Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTKU

Posted on

Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu cara untuk melindungi diri dari risiko ketika sedang bekerja. Bukan hanya karyawan (PPU) saja yang bisa mendapatkan program jaminan sosial ini, namun seluruh jenis pekerjaan seperti pengusaha, wiraswasta, petani dan lainnya juga bisa mendapatkan layanan tersebut.

Melalui BPJS Ketenagakerjaan, anda akan mendapatkan perlindungan ketika bekerja, sehingga bekerja menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Untuk bisa menjadi peserta tidaklah sulit. Ada beberapa prosedur pendaftaran yang bisa dipilih, salah satunya adalah daftar BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU.

Prosedur ini tidak terlalu sulit dan memakan waktu yang lama, karena anda tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Anda cukup menyiapkan smartphone anda dan jaringan internet. Prosedur pendaftaran ini sangat diperuntukan bagi peserta mandiri yang ingin mendapatkan layanan atau jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTKU

Apa Itu Aplikasi BPJSTKU

Aplikasi BPJSTKU adalah aplikasi yang dibuat oleh pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi sepurtas BPJS Ketenagakerjaan, baik cek saldo, cetak kartu BPJS hingga klaim BPJS Ketenagakerjaan secara online. Dengan begitu, anda tidak perlu datang dan mengantri di kantor BPJS Ketenagakerjaan yang membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup banyak.

Sebelum kemunculan aplikasi BPJSTKU, dulunya pemerintah mengeluarkan BPJSTK Mobile sebagai media online untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi, pemerintah akhirnya mengeluarkan aplikasi BPJSTKU yang bisa di install di smartphone baik android maupun IOS.

Cara install aplikasi BPJSTKU juga cukup mudah, anda cukup download di Google Play Store untuk android dan Appstore untuk IOS. Aplikasi ini hanya berukuran 21 MB, sehingga tidak memakan storage penyimpanan data di smartphone anda. Pastikan anda mendownload aplikasi dari Google Play Store dan Appstore untuk menghindari aplikasi yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Mandiri Online

Langkah Daftar BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Daftar akun BPJS ketenagakerjaan online melalui aplikasi BPJSTKU adalah salah satu cara yang paling mudah dan cepat. Namun sebelum melakukan registrasi, siapkan terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan, yaitu :

  • Scan KTP Pekerja
  • Scan KK (Kartu Keluarga)
  • Pas Foto Peserta
  • Nomor Rekening Peserta yang digunakan untuk pembayaran iuran
  • Kartu NPWP
  • Alamat Email dan No HP

Setelah persyaratan sudah anda siapkan, pastikan smartphone anda sudah terhubung ke internet baik dari paket data maupun Wi-Fi. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU :

  • Download aplikasi BPJSTKU di Google Play Store untuk android dan Appstore untuk IOS.
  • Jalankan aplikasi BPJSTKU dan klik menu “Daftar Menjadi Peserta”.
  • Pilih jenis kepesertaan dari dua pilihan, yaitu “Pekerja Bukan Penerima Upah” untuk peserta mandiri dan “Pekerja Migran Indonesia” untuk WNA yang bekerja di Indonesia. Perlu diketahui, untuk peserta PPU pendaftaran dilakukan oleh pihak perusahaan tempat bekerja.
  • Isi informasi riwayat pekerjaan secara detail.
  • Jika sudah terisi semua, klik tombol “LANJUTKAN”.
  • Pilih program jaminan sosial dan periode pembayaran iuran. Pada menu pilih program, ada dua pilihan menu yaitu menu pertama menawarkan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Sedangkan pada menu kedua merupakan menu yang menawarkan seluruh program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT). Untuk periode pembayaran iuran, silahkan pilih sesuai dengan kemampuan. Anda bisa memilih 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan sekali.
  • Jika sudah dipilih, klik tombol “LANJUTKAN”.
  • Konfirmasi umur dan kelayakan calon peserta dengan klik tombol “BENAR,LANJUTKAN”.
  • Isi kelengkapan data sesuai dengan KTP, email aktif dan nomor HP aktif.
  • Jika sudah terisi semua, klik tombol “LANJUTKAN”.
  • Konfirmasi informasi profile calon peserta dan klik tombol “PROSES PEMBAYARAN”.
    Anda akan dibawa ke menu metode pembayaran. Pilih metode pembayaran yang digunakan untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya. Bisa melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, Pembayaran Instan dan Gerai Retail.
  • Klik Selesai.

Setelah proses pendaftaran sudah selesai, anda akan mendapatkan email dari pihak BPJS mengenai kode pembayaran yang nantinya anda gunakan untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan. Lakukan pembayaran pertama sesuai dengan metode yang anda pilih agar akun BPJS Ketenagakerjaan anda bisa segera aktif.

Baca Juga : Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart

Untuk cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan, anda bisa mengunjungi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat dari kediaman anda. Siapkan KTP dan tanda bukti pembayaran pertama. Simpan baik-baik kartu anda sebagai bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Bagi anda yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan namun belum memiliki akun BPJSTKU, silahkan membaca artikel mengenai Cara Membuat Akun Aplikasi BPJSTKU. Untuk persyaratan yang dibutuhkan, siapkan KTP yang masih berlaku, kartu BPJS Ketenagakerjaan, e-mail yang digunakan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan dan nomor telepon yang masih aktif.