Wajib Tahu !! Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

Posted on

Semenjak kemunculannya pada tangal 1 Januari 2014, BPJS Kesehatan menjadi perusahaan asuransi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena pemerintah mewajibkan mengikuti program yang diberikan, masyarakat juga sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi bagi kehidupan.

Manfaat yang diberikan juga cukup banyak, mulai dari rawat inap, rawat jalan hingga pelayanan kesehatan non spesialistik. Tidak heran bila masyarakat jatuh hati dan menggunakan layanan asuransi kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Ini bisa dilihat dimana hampir setiap kantor cabang BPJS Kesehatan selalu ramai dan banyak orang mengantri untuk mendapatkan layanan. Banyaknya peminat BPJS Kesehatan ini membuat pemerintah harus kerja ekstra dengan mulai membuka kantor cabang.

Hingga sampai saat ini, BPJS Kesehatan sudah membuka banyak kantor cabang diberbagai wilayah. Bahkan kantor cabang sudah ada di hampir setiap kabupaten. Cara mendaftar BPJS Kesehatan juga tidaklah sulit, karena pemerintah hanya memberikan persyaratan yang mudah dan bisa dipenuhi oleh calon peserta.Kelebihan BPJS Kesehatan

Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya masih ada beberapa orang yang mengeluh dengan pelayanan yang diberikan. Mulai dari kurangnya perlindungan yang diberikan hingga proses klaim asuransi yang cukup rumit.

Hal itu cukup wajar, karena sebagai sebuah produk keuangan yang bergerak dibidang asuransi kesehatan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Apapun itu, selama masih buatan manusia pastilah tidak sempurna. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan?. Simak ulasannya dibawah ini.!

Kelebihan BPJS Kesehatan

Untuk memberikan layanan terbaik, pemerintah memberikan berbagai program yang bisa dipilih, sehingga manfaat BPJS Kesehatan bagi masyarakat Indonesia bisa dirasakan. Berikut ini adalah kelebihan BPJS Kesehatan yang perlu diketahui.

1. Pesyaratan BPJS Kesehatan yang Mudah

Bila anda tertarik dan ingin mendaftar BPJS Kesehatan, anda tidak perlu kuatir dengan persyaratan yang rumit dan banyak. Pemerintah hanya memberikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya :

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan 1 lembar salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar

2. Mudah Mendapatkan Informasi

Adanya website BPJS Kesehatan dan aplikasi BPJS Kesehatan, semakin memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan asuransi kesehatan yang dimiliki.

Anda bisa mencari dan mendapatkan berbagai macam info mengenai BPJS Kesehatan. Seperti cek iuran BPJS Kesehatan atau premi asuransi, cek keanggotaan BPJS Kesehatan, dan berbagai macam informasi lainnya.

3. Premi Asuransi Murah

Sebagai asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, tentu mereka ingin memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Salah satunya adalah dengan memberikan premi asuransi yang murah kepada peserta BPJS Kesehatan.Kelebihan BPJS Kesehatan 3

Ada 3 program atau 3 kelas yang bisa anda pilih dengan tarif BPJS Kesehatan yang bervariasi. Untuk kelas I dikenakan premi sebesar 25,500 perbulan, kelas II sebesar 51,500 perbulan dan untuk kelas 1 sebesar 80 ribu perbulan.

Dengan premi murah yang anda bayar rutin setiap bulan, anda sudah dapat menikmati berbagai layanan kesehatan mulai dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan lainnya. Menariknya lagi, perawatan cuci darah dan biaya persalinan juga bisa didapatkan dengan gratis.

4. Mudah Dalam Pembayaran Premi

BPJS Kesehatan sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk memudahkan peserta dalam membayar premi. Peserta bisa melakukan pembayaran BPJS Kesehatan dengan berbagai cara, mulai dari transfer via bank, pos hingga via supermarket.

5. Tidak Ada Medical Check Up

Biasanya beberapa perusahaan asuransi mengharuskan calon nasabahnya untuk melakukan medical check up. Sayangnya, banyak dari mereka yang gagal dalam proses medical check up ini.

