Mau Cek Tagihan BPJS Kesehatan? Begini Caranya Yang Paling Mudah

Posted on

Sebagai peserta BPJS, kita memiliki kewajiban utama yaitu membayar iuran BPJS Kesehatan secara rutin setiap bulan. Ini juga bertujuan agar kita bisa mendapatkan layanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS. Jumlah iuran yang dibayar disesuaikan dengan kelas yang diambil dan jumlah anggota keluarga yang menjadi peserta BPJS.

Peserta bisa melakukan pembayaran BPJS dengan berbagai cara. Bisa melalui ATM dan bisa juga melalui minimarket yang sudah bekerja sama dengan BPJS seperti Indomaret dan Alfamart. Kemudahan ini diberikan dengan harapan agar peserta bisa membayar iuran tepat waktu dan rutin setiap bulan.

Sebelum melakukan pembayaran, terkadang kita pernah lupa berapa tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang mungkin bisa membantu anda yang mungkin lupa dengan jumlah tagihan yang harus dibayar.Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Ada banyak cara mengecek iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayar ataupun belum. Anda bisa mengeceknya melalui website BPJS, SMS, ATM dan bisa melalui aplikasi BPJS yang harus anda install terlebih dahulu di smartphone anda.

Namun, untuk pengecekan melalui ATM dirasa kurang praktis, maka kami akan memberikan 3 cara saja karena lebih mudah dan simple.

Pengecekan seperti ini merupakan salah satu hal yang cukup penting, karena untuk melihat apakah transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan kita sudah berhasil atau belum. Berikut adalah 3 cara cek tagihan BPJS Kesehatan :

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Website

  • Buka situs resmi BPJS Kesehatan https://bpjs-kesehatan.go.id/
  • Pada halaman awal, cari menu pada bilah sisi kananCara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Website
  • Setelah di Klik, maka akan muncul pilihan menu dan pilih menu “Cek Iuran Peserta”Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Website 2'
  • Anda akan masuk kedalam form isian yang harus anda isi sesuai dengan data diri peserta BPJSCara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui Website
  • Isi bilah No Kartu dengan 13 digit nomer kartu BPJS anda
  • Isi bilah Tanggal Lahir sesuai dengan tanggal lahir anda
  • Isi bilah Angka validasi dengan memasukan angka validasi sesuai yang ditampilkan pada kotak ungu
  • Setelah terisi, klik tombol “Cek”
  • Sistem akan menampilkan seluruh informasi mengenai peserta, mulai dari jumlah tagihan, anggota keluarga
  • yang terdaftar hingga denda

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat SMS

Ini merupakan salah satu layanan yang diberikan untuk mendapatkan berbagai macam informasi mengenai BPJS Kesehatan seperto cek jumlah tagihan dan cek informasi data kepesertaan.

Layanan ini merupakan layanan informasi dua arah dengan memanfaatkan pesang singkat yang dapat diakses melalui nomer jaringan tertentu. Layanan SMS bisa dilakukan oleh semua peserta BPJS, baik itu peserta mandiri maupun pesan BPJS perusahaan atau badan usaha.

Untuk bisa memperoleh informasi BPJS yang anda butuhkan melalui layanan SMS, anda hanya perlu mengirimkan pesan SMS ke nomer 08777-5500-400 dengan format yang sudah ditentukan. Berikut ini adalah beberapa format layanan SMS Gateway yang bisa anda gunakan :

Format Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Ketik “TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN” Contoh : TAGIHAN 0001260979209
Kirim ke : 087775500400

Format Cek Informasi Data Kepesertaan

Untuk pengecekan data kepesertaan, ada 3 format yang bisa digunakan berdasarkan nomer identitas peserta, yaitu :

Menggunakan nomor KTP

Ketik “NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN” Contoh : NIK 357303030987
Kirim ke : 087775500400

Menggunakan No Kartu BPJS

Ketik “NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN” Contoh : NOKA 0001260979209
Kirim ke : 087775500400

Menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP)

Ketik “NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI” Contoh : NIP 1962061119880001009
Kirim ke : 087775500400

BPJS Kesehatan memiliki aplikasi resmi di perangkat Android yang bernama Mobile JKN. Aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play ini bisa pula dimanfaatkan untuk cek iuran bulanan dengan cara sebagai berikut:

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi

Untuk meningkatkan mutu pelayanan, BPJS Kesehatan resmi merilis aplikasi BPJS berbasis android yang bernama Mobile JKN. Aplikasi BPJS ini bisa anda unduh gratis di Play Store.

Setelah anda mengunduh dan menginstall di smartphone android anda, aplikasi ini bisa anda gunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi seperti cek pembayaran tagihan BPJS Kesehatan. Berikut langkah-langkahnya :

  • Download dan instal aplikasi Mobile JKN bagi yang belum memiliki
  • Buka aplikasi tersebut kemudian login
  • Pada halaman selanjutnya tap Tagihan
  • Untuk melihat rincian informasi tagihan tap Premi

Selain memberikan kemudahan dalam membayar iuran, pemerintah juga memberikan kemudah untuk memperoleh informasi seperti pengecekan tagihan BPJS. Ini juga merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam memberikan layanan jaminan kesehatan. Demikian 3 cara cek tagihan BPJS Kesehatan dengan mudah dan simple. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi anda peserta BPJS Kesehatan.