Cara Cek Kartu BPJS Sudah Aktif Apa Belum

Agar bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan, pastikan kartu peserta BPJS Kesehatan dalam keadaan aktif. Jika kartu tersebut masih belum aktif (bagi peserta yang baru mendaftar) maka kartu masih belum bisa digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Untuk itu, pengecekan status kepesertaan setelah pendaftaran wajib dilakukan, terutama bagi peserta mandiri. Dalam kasus ini, BPJS memberlakukan dua status kepesertaan untuk pesertanya, yaitu peserta aktif dan peserta non-aktif.

Jika peserta aktif maka kartu BPJS Kesehatan bisa digunakan untuk berobat. Apabila peserta non-aktif, maka kartu BPJS Kesehatan masih belum bisa digunakan. Lalu, bagaimana Cara Cek Kartu BPJS Sudah Aktif Apa Belum? Berikut ulasannya.Cara Cek Kartu BPJS Kesehatan Sudah Aktif Apa Belum

Cara Cek Kartu BPJS Sudah Aktif Apa Belum

Pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan 4 cara yaitu melalui situs resmi BPJS Kesehatan, aplikasi, SMS dan call center. Untuk persyaratan yang dibutuhkan dalam pengecekan, peserta hanya membutuhkan nomor kartu BPJS, KTP dan atau Nomor Induk Pegawai.

Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Melalui Online

Peserta cukup mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan untuk melalukan pengecekan dan mengikuti prosedur yang berlaku. Berikut adalah langkah pengecekan status kepesertaan BPJS melalui online.

Cara Cek Kartu BPJS Sudah Aktif Apa BelumSelanjutnya layar akan menunjukan informasi mengenai kepesertaan mulai dari status hingga tagihan. Apabila status menunjukan Aktif, selamat anda sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan bisa menggunakan kartu BPJS untuk berobat.

Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Melalui Aplikasi Mobile JKN

Untuk pengecekan melalui aplikasi, anda harus mendownload aplikasi Mobile JKN di playstore untuk android dan appstore untuk iphone. Kemudian lakukan pendaftaran akun untuk menggunakan fitur aplikasi Mobile JKN.

  • Buka aplikasi, dan pilih menu “Register”.
  • Isi form pendaftaran sesuai dengan data peserta BPJS seperti nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor handphone, dan password. Email dan nomor handphone harus sesuai dengan data yang sama saat mendaftar BPJS Kesehatan.
  • Klik menu “Register” jika form sudah diisi dengan benar.
  • Aplikasi akan menampilkan form verifikasi yang harus diisi dengan kode unik. Kode akan dikirim ke email yang sudah didaftarkan.
  • Buka email dan masukan kode verifikasi kemudian klik “Verify”.
  • Jika sudah terverifikasi, aplikasi akan kembali ke menu utama yang menampilkan beberapa fitur Mobile JKN.

Untuk pengecekan status kepesertaan, ikuti langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi dan klik “Login”.
  • Pilih menu “Peserta”.
  • Aplikasi akan menunjukan informasi mengenai status kepesertaan BPJS Kesehatan diri sendiri dan anggota keluarga.

Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Melalui SMS Gateway

Pengecekan status kepesertaan juga bisa dilakukan melalui fitur SMS Gateway. Dengan fitur ini peserta juga bisa mendapatkan informasi seputar BPJS Kesehatan. Untuk bisa menggunakan fitur SMS Gateway, peserta harus mengirimkan pesan dengan format tertentu yang diikuti dengan nomor kartu BPJS atau NIP atau KTP. Berikut contoh format SMS Gateway untuk pengecekan status kepesertaan.

  • NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
    Contoh : NOKA 0001260979209
    Kirim ke : 087775500400
  • NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI
    Contoh : NIP 1962061119880001009
    Kirim ke : 087775500400
  • NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (no KTP)
    Contoh : NIK 357303030987
    Kirim ke : 087775500400

Cara Cek Status Kepesertaan BPJS Melalui Call Center

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk pengecekan status kepesertaan adalah dengan menghubungi call center BPJS Kesehatan yaitu 1500400. Anda akan dihubungkan dengan costumer service BPJS Kesehatan dan uraikan keperluan anda.

Untuk pengecekan status kepesertaan, anda harus menyebutkan nomor BPJS dan atas nama. Kemudian pihak BPJS akan mendata dan anda akan diberikan informasi mengenai status kepesertaan anda.

Setelah mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan anda sudah aktif, anda bisa menggunakan kartu BPJS untuk mendapatkan layanan kesehatan. Namun anda juga harus mematuhi peraturan yang berlaku dan rutin membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan.

error: Content is protected !!