Beruntunglah untuk BPJS Kesehatan tidak mewajibkan bahkan tidak perlu melakukan medical check up. Namun untuk menghindari tindakan yang merugikan, anda bisa membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs resmi BPJS Kesehatan.

6. Jaminan Perlindungan Seumur Hidup

Bila pada perusahaan asuransi pada umumnya memberikan perlindungan maksimal hingga usia 100 tahun, BPJS Kesehatan memberikan perlindungan seumur hidup berapapun usianya. Tentu ini adalah layanan perlindungan kesehatan terlama yang pernah ada.

7. Tidak Ada Pengecualian

Biasanya perusahaan asuransi swasta akan cenderung menolak calon nasabah yang sudah terkena penyakit kronis. Meskipun diterima, tentu jumlah premi yang dibayar akan sangat mahal.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, semua kondisi kesehatan bagi calon peserta pasti diterima oleh BPJS Kesehatan. Baik sudah memiliki penyakit kronis maupun belum, BPJS Kesehatan akan menerima dengan lapang dada.

8. Tidak Ada Limit Biaya

Umunya perusahaan asuransi swasta memberikan batas atau limit biaya yang akan ditanggung. Sehingga apabila sudah mencapai batas, asuransi tidak akan menanggung biaya selanjutnya dan nasabah harus membayar sendiri biaya pengobatan tersebut.

Untuk BPJS Kesehatan tidak memiliki limit biaya, yang berarti BPJS Kesehatan akan menanggung penuh biaya pengobatan yang dibebankan kepada peserta sesuai dengan kelas atau program yang diambil. Setiap kelas memiliki layanan perlindungan yang berbeda.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Meskipun pemerintah sudah mencoba memberikan layanan terbaik, nyatanya BPJS Kesehatan masih memiliki banyak kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan BPJS Kesehatan yang perlu diketahui.

1. Proses yang Panjang

Sebagai perusahaan asuransi dengan anggota atau nasabah yang banyak, tentu kendala paling utama adalah antri. Banyaknya peserta yang mengantri menjadi kendala, sehingga proses pelayanan menjadi terhambat dan kurang maksimal.Kelebihan BPJS Kesehatan 2

Selain itu, proses pengolahan data cukup panjang. Baik itu untuk pendaftaran atau perubahan data. Meskipun sudah diberikan beberapa kemudahan seperti via aplikasi atau online, namun masih belum maksimal.

2. Klami Asuransi yang Rumit

Meskipun BPJS Kesehatan juga memberikan kartu anggota, nyatanya kartu BPJS Kesehatan tersebut juga belum maksimal. Masih ada proses yang panjang untuk bisa klaim asuransi.

3. Kuota Kelas 1 Terbatas

Selain proses yang panjang, minimnya kesempatan mendapatkan layanan kelas 1 sangat mini. Meskipun peserta sudah mendaftar dan mengikuti program kelas 1, namun pada kenyataannya peserta lebih sering mendapatkan fasilitas dibawah kelas yang diikuti. Kebanyakan mendapatkan fasilitas kelas 3.

4. Hanya Melayani di Indonesia

Kekurangan yang terakhir adalah wilayah pelayanan yang hanya ada di Indonesia. Bila asuransi kesehatan swasta memberikan layanan hingga sampai keluar negeri, berbeda dengan BPJS Kesehatan yang hanya bisa mendapatkan pelayanan hanya di Indonesia saja. Sehingga WNI yang bekerja di luar negeri belum bisa mendapatkan manfaat BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan menjadi solusi perlindungan kesehatan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meskipun memiliki kekurangan, namun kelebihan yang dimiliki mampu menutupinya. Sebagai program asuransi yang diwajibkan oleh pemerintah, segera lakukan pendaftaran ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Jangan menunggu anda sakit, biarpun sehat tetap harus memiliki jaminan. Dengan premi yang murah, tentu tidak akan memberatkan dan menguras keuangan anda, melihat manfaat BPJS Kesehatan yang diberikan begitu banyak.