Cara Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartu Hilang

Posted on

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan usaha milik negara yang mengurus jaminan sosial bagi para pekerja. BPJS Ketenagakerjaan menawarkan 4 macam program yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perelindungan. Salah satu program andalan BPJS Ketenagakerjaan adalah program Jaminan Hari Tua.

Program ini akan memberikan jaminan dana berupa uang tunai kepada peserta ketika memasuki usia 56 tahun atau pensiun. Program ini sangat cocok bagi peserta yang tengah merencanakan masa tua. Cara klaim dana JHT ini juga cukup mudah. Anda bisa melakukannya dengan dua cara yaitu offline dan online.

Jumlah uang tunai yang akan dibayarkan merupakan nilai akumulasi dari iuran ditambah pengembangannya. Jadi semakin lama anda tergabung sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka semakin besar pula saldo yang nanti bisa anda cairkan.Cara Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartu Hilang

Syarat Klaim Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Selama anda menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, anda berhak mengetahui jumlah saldo yang anda miliki. Cara cek saldo JHT bisa anda lakukan dengan berbagai cara, mulai dari cek saldo lewat sms, melalui aplikasi BPJSTKU dan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online.

Pengecekan ini wajib anda lakukan untuk mengetahui perkembangan dana JHT anda yang mungkin sewaktu-waktu ingin anda ambil karena kebutuhan mendadak. Jumlah pengambilan dana JHT yang bisa dicairkan ada 3 macam yaitu 10%, 30% dan 100%.

Masing-masing pencairan dana ini memiliki prosedur yang berbeda karena ketiganya juga memiliki ketentuan klaim BPJS Ketenagakerjaan yang berbeda pula. Untuk itu, sebelum anda mengajukan klaim dana JHT, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Lewat Sms

Ini bertujuan agar proses pengajuan hingga verifikasi bisa berjalan dengan cepat sehingga dana bisa segera dicairkan. Berikut adalah syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan :

  • Sudah berhenti bekerja (PHK/resign).
  • Asli dan Fotocopy Kartu Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan.
  • Asli dan Fotocopy Surat pengalaman bekerja/surat keterangan sudah berhenti bekerja.
  • Asli dan Fotocopy KTP atau boleh juga SIM.
  • Asli dan Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Buku Tabungan untuk Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan.
  • Jangan lupa sertakan fotocopy minimal sebanyak 1 lembar untuk masing-masing dokumen di atas.
  • Pas foto 3×4 dan 4×6 masing-masing 4 rangkap.
  • Meterai 1 lembar.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Setelah anda menyiapkan dokumen persyaratan, langkah selanjutnya adalah anda hanya mengikuti prosedur pengajuan klaim dana JHT dengan benar. Hal ini dilakukan agar pengajuan segera diproses tanpa berbelit-belit dan memakan waktu yang lama. Berikut adalah cara klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan :

  • Datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa dokumen persyaratan yang sudah dilengkapi.
  • Uraikan keperluan anda kepada petugas, satpam atau bagian informasi.
  • Isi formulir pengajuan klaim JHT dengan lengkap dan teliti.
  • Serahkan berkas dan dokumen persyaratan untuk pengajuan klaim kepada petugas.
  • Menjalani proses wawancara dan pengambilan foto.
  • Menunggu proses pencairan dana (disesuaikan dengan jumlah pencairan).
  • Selesai

Bagaimana Klaim BPJS Ketenagakerjaan Apabila Kartu Hilang ?

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, kartu BPJS merupakan kartu identitas dari peserta yang menunjukkan bahwa anda adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan. Didalam kartu tersebut terdapat informasi penting seputar status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan seperti nama peserta, nomor kartu BPJS, hingga tanggal aktif kepesertaan.

Bila anda ingin menggunakan layanan BPJS seperti klaim dana JHT, syarat utama yang harus anda cantumkan adalah kartu BPJS Ketenagakerjaan. Apabila kartu BPJS tidak disertakan, maka pengajuan klaim akan ditolak oleh pihak BPJS.

Lalu bagaimana kalau kartu BPJS Ketenegakerjaan hilang? Pengajuan klaim dana JHT tidak bisa dilakukan?. Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering terjadi ketika peserta kehilangan kartu BPJS-nya. Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun kartu BPJS hilang, masih bisa mengajukan klaim dana JHT.

Namun anda harus mengetahui nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan anda. Nomor tersebut akan digunakan untuk verifikasi data oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan. Apabila anda lupa juga dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan milik anda, anda bisa menghubungi perusahaan tempat anda bekerja untuk meminta nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan anda.

Untuk lebih jelas, anda bisa membaca artikel Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS yang sudah saya buat sebelumnya. Jika anda sudah mendapatkan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan anda, langkah selanjutnya adalah buat surat kehilangan dari kepolisian setempat.

Baca Juga : Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Surat kehilangan ini diperlukan juga sebagai bukti bahwa anda adalah peserta BPJS yang tengah kehilangan kartu BPJS. Cantumkan pula nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan milik anda pada surat kehilangan yang sudah anda buat.

Dengan begitu anda baru bisa mengajukan klaim dana JHT BPJS Ketenagakerjaan. Apabila anda mengajukan klaim 10% dan 30%, segera urus kartu BPJS yang hilang agar anda bisa mengajukan klaim dana JHT 100% kedepannya.