Ingin Daftar BPJS Kesehatan Mandiri? Begini Caranya

Posted on

Kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya. Bagaimana tidak, ketika sedang sakit tentu memerlukan pengobatan dan perawatan yang baik agar cepat sembuh. Dimana saat ini biaya untuk berobat semakin lama semakin mahal. Tentu hal seperti ini menjadi masalah yang cukup besar, terutama bagi kalangan masyarakat menengah kebawah.

Untuk meningkatkan standar kesehatan, pemerintah Indonesia membentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. BPJS Kesehatan adalah perusahaan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh kalangan masyarakat Indonesia.

BPJS Kesehatan akan memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat berupa pembiayaan pengobatan dan perawatan selama proses penyembuhan. Wajibnya masyarakat mengikuti BPJS ini sudah tertulis pada pasal 14 Undang-undang BPJS yang berbunyi setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal 6 bulan wajib menjadi anggota BPJS.Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline

Ada 3 kategori peserta BPJS Kesehatan yang mengikuti program yang diberikan yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI). Untuk peserta PPU merupakan peserta yang bekerja di sebuah perusahaan, dimana perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS.

Sedangkan peserta dari PBPU merupakan pekerja yang tidak terikat oleh sebuah perusahaan atau pekerja mandiri. Peserta PBPU wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarga untuk mengikuti program BPJS. Sedangkan untuk peserta PBI adalah peserta yang berasal dari warga miskin, dimana seluruh iuran BPJS kesehatan ditanggung oleh pemerintah.

Untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan dan mendapatkan manfaat yang diberikan, harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Bagi peserta dari PBPU atau bisa juga disebut dengan peserta BPJS Kesehatan mandiri ada 2 cara mendaftar BPJS Kesehatan yaitu secara online dan offline.

Pendaftaran BPJS Kesehatan online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi atau website BPJS Kesehatan. Siapkan persyaratan membuat BPJS yang diperlukan, kemudian ikuti petunjuk dan arahan yang diberikan dari website.

Sedangkan pendaftaran BPJS Kesehatan secara offline, anda bisa mengunjungi langsung kantor cabang BPJS terdekat di kota anda dengan membawa syarat-syarat pembuatan BPJS. Usahakan persyaratan tersebut sudah anda penuhi terlebih dahulu sebelum mendatangi kantor cabang, agar proses pendaftaran bisa lebih cepat.

Adanya 2 proses pendaftaran ini diharapakan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri dan anggota keluarga menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Selain itu, adanya proses pendaftaran BPJS Kesehatan via online akan mengurangi antrian yang terjadi pada kantor BPJS, sehingga proses pendaftaran bisa lebih cepat.

Bagi anda yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan via offline, anda harus mematuhi prosedur dan aturan yang berlaku. Ini bertujuan untuk memudahkan calon peserta dalam melakukan pendaftaran. Lalu bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan offline? Berikut langkah-langkah yang harus ditempuh.

Persiapkan Syarat Pembuatan BPJS Kesehatan

Sebelum anda mendatangi kantor BPJS dikota anda, siapkan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran. Berikut adalah syarat-syarat yang harus anda bawa :

  • Fotokopi Kartu identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, Atau Paspor) 1 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi buku tabungan Sebagai penanggung biaya
  • Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 1 Lembar

Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, anda bisa segera mengunjungi kantor BPJS terdekat untuk melakukan pendaftaran.

Prosedur dan Langkah Mendaftar BPJS Kesehatan Offline

Agar tidak terjadi kebingungan, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda tempuh selama proses pendaftaran BPJS Kesehatan :

  • Agar anda tidak mengantri terlalu lama, usahakan datang lebih pagi. Kantor BPJS buka mulai pukul 08.00 pagi.
  • Siapkan dokumen yang sudah anda bawa dari rumah, kemudian ambil nomer antrian pada mesin cetak nomer antri atau anda bisa meminta kepada satpam.
  • Ambil form pendaftaran pada petugas pendaftaran atau satpam dan segera isi sambil menunggu nomer antrian anda dipanggil oleh petugas. Isi form pendaftaran dengan cermat dan teliti, jangan sampai melakukan kesalahan penulisan.
  • Didalam form pendaftaran, anda harus mengisi kelas yang harus anda pilih. Pilih kelas BPJS Kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ekonomi dalam membayar iuran BPJS setiap bulan.
  • Serahkan formulir yang sudah anda isi beserta dokumen yang diperlukan.
  • Setelah petugas melakukan registrasi, anda akan mendapatkan nomor virtual account beserta besaran iuran BPJS yang harus dibayar.
  • Segera lakukan pembayaran iuran dengan melalui bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  • Cetak dan ambil kartu BPJS Kesehatan anda dengan menyerahkan bukti pembayaran ke petugas yang bersangkutan.
  • Kartu BPJS bisa anda gunakan setelah 14 hari kerja.

Itulah cara dan langkah-langkah daftar BPJS Kesehatan offline yang harus anda tempuh. Prosesnya tidak terlalu sulit, hanya saja anda harus mengantri cukup lama untuk mendapatkan layanan pendaftaran tersebut.

Namun bagi anda yang tidak suka mengantri, anda bisa melakukan pendaftaran via online dan mengikuti prosedur yang sudah disediakan.

Dengan manfaat dan layanan jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS, anda dan anggota keluarga akan mendapatkan kehidupan yang lebih tenang. Untuk itu, segera lakukan pendaftaran untuk diri dan anggota keluarga tercinta.