Cara Menggunakan Kartu e-ID BPJS Kesehatan

Posted on

Cara daftar BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara offline dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan tempat tinggal dan secara online dengan mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan. Bila anda daftar secara offline, anda harus membawa dokumen persyaratan yang cukup banyak dan harus rela mengantri yang cukup panjang.

Untuk menghindari antrian, anda bisa mendaftar melalui online dengan mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan atau melalui aplikasi mobile JKN. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan e-ID BPJS sebagai pengganti kartu BPJS Kesehatan. E-Id ini merupakan nomor atau identitas peserta BPJS Kesehatan.Cara Menggunakan Kartu e-ID BPJS Kesehatan

Bagaimana Cara Menggunakan Kartu e-ID BPJS Kesehatan

Perlu anda ketahui, e-ID bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit dan faskes lainnya layaknya kartu BPJS Kesehatan. Peserta cukup menunjukkan e-ID dan KTP yang berlaku kepada petugas rumah sakit.

Baca Juga : Cara Menukar e-ID BPJS Dengan Kartu BPJS Kesehatan Dengan Mudah

E-Id juga digunakan untuk mengakomodir peserta yang melakukan pendaftaran online sehingga tidak perlu antri di kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan kartu BPJS Kesehatan. Dimana keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS.

Untuk memudahkan proses administrasi layanan kesehatan, e-ID bisa dicetak baik warna maupun hitam putih. Setelah peserta mendapatkan e-ID, peserta harus menunggu 14 hari dari tanggal pembayaran iuran pertama baru bisa digunakan.

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan. Karena didalamnya terdapat informasi valid tentang peserta dari BPJS Kesehatan. Jadi, anda jangan ragu bila ingin menggunakan e-ID untuk berobat.

Namun bila anda ingin mendapatkan kartu BPJS anda sendiri, anda bisa mengambilnya dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dari tempat tinggal anda. Tunjukan kartu identitas yang sesuai dengan kartu BPJS Kesehatan yang akan dicetak kepada petugas.

Baca Juga : Syarat dan Cara Mengambil Kartu BPJS Kesehatan Setelah Pembayaran Pertama

Perlu diingat, pada saat pendaftaran online, anda harus mengisi dengan teliti form pendaftaran. Hal ini dikarenakan apabila anda salah mengisi data, anda harus mengunjungi kantor BPJS Kesehatan untuk bisa melakukan perubahan data.