Cara dan Prosedur USG Menggunakan BPJS Kesehatan

Posted on

Sebagai ibu hamil, tentu memerlukan perawatan yang tidak sedikit. Mulai dari makan makanan yang bergizi hingga rutin memeriksakan kondisi kehamilan. Ini bertujuan agar sang bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang selama didalam kandungan. Dengan kondisi seperti itu, tidak heran bila selama masa kehamilan pengeluaran bisa menjadi lebih besar untuk perawatan ibu hamil.

Agar pengeluaran tidak semakin membengkak, para ibu hamil bisa menggunakan layanan kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS. Namun sebelumnya anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai peserta BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan akan memberikan layanan kesehatan bagi ibu hamil dengan penanggungan biaya perawatan selama masa kehamilan.Cara dan Prosedur USG Menggunakan BPJS Kesehatan

Bukan hanya selama masa kehamilan saja, namun proses persalinan hingga perawatan pasca melahirkan juga akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Layanan tersebut bisa anda dapatkan dengan mengikuti prosedur yang berlaku dan mematuhi aturan yang sudah ditetapkan. Menariknya lagi, selama menjadi anggota peserta BPJS Kesehatan, iuran bulanan yang harus anda bayar sangatlah murah.

Adanya layanan ibu hamil ini tentu sangat membantu bagi peserta BPJS Kesehatan. Karena selain bisa menjaga kondisi keuangan, ibu hamil juga bisa mendapatkan layanan kesehatan yang layang. Dengan begitu, calon orang tua bisa menggunakan uang mereka untuk kepentingan lainnya seperti membeli peralatan bayi dan sebagainya.

Apa Saja Layanan Kesehatan Untuk Ibu Hamil Yang Disediakan oleh BPJS Kesehatan

Perlu anda ketahui, layanan pemeriksaan kehamilan dengan BPJS merupakan upaya dari pemerintah untuk meningkatkan standart kesehatan di Indonesia. Ini juga berarti pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh mulai dari masa kehamilan, persalinan, pasca persalinan hingga layanan KB untuk mengatur jarak kehamilan.

Meskipun layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan memiliki manfaat yang cukup banyak, sayangnya masih banyak orang yang beranggapan bahwa pemeriksaan kehamilan dengan BPJS cukup sulit dan ribet. Nyatanya, hal tersebut terjadi karena masih kurangnya pemahanan peserta akan prosedur yang harus ditempuh untuk klaim BPJS Kesehatan.

Maka dari itu, sebagai peserta BPJS Kesehatan sangat penting untuk mengetahui bagaimana dan apa saja prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Jadi bagi para ibu hamil, gunakan layanan tersebut agar biaya yang dikeluarkan selama masa kehamilan hingga melahirkan bisa ditanggung oleh BPJS. Berikut adalah layanan untuk ibu hamil yang disediakan oleh BPJS :

  • Pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal care / ANC) untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi, ANC adalah pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil. Sehingga mampu menghadapi persalinan, kala nifas, persiapan pemberiaan ASI dan kembalinya kesehatan reproduksi secara wajar
  • Persalinan
  • Pemeriksaan bayi baru lahir
  • Pemeriksaan pasca persalinan (postnatal care / PNC) terutama selama nifas awal selama 7 hari setelah melahirkan
  • Pelayanan KB

Apakah BPJS Kesehatan Menanggung Biaya USG ?

USG merupakan salah satu bentuk tindakan medis dalam pemeriksaan terhadap kehamilan melalui metode skrining. Tindakan ini dilakukan karena lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan ibu beserta janin yang dikandung. Layanan kesehatan ini juga akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan dengan jatah 1 kali pemeriksaan.

Sehingga pemeriksaan USG ini harus dilakukan berdasarkan pada rekomendasi ataupun rujukan dari dokter atau Faskes Tingkat I. Apabila peserta melakukan tindakan USG atas dasar keinginan pribadi dan bukan saran dari dokter, maka BPJS tidak akan menanggung biaya yang dikeluarkan. Agar biaya USG bisa ditanggung, anda harus melengkapi dokumen persyaratan terlebih dahulu. Berikut adalah persyaratan USG menggunakan BPJS Kesehatan :

  • Membawa surat rujukan dari faskes tingkat 1
  • KTP Asli dan fotocopy
  • Kartu BPJS Asli dan fotocopy
  • Fotocopy KK
  • Buku kontrol kehamilan

Cara dan Prosedur USG Menggunakan BPJS Kesehatan

Pada dasarnya, prosedur yang harus ditempuh untuk mendapatkan layanan USG hampir sama dengan prosedur layanan kesehatan lainnya yang disediakan oleh BPJS. Pertama anda harus memeriksakan kehamilan ke Faskes Tingkat I terlebih dahulu. Faskes ini bisa berupa Puskesmas, Klinik Kesehatan, dokter umum maupun rumah sakit tipe D.

Apabila memerlukan tindakan USG, ibu hamil akan dirujuk ke rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ibu hamil akan mendapatkan surat rujukan yang nantinya digunakan untuk mendapatkan tindakan USG. Selama proses pemeriksaan jangan lupa membawa KTP Asli dan fotocopy, Kartu BPJS Asli dan fotocopy, Fotocopy KK dan Buku kontrol kehamilan sebagai persyaratan.

Pastikan anda mengikuti prosedur yang sudah ditentukan. Itu bertujuan agar proses pemeriksaan bisa berjalan dengan lancar serta biaya yang dikeluarkan bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Demikian ulasan yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda.