akan dikirim. Biasanya dana JHT akan dikirimkan sekitar 14 hari. Jika lebih dari itu, segera hubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan membantu anda yang ingin mengajukan klaim dana JHT.