Cara Menukar e-ID BPJS Dengan Kartu BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Posted on

E-ID atau Elektronik Identitas adalah bukti kepesertaan BPJS Kesehatan dalam bentuk elektronik. E-ID ini juga memiliki fungsi yang sama dengan kartu BPJS, hanya saja e-ID harus anda cetak sendiri agar bisa digunakan.

E-ID dibuat untuk menghindari terhambatnya pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan di fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dengan adanya e-ID ini, diharapkan peserta lebih mudah dalam mendapatkan layanan kesehatan apabila belum memiliki kartu BPJS.

Cara mencetak e-ID juga cukup mudah, e-ID dapat dicetak dengan tinta warna hitam dengan ukuran A4. E-ID bisa digunakan untuk berobat dengan membawa identitas pendukung seperti KK, KTP dan lainnya. E-ID juga bisa anda tukarkan dengan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk fisik. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah yang harus anda tempuh.Cara Menukar e-ID BPJS Dengan Kartu BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Cara Menukar e-ID BPJS Dengan Kartu BPJS Kesehatan

Mekanisme penerbitan e-ID BPJS Kesehatan, dapat diakses melalui kantor BPJS Kesehatan, teller, perbankkan, dan website BPJS Kesehatan. Bagi peserta yang mendaftar melalui bank, maka pencetakan e-ID dilakukan oleh pihak bank.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kartu e-ID BPJS Kesehatan

Sedangkan peserta yang mendaftar melalui website dilakukan setelah peserta membayar iuran BPJS pertama. Kemudian peserta akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan tadi yang berisi link pencetakan e-ID BPJS Kesehatan.

E-ID juga bisa ditukarkan dengan kartu BPJS Kesehatan dalam bentuk fisik. Anda cukup mengujungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan tempat tinggal anda dan membawa identitas pendukung yaitu KK, KTP dan e-ID yang sudah dicetak yang akan ditukarkan.

Meskipun dari segi fungsi tidak memiliki perbedaan, namun terkadang ada peserta yang lebih menyukai menggunakan kartu BPJS Kesehatan dari pada e-ID. Alasan yang paling umum adalah ketenangan dan kenyamanan.

Baca Juga : Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang Atau Rusak

Beberapa peserta ada yang masih ragu atau bingung dengan cara menggunakan e-ID BPJS Kesehatan. Tidak heran, kebanyakan dari peserta yang baru mendaftar, ingin segera menukarkan e-ID mereka dengan kartu BPJS Kesehatan.