Apa, Lupa? Ini Solusi Cepat dan Cara Cek Nomor BPJS Anda

Posted on

Selama menjadi peserta BPJS baik Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, anda akan mendapatkan kartu BPJS sebagai bukti kepesertaan dan sebagai kartu identitas peserta BPJS.

Kartu BPJS ini harus disimpan baik-baik jangan sampai hilang, karena untuk bisa menggunakan layanan kesehatan dari BPJS, peserta harus menunjuk kartu BPJS terlebih dahulu.

Pada kartu BPJS terdapat nomor BPJS atau nomor virtual account dari peserta yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulan. Nomor BPJS ini juga digunakan untuk mengecek tagihan BPJS dan beberapa informasi penting lainnya seputar layanan kesehatan dari BPJS.Cara Mengetahui Nomor BPJS Karena Lupa

Lalu bagaimana dengan peserta yang kehilangan kartu dan lupa dengan nomor BPJS nya?. Tentu peserta bisa terlambat dalam membayar iuran BPJS, yang mungkin bisa mengakibatkan penonaktifan akun sehingga peserta tidak bisa menggunakan layanan kesehatan dari BPJS.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk mengetahui nomor BPJS adalah dengan mengunjungi kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal anda. Namun, kalau hanya untuk cek nomor BPJS saja, cara ini kurang efisien, dimana anda harus berpanas-panasan dan rela mengantri panjang.

Sebenarnya ada cara lebih mudah yang bisa anda pilih untuk mengetahui nomor BPJS yang hilang ataupun lupa, yaitu secara online melalui situs resmi BPJS, layanan SMS, melalui Call Center dan melalui aplikasi Mobile JKN. Cara ini lebih mudah dan efisien karena bisa lakukan dimana saja dan kapan saja.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Melalui Website

  • Buka website BPJS https://bpjs-kesehatan.go.id/
  • Klin menu pada bilah sisi kanan dan klik menu “Cek Iuran Peserta”Cara Cek Nomor BPJS Melalui Website 2
  • Gunakan nomor kartu BPJS dari salah satu anggota keluarga yang juga peserta BPJS (dalam satu KK)Cara Cek Nomor BPJS Melalui Website
  • Isi dengan nomor BPJS dari anggota keluarga
  • Isi tanggal lahir sesuai kartu BPJS
  • Masukkan angka validasi
  • Klik Cek

Jika data sudah diisi dengan benar, maka sistem akan menampilkan data dari peserta BPJS. Data tersebut meliputi Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jumlah anggota keluarga dan informasi lainnya.Cara Cek Nomor BPJS Melalui Website 3

Dari informasi yang ditampilkan oleh sistem, anda bisa melihat nomor BPJS anda sendiri. Silahkan catat dan simpan baik-baik nomor BPJS anda.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Melalui Layanan SMS Gateway

Layanan SMS Gateway ini bisa anda gunakan untuk mendapatkan informasi seputar layanan BPJS seperti cek tagihan BPJS dan cek nomor BPJS. Bagi anda yang kehilangan atau lupa dengan nomor BPJS, anda bisa menggunakan layanan ini untuk mengetahui nomor BPJS anda. Ada 2 cara yang bisa anda gunakan, yaitu :

Cara Mengetahui Nomor BPJS Dengan KTP

Ketik “NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN” Contoh : NIK 357303030987
Kirim ke : 087775500400

Cara Mengetahui Nomor BPJS Dengan Nomor Induk Pegawai (NIP)

Ketik “NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI” Contoh : NIP 1962061119880001009
Kirim ke : 087775500400

Cara Mengetahui Nomor BPJS Melalui Call Center

Selain melalui website dan layanan SMS, anda bisa menggunakan layanan customer service BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan. Anda bisa menghubungi Call Center BPJS Kesehatan dengan Nomor 1500400 dan Call Center BPJS Ketenagakerjaan dengan Nomor 1500910 selama selama jam kantor.

Hubungi nomer Call Center tersebut dan tanyakan nomor BPJS anda. Petugas akan mendata berdasarkan data diri dan siapkan nomor KK atau nomor KTP untuk membantu proses agar lebih cepat. Tulis atau catat nomor BPJS anda dan simpan baik-baik.

Cara Mengetahui Nomor BPJS Melalui Aplikasi Mobile JKN

  • Download dan install aplikasi Mobile JKN
  • Buka aplikasi dan login bila sudah terdaftar
  • Jika belum terdaftar, lakukan pendaftaran sesuai prosedur
  • Buka menu fitur PesertaCara Cek Nomor BPJS Melalui Aplikasi
  • Pilih jenis kartu yang digunakan untuk pengecekan. Ada 3 pilihan yaitu kartu BPJS, Kartu KTP dan KKCara Cek Nomor BPJS Melalui Aplikasi 2
  • Masukan nomor kartu yang anda pilih dan tap cari
  • Sistem akan menampilkan informasi kepesertaan anda seperti nama, nomor BPJS, kelas, jenis peserta dan faskes 1Cara Cek Nomor BPJS Melalui Aplikasi 3

Demikian cara mengetahui nomor BPJS karena kartu hilang atau lupa. Agar kartu anda tidak hilang, simpan dengan baik di tempat yang aman. Sehingga apabila anda lupa nomor BPJS sendiri, anda tinggal cek langsung dengan melihat kartu BPJS anda.