Cara Merubah Susunan Anggota Keluarga Pada BPJS Kesehatan

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, tentu anda memiliki kewajiban mengikutsertakan juga seluruh anggota keluarga anda dalam 1 KK. Hal ini bertujuan agar manfaat dari BPJS Kesehatan bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, keluarga akan mendapatkan kehidupan yang layak.

Namun bagaimana bila ada anggota keluarga yang sudah terdaftar telah menikah. Tentu harus dilakukan pembaruan data kepesertaan. Pembaruan susunan keluarga ini bisa dilakukan ketika terjadi perubahan anggota keluarga. Seperti kematian, pernikahan dan memiliki KK sendiri, perceraian dan digantikan oleh keluarga lain.Cara Merubah Susunan Anggota Keluarga Pada BPJS Kesehatan

Cara Merubah Susunan Anggota Keluarga Pada BPJS Kesehatan

Setiap perubahan susunan keluarga memiliki persyaratan tersendiri. Namun persyaratan yang wajib anda penuhi adalah anda harus membawa kartu peserta BPJS Kesehatan sendiri dan peserta yang ingin dirubah. Perubahan susunan keluarga bisa dilakukan secara online atau datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Cara Merubah Nama Peserta BPJS

Setelah mengunjungi ke kantor cabang BPJS Kesehatan, uraikan keperluan kepada petugas untuk mendapatkan nomor antrian dan formulir perubahan data. Sebelum pergi, pastikan persyaratan sudah terpenuhi untuk memudahkan administrasi. Berikut adalah dokumen yang harus andapenuhi untuk melakukan perubahan susunan anggota keluarga.

Menikah dan Pindah Kartu Keluarga (KK)
Syarat kepesertaan BPJS Kesehatan adalah anggota keluarga berada dalam satu Kartu Keluarga. Sehingga apabila anda anggota keluarga (anak) pindah KK karena menikah, maka data harus dirubah. Berikut dokumen yang harus dipersiapkan :

  • Fotokopi surat nikah
  • Fotokopi daftar gaji yang telah dilegalisir (bagi PNS)
  • Pas foto berwarna yang terbaru bagi istri dan suami ukuran 3×4 cm
  • Foto kopi akte kelahiran anak

Anggota Keluarga Meninggal Dunia
Apabila ada anggota keluarga yang meninggal dunia, makan kepesertaan dari yang bersangkutan bisa dihapus, karena sudah tidak wajib membayar iuran BPJS. Berikut dokumen yang harus dipersiapkan :

  • Fotokopi surat keterangan kematian
  • Menyerahan kartu peserta yang meninggal dunia

Perceraian
Sama halnya dengan pindah KK karena perceraian, perubahan susunan anggota keluarga juga harus dilakukan. Karena peserta yang bersangkutan tidak dalam satu KK lagi. Berikut dokumen yang harus dipersiapkan :

  • Surat penetapan akta perceraian dari pengadilan
  • Menyerahkan kartu BPJS asli milik suami atau istri

Jika digantikan dengan anggota keluarga yang lain
Berdasarkan peraturan BPJS Kesehatan, peserta PPU hanya dapat menanggung 3 orang anak. Namun apabila peserta memiliki 4 orang anak dan salah satu dari anak yang ditanggung menikah atau meninggal dunia, maka bisa digantikan dengan anak yang lain. Untuk melakukan perubaha, berikut adalah dokumen yang harus dipenuhi :

  • Kartu peserta BPJS anak yang akan digantikan
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak satu lembar bagi anak yang menggantikan (kecuali jika anak masih balita)
  • Fotokopi akte kelahiran anak yang menggantikan
  • Fotokopi daftar gaji orang tua yang telah dilegalisir

Baca Juga : Apa Lupa? Ini Solusi Cepat Cek Nomor BPJS Anda

Jika dokumen persyaratan sudah terpenuhi, anda bisa segera mengisi formulir perubahan susunan anggota keluarga yang diberikan kepada petugas. Isi dengan teliti sembari menunggu nomor antrian anda dipanggil. Jika sudah dipanggil, serahkan formulir tersebut beserta dokumen persyaratan kepada petugas BPJS Kesehatan.

error: Content is protected !!