Begini Caranya Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif atau Tidak

Kemajuan teknologi yang kian pesat, membuat banyak orang mengandalkan smartphone dan jaringan internet untuk membantu kegiatan sehari-hari. Baik untuk memenuhi kebutuhan hingga keperluan pekerjaan. Untuk meningkatkan kualitas layanan, BPJS juga mengembangkan sistem yang bisa diakses melalui internet.

Sehingga masyarakat tidak harus lagi datang ke kantor BPJS untuk mengurus keperluan mengenai BPJS. Sekarