Tertarik Membeli Asuransi Unit Link ?, Ini Hal Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli

Posted on

Asuransi memang menjadi salah satu solusi untuk melindungi diri dari berbagai macam risiko yang bisa terjadi kapan saja. Meskipun sempat tidak diterima, namun pada akhirnya asuransi mampu merebut hati masyarakat dengan segudang manfaat yang diberikan.

Apalagi sekarang ini ada asuransi yang memiliki dua manfaat sekaligus. Manfaat pertama yang bisa didapat tentunya asuransi jiwa, sedangkan manfaat kedua adalah adanya investasi yang bisa menjadi solusi dalam perencanaan keuangan dimasa depan.

Asuransi yang berbalut investasi atau biasa disebut dengan unit link ini merupakan salah satu produk andalan dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia. Sebagai produk jenis asuransi jiwa yang memprioritaskan perlindungan, unit link juga memberikan manfaat investasi yang bisa membantu anda dalam merencanakan keuangan dalam jangka panjang.

Meskipun memiliki manfaat investasi, hasil yang didapat tidaklah terlalu besar. Ini dikarenakan unit link memanglah bukan produk investasi murni melainkan produk asuransi yang memiliki nilai tunai.

Menanamkan dana dalam bentuk investasi unit link memang tidak salah, karena anda bisa mengambil hasilnya dalam bentuk dana pendidikan atau dana pensiun. Dimana itu juga merupakan salah satu tujuan asuransi unit link.

Namun apabila ingin mendapatkan hasil investasi yang besar, produk investasi murni memang menjadi pilihan terbaik.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Unit Link

Pada skema instrumen investasi unit link, memang diharapkan mampu memberikan keuntungan. Hanya saja, keuntungan yang dihasilkan pada dasarnya diperuntukan untuk pembayaran premi asuransi, bukan untuk anda gunakan secara langsung.

Jadi pada saat anda melakukan penarikan dana investasi, hasil yang didapat tidaklah terlalu besar. Itu dikarenakan sebagian hasil investasi digunakan untuk membayar biaya-biaya selama masa kontrak polis asuransi berjalan, seperti biaya asuransi, biaya admin dan biaya lainnya.

Sebagai contoh, dalam skema unit link terdapat fitur cuti premi. Cuti premi bisa dilakukan apabila kondisi keuangan anda sedang menurun dan tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran premi asuransi.

Nah,, disinilah keuntungan investasi yang anda dapatkan, dimana hasil investasi yang diperoleh akan digunakan untuk membayar premi yang tidak bisa anda lakukan. Dengan adanya cuti premi ini, anda tidak perlu bingung lagi untuk membayar premi disetiap bulannya.

Setelah melihat cara kerja unit link yang sebenarnya, anda bisa memikirkan dengan matang apakah unit link merupakan produk asuransi yang sesuai atau tidak.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai unit link yang mengakibatkan kerugian, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli asuransi unit link.

Pahami Produk Asuransi Unit Link yang Akan di Beli

Dalam pemasarannya, unit link selalu ditawarkan dengan fitur investasi yang menggiurkan, namun pada dasarnya unit link lebih fokus pada layanan asuransi.

Jadi anda jangan sampai salah memahami pengertian unit link yang sesungguhnya. Untuk hasil investasi, sebenarnya tidaklah terlalu buruk. Karena dana akan dimasukkan kedalam reksadana.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Unit Link

Sebagai salah satu produk keuangan dalam bentuk asuransi, unit link tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk bisa menentukan bagus tidaknya unit link yang akan anda beli, anda bisa memperhatikan kelebihan dan kekurangan pada tiga poin.

Poin pertama perhatikan layanan proteksi yang diberikan. Meskipun tidak sebagus asuransi jiwa murni, namun pada unit link memiliki manfaat asuransi tambahan yang bisa anda pilih.

Poin kedua perhatikan fitur investasi yang ditawarkan. Seperti yang sudah saya jelaskan, hasil investasi yang diberikan oleh unit link tidak sebagus produk investasi murni. Untuk memberikan kepercayaan kepada nasabah, unit link memberikan kemudahan dalam berinvestasi.

Sehingga nasabah tidak perlu susah payah memikirkan langkah yang bagus untuk investasinya. Ini adalah senjata adalan dari perusahaan asuransi dalam memasarkan unit link.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Unit Link 4

Poin ketiga, perhatikan masa berlaku polis. Memang unit link memiliki masa berlaku polis yang panjang, bahkan bisa sampai seumur hidup. Itu adalah masa kontrak yang lebih panjang dari pada asuransi jiwa murni. Nah, selama masa polis, apa saja layanan yang diberikan oleh pihak asuransi.

Sebenarnya, keuntungan yang sangat bisa dirasakan ketika memiliki unit link adalah premi yang dibayar tidak akan hangus. Selain itu, selama masa berlaku polis, nasabah juga mendapatkan berbagai macam perlindungan tambahan seperti biaya rawat inap di rumah sakit, kecelakaan, cacat tetap, dan lain sebagainya.

Pilih Jenis Asuransi Unit Link Yang Sesuai Kebutuhan

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan, perusahaan asuransi memberikan 4 jenis unit link berdasarkan kebutuhan setiap orang. Jenis unit link tersebut diantaranya adalah unit link berdasarkan jenis akun, berdasarkan pembayaran premi, berdasarkan penempatan dana investasi dan unit link berdasarkan tujuan investasi.

Anda bisa memilih jenis unit link yang sesuai dengan kebutuhan baik dari segi perlindungan, kemampuan finansial membayar premi hingga rencana keuangan anda. Ini juga bertujuan agar anda mendapatkan jenis unit link terbaik dan bisa memaksimalkan manfaat unit link yang diberikan.

Sesuaikan Besar Premi dengan Kemampuan Keuangan

Dengan dua manfaat yang diberikan, unit link memiliki premi yang cukup mahal. Belum lagi adanya asuransi tambahan atau rider yang bisa dipilih. Semakin banyak menambah rider, semakin mahal premi yang harus dibayar.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Unit Link 3

Perhatikan betul besar premi yang akan dibayar setiap bulan dengan kemampuan keuangan anda. Jangan sampai unit link menjadi beban yang akan membuat finansial anda tidak sehat.

Ketahui Cara Klaim Asuransi Unit Link

Unit link menjadi salah satu produk asuransi jiwa yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya asuransi jiwa dan investasi, beragam perlindungan lainnya juga bisa anda dapatkan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, tentu perusahaan asuransi memberikan beberapa persyaratan tertentu. Untuk itu, ketahui cara klaim asuransi unit link tersebut. Apakah mudah untuk melakukan klaim atau lebih sulit dari pada asuransi jiwa murni.

Unit Link Juga Memiliki Risiko

Meskipun bukan produk investasi murni, namun unit link juga memiliki risiko. Risiko yang dihadapi juga hampir sama dengan produk investasi murni lainnya, seperti kinerja saham dan pasar uang jeblok.

Tentu ini juga akan mempengaruhi nilai investasi unit link anda. Selain risiko investasi, unit link memberikan perlindungan kepada nasabah dalam bentuk asuransi.

Kenali Tujuan Utama Anda Memiliki Asuransi Unit Link

Memilih asuransi jiwa terbaik tentu menjadi dambaan bagi banyak orang. Terlebih didalam asuransi tersebut, kita juga bisa berinvestasi. Bila anda ingin merencanakan keuangan untuk masa depan dan juga ingin memiliki proteksi, anda bisa memilih unit link.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Unit Link 2

Namun perlu diingat, hasil investasi unit link tidak begitu besar, namun anda bisa mendapatkan manfaat asuransi yang cukup banyak. Apabila anda ingin investasi dengan hasil dan keuntungan yang banyak, anda bisa memilih produk investasi murni yang disediakan oleh perusahaan keuangan yang bersangkutan. Jadi sebelum memilih unit link, tentukan dulu tujuan anda.

Pada dasarnya unit link diperuntukan bagi mereka yang merencanakan keuangan dengan jangka waktu yang panjang. Dengan manfaat yang cukup banyak, mulai dari layanan proteksi, asuransi tambahan dan investasi, unit link menjadi produk asuransi jiwa yang banyak dipasarkan oleh perusahaan asuransi.

Meskipun memiliki banyak manfaat, nyatanya keberadaan uni link masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Melihat hasil investasi yang diberikan tidak begitu besar, ini menjadi alasan banyak orang menganggap unit link adalah produk yang jelek.

Ini kembali kepada tujuan anda mengelola keuangan. Apakah anda ingin memiliki asuransi dengan manfaat investasi. Atau apakah anda ingin mendapatkan keuntungan besar dari hasil berinvestasi. Jadilah nasabah yang bijak dan cerdas dalam memilih produk keuangan.