Jangan Terburu-buru Beli Asuransi Jiwa Unit Link, Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Anda mungkin sudah tidak asing lagi bila mendengar asuransi jiwa unit link. Ya,, asuransi ini merupakan salah satu jenis asuransi jiwa yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Kenapa bisa begitu? alasannya adalah asuransi unit link memberikan dua manfaat sekaligus yaitu proteksi dan investasi.

Untuk manfaat proteksi, Unit Link bukan hanya memberikan manfaat asuransi jiwa saja, namun juga memiliki manfaat tambahan yaitu perlindungan untuk kecelakaan, cacat total, cacat tetap, sakit, dan lainnya.

Unit Link juga memiliki nilai tunai yang bisa anda manfaatkan dikemudian hari. Nilai tunai tersebut berasal dari premi yang telah dibayarkan, kemudian sebagiannya akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dalam bentuk unit didalam suatu instrumen investasi.

Nilai tunai ini bisa anda ambil dikemudian hari dan bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa yang akan datang. Unit Link juga menjadi salah satu solusi bagi beberapa orang yang ingin merencanakan finansial di masa depan.Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link

Meskipun memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, namun masih ada beberapa orang yang menganggap unit link kurang begitu bagus. Ada banyak alasan yang menjadi penyebabnya, namun kurangnya pemahaman menjadi alasan utama mengapa mereka beranggapan seperti itu.

Bahkan beberapa dari mereka mengungkapkan bahwa investasi yang dihasilkan dari unit link kurang maksimal dan tidak sesuai dengan harapan.

Ini merupakan sebuah pemahaman yang keliru, dimana unit link merupakan jenis asuransi jiwa dan bukan merupakan tabungan investasi.

Perlu diingat, bila anda menginginkan nilai tunai investasi yang tinggi, anda bisa memilih reksadana atau jenis investasi lainnya yang memang memberikan keuntungan finansial yang tinggi.

Namun bila anda menginginkan asuransi yang juga memiliki manfaat tambahan berupa nilai tunai, Unit Link adalah solusi yang tepat.

Sebelum membeli, ada baiknya anda mengenal asuransi unit link lebih lanjut. Ini bertujuan selain anda benar-benar memahami apa itu asuransi unit link dan bagaimana cara kerja asuransi unit link, anda juga bisa memanfaat unit link dengan benar. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan perencanaan finansial anda dimasa depan.Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link 2

Unit Link adalah jenis asuransi jiwa dengan manfaat investasi. Tujuan asuransi unit link dibuat adalah agar nasabah tidak hanya memiliki manfaat perlindungan jiwa saja, namun juga bisa menikmati manfaat tambahan lainnya seperti asuransi kesehatan dan tentunya investasi yang bisa diambil dikemudian hari.

Cara kerja Unit link sebenarnya cukup simpel, uang premi yang anda bayarkan setiap bulan, oleh asuransi akan digunakan untuk investasi.

Nah, nilai investasi yang diperoleh ini bisa digunakan untuk membayar biaya asuransi atau biaya lainnya yang sudah tertera pada polis. Bila nilai tunai sudah mencukupi, nasabah bisa menariknya dalam bentuk dana pendidikan atau dana pensiun.

Manfaat unit link dalam bentuk dana inilah mengapa banyak orang beranggapan bahwa unit merupakan investasi bukannya asuransi jiwa. Sebenarnya ada cara tersendiri untuk memaksimalkan kinerja unit link pada bagian investasi.

Anda bisa berdiskusi secara langsung dengan agen asuransi yang menawarkan dan menentukan langkah apa yang harus anda ambil. Karena pada unit link sekarang, anda bisa mengambil tiga langkah untuk memaksimalkan manfaat yang diberikan.

Anda bisa memaksimalkan perlindungan, investasi atau keduanya sekaligus. Untuk itu, anda harus mengetahui terlebih dahulu Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link sebelum membelinya.

Kelebihan Asuransi Unit Link

Jangka Waktu Perlindungan Lebih Lama

Asuransi Unit Link sebenarnya merupakan gabungan dari asuransi jiwa seumur hidup dengan manfaat investasi. Untuk masa perlindungan, tertanggung bisa mendapatkan masa pertanggungan selama, 75 tahun, 80 tahun, atau hingga 100 tahun.

Masa pertanggungan ini disesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi jiwa unit link.

Dua Manfaat Sekaligus

Seperti yang sudah banyak diketahui, unit link memiliki dua manfaat yang bisa didapatkan oleh tertanggung. Manfaat pertama, tertanggung bisa mendapatkan layanan asuransi yang terdiri dari manfaat perlindungan.Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link 4

Kedua, tertanggung juga mendapatkan nilai tunai dalam bentuk investasi yang bisa dicairkan dikemudian hari. Dengan dua manfaat tersebut, tentu tertanggung akan merasa lebih tenang.

Karena selain mendapatkan perlindungan terhadap risiko yang bisa terjadi kapan saja, keuntungan investasi juga bisa dinikmati. Untuk bisa mendapatkan dua manfaat tersebut, tertanggung cukup membayar premi asuransi saja.

Manfaat Asuransi Tambahan

Pada asuransi unit link, juga terdapat beberapa layanan asuransi tambahan yang biasa disebut dengan Rider. Layanan tambahan ini bisa berupa biaya kecelakaan, keadaan kritis, cacat total, bebas premi, biaya rawat inap rumah sakit dan lainnya.

Anda bisa memilih beberapa asuransi tambahan tersebut yang sesuai dengan kebutuhan perlindungan anda. Dengan adanya asuransi tambahan ini, perlindungan tertanggung dari risiko bisa lebih maksimal.

Perlu diingat, setiap Rider yang anda ambil akan mempengaruhi besar premi asuransi yang harus anda bayar. Semakin banyak anda mengambil Rider, maka semakin mahal pula premi asuransi tersebut.

Kemudahan Berinvestasi

Minimnya pengetahuan mengenai investasi, membuat banyak orang yang merasa takut untuk berinvestasi. Bingung dan takut kerugian akan datang, tentu akan dirasakan oleh banyak orang terutama bagi para pemula.

Namun jangan khawatir, dengan adanya unit link, anda akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi.

Investasi yang anda tanam, akan ditangani oleh ahli yang profesional dan berpengalam dibidang investasi yang berasal dari perusahaan asuransi yang anda gunakan.

Sehingga anda tidak perlu khawatir atau kebingungan bagaimana berinvestasi yang baik dan benar. Anda juga bisa mendapatkan informasi dengan bertanya secara detail mengenai perkembangan investasi dari perusahaan asuransi yang anda gunakan.

Nilai Tunai Tidak Hangus

Bila pada asuransi jiwa murni, premi yang anda bayar akan hangus apabila selama masa asuransi, tertanggung tidak mengalami risiko yang ditanggung.

Namun pada unit link, sistem premi hangus tidak berlaku. Hal itu dikarenakan premi yang anda bayar, sebagian diolah menjadi investasi. Anda bisa mengambil nilai tunai tersebut dalam bentuk dan pendidikan atau jaminan hari tua.Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link 3

Namun perlu diingat, anda bisa mengambil nilai tunai tersebut apabila sudah memiliki saldo atau dana mencukupi. Dimana dana tersebut harus ada ketika premi berkala tidak mencukupi untuk membayar biaya-biaya yang ada. Apabila dana tidak mencukup, maka anda tidak bisa mengambilnya.

Kekurangan Asuransi Jiwa Unit Link

Premi Asuransi Mahal

Sebagai jenis asuransi jiwa dengan manfaat yang banyak, harga premi yang dibayar setiap bulanannya lebih mahal dari jenis asuransi lainnya. Jumlah premi yang harus dibayar, bisa anda diskusikan dengan agen asuransi dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Ada banyak faktor yang akan mempengaruhi jumlah premi tersebut, salah satunya adalah asuransi tambahan atau rider. Semakin banyak anda menambah rider, premi juga akan semakin mahal. Maka dari itu, pilih rider yang memang anda butuhkan.

Perlu diketahui, biaya asuransi tambahan ini setiap tahunnya akan meningkat. Dimana biaya asuransi akan disesuaikan dengan usia tertanggung pada saat tahun berjalan. Semakin tua usia tertanggung, semakin besar pula perlindungan terhadap risiko dan tentunya semakin besar biaya asuransinya.

Keungtungan Investasi yang Tidak Besar

Pada dasarnya unit link adalah layanan asuransi yang memang memberikan perlindungan terhadap risiko dan bukan produk investasi. Wajar apabila keuntungan investasi tidak begitu besar, dimana unit link memang lebih fokus untuk memberikan layanan perlindungan.

Oleh sebab itu, jangan membandingkan keuntungan investasi dari asuransi jiwa unit link dengan keuntungan yang didapat dari investasi murni.

Memilih asuransi unit link terbaik adalah salah satu solusi menjaga finansial tetap sehat. Untuk itu anda harus memikirkan dengan matang, tujuan dari mengikuti program asuransi jiwa unit link.

Memang unit link memiliki dua manfaat sekaligus, asuransi dan investasi. Namun anda juga harus memperhatikan alasan mengapa anda menggunakan unit link.

Sebagai calon pengguna, anda diwajibkan memahami betul layanan yang diberikan oleh produk unit link. Mulai dari besar premi, manfaat hingga cara klaim asuransi unit link. Sehingga anda bisa memaksimalkan kinerja unit link untuk memenuhi kebutuhan anda, baik dari segi perlindungan hingga investasi.