Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Posted on

Selain memberikan manfaat jaminan sosial, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan manfaat lain yang berbentuk uang tunai. Ini merupakan manfaat dari salah satu program andalan BPJS Ketenagakerjaan yaitu program Jaminan Hari Tua atau JHT.

Program ini akan memberikan uang tunai kepada peserta atau ahli waris apabila yang bersangkutan sudah memasuki masa tua atau mengalami cacat total tetap. Dengan adanya program ini, peserta bisa menikmati masa tua dengan nyaman dan tenang.

Besar kecil jumlah uang tunai yang didapatkan, akan dihitung berdasarkan akumulasi dari iuran dan pengembangannya. Tidak heran bila peserta sering sekali ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan mereka karena penasaran dengan jumlah saldo yang dihasilkan.Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Manfaat Program JHT BPJS Ketenagakerjaan

Program ini merupakan perlindungan yang bersifat dasar bagi pekerja dan ditujukan sebagai pengganti terputusnya penghasilan pekerja karena meninggal, cacat dan hari tua. Program ini juga bertujuan untuk menjamin keamanan dan kepastian dari risiko sosial ekonomi

Peserta akan mendapatkan jaminan berupa uang tunai pada saat peserta mencapai usia 56 atau meninggal meninggal dunia atau mengalami mengalami cacat total tetap. Uang tunai yang diberikan besarnya merupakan nilai akumulasi dari iuran ditambah hasil pengembangannya (paling sedikit sebesar rata-rata bunga deposito counter rate bank pemerintah).

Baca Juga : Syarat Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Kategori usia pensiun juga termasuk bagi peserta yang berhenti bekerja baik mengundurkan diri maupun terkena PHK, tidak aktif bekerja atau meninggalkan wilayah Indonesia. Uang tunai dari JHT akan dibayarkan apabila peserta :

  • Mencapai umur 56 tahun atau meninggal dunia, atau cacat total tetap
  • Berhenti bekerja yang telah memenuhi masa kepesertaan 5 tahun dan masa tunggu 1 bulan
  • Pergi keluar negeri tidak kembali lagi, atau menjadi PNS/POLRI/ABRI

Bagaimana prosedur pengambilan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT)?

Perlu anda ketahui, uang tunai dari JHT bisa diambil sebagian sebelum peserta mencapai 56 tahun dengan syarat masa kepesertaan mencapai 10 tahun. Jumlah pengambilan juga sudah ditentukan agar saldo atau uang tunai di JHT masih bisa dikembangkan. Berikut ketentuan klaim JHT sebelum usia 56 tahun :

  • Diambil max 10 % dari total saldo sebagai persiapan usia pensiun
  • Diambil max 30% dari total saldo untuk uang perumahan
  • Pengambilan sebagian tersebut hanya dapat dilakukan sekali selama menjadi peserta

Apabila peserta sudah mencapai usia 56 tahun dan masih bekerja atau masih terikat kontrak dengan perusahaan dan memilih untuk menunda pembayaran JHT, maka JHT akan dibayarkan pada saat peserta berhenti bekerja atau pensiun. Pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan informasi mengenai besar saldo JHT beserta pengembangannya 1 kali dalam satu tahun.

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Online

Bagi anda yang ingin mengecek saldo JHT dan tidak ingin berpanas-panasan serta mengantri, anda bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan lewat smartphone. Pastikan smartphone anda sudah terhubung dengan jaringan internet. Berikut adalah cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan melaui situs resmi :

  • Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan atau klik url sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Silahkan login dengan menggunakan user ID atau email anda yang sudah didaftarkan beserta PIN atau passwowrd. Masukkan kode pengaman atau captcha untuk verifikasi login.
  • Setelah berhasil login, anda bisa langsung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan atau JHT pada menu yang tersedia.

Baca Juga : Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTKU

Adanya program JHT yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, sangat membantu masyarakat dalam merencanakan hari tua. Semakin lama anda bergabung, maka semakin besar pula uang tunai yang bisa anda klaim dari program JHT. Segera daftarkan diri untuk mengikuti program dari BPJS Ketenagakerjaan dan dapatkan manfaat perlindungan yang diberikan.