Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Salah satu program andalan dari BPJS Ketenagakerjaan yang paling laris adalah program Jaminan Hari Tua. Program ini sebenarnya digagas oleh Jamsostek dimana pada saat itu mereka yang mengurusi jaminan sosial bagi para pekerja.

Seiring berjalannya waktu, Jamsostek kini dirubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan dan sekarang mengurus jaminan sosial termasuk program JHT. Jaminan Hari Tua adalah program yang akan memberikan dana uang tunai kepada peserta dengan akumulasi iuran ditambah dengan hasil pengembangannya sebagai jaminan hidup di hari tua.

Tidak heran bila banyak peserta yang penasaran dengan rincian saldo BPJS Ketenagakerjaan mereka. Adanya program JHT dari BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu solusi bagi peserta yang ingin merencanakan hari tua.Cara Mudah Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Kapan Saldo JHT Bisa Diambil ?

Sebenarnya pencairan dana JHT bisa dilakukan meskipun peserta belum memasuki masa pensiun atau belum berusia 56 tahun. Namun jumlah yang dapat diambil tidak bisa 100%. BPJS Ketenagakerjaan memberikan kebijakan sendiri mengenai pengambilan dana JHT.

Ini bertujuan agar dana tersebut bisa digunakan dengan baik oleh peserta. Dana JHT bisa diambil 100% apabila peserta sudah memasuki usia 56 tahun atau mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia.

Apabila peserta meninggal dunia, dana JHT akan dibayarkan kepada ahli waris yang sudah didaftarkan pada saat pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan. Secara rinci, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan dana JHT 100% apabila :

  • Peserta mencapai usia 56 tahun atau meninggal dunia atau cacat total tetap.
  • Masa kepesertaan sudah mencapai 5 tahun dan masa tunggu 1 bulan.
  • Berhenti bekerja baik mengundurkan diri, terkena PHK dan tidak aktif bekerja.
  • Meninggalkan wilayah Indonesia dan tidak kembali atau menjadi PNS/POLRI/ABRI.

Baca Juga : Cara Cek Kartu BPJS Masih Aktif atau Tidak

Apabila peserta ingin mengambil dana JHT namun belum berusia 56 tahun, dana yang bisa diambil dengan syarat masa kepesertaan mencapai 10 tahun. Jumlah dana yang bisa diambil tidak bisa 100%, karena sisa saldo nantinya akan dikembangkan kembali. Berikut adalah kententuan pencairan dana JHT sebelum usia 56 tahun :

  • Dana diambil maksimal 10% dari total saldo sebagai persiapan usia pensiun.
  • Dana diambil maksimal 30% dari total saldo untuk uang perumahan.
  • Pengambilan dapat diambil hanya sekali selama menjadi peserta sebelum memasuki usia 56 tahun.

Selama menjadi peserta, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan laporan mengenai perkembangan dana JHT satu kali setiap tahunnya. Selain mendapatkan informasi dari pihak BPJS, anda juga bisa melakukan pengecekan dana JHT anda sendiri baik melalui online, SMS, aplikasi BPJSTKU maupun datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS Gateway

Saat ini untuk mendapatkan informasi mengenai rincian saldo JHT bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling mudah adalah pengecekan melalui SMS. Meskipun layanan ini dikenakan taris Rp. 165 per sms, namun ini merupakan cara yang paling praktis dan cepat.

Memang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online cukup cepat, namun tidak semua daerah terjangkau jaringan internet. Berbeda dengan melalui sms, jaringan provider untuk layanan ini sudah menyeluruh ke penjuru daerah di Indonesia. Untuk bisa menggunakan layanan SMS Gateway, pastikan ponsel anda memiliki pulsa.

Untuk prosedur atau cara cek saldo dana JHT via SMS cukup mudah, namun layanan ini baru tersedia untuk provider jaringan Telkomsel dan Indosat saja. Berikut adalah langkah-langkah cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan via SMS :

  • Daftarkan diri untuk mendapatkan layanan SMS Gateway dengan ketik :
    DAFTAR <spasi> SALDO#Nomor KTP#Nama#Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY)#No Peserta#Email (kalau ada) kirim ke 2757.

Contoh : Contoh: DAFTAR SALDO#3191036598033007#TIARA CERMAT#03-02-1989#987654321 kirim ke 2757

  • Jika sudah terdaftar, anda bisa langsung cek saldo JHT dengan format ketik :
    SALDO(spasi)NOMOR PESERTA kirim ke 2757.

Contoh :
SALDO 987654321 kirim ke 2757

  • Anda akan menerima SMS balasan berupa informasi nilai upah, tanggal terakhir iuran dan jumlah terakhir saldo JHT anda.Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Baca Juga : Cara Mengetahui Nomor BPJS

Selain pengecekan saldo JHT, layanan SMS Gateway juga bisa digunakan untuk ganti nomor ponsel, ganti PIN dan melihat status kepesertaan. Dengan layanan ini, peserta jadi lebih mudah dalam mendapatkan informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan.

Segera lindungi diri anda dari risiko ketika bekerja dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan dapatkan manfaat jaminan sosial yang diberikan.

error: Content is protected !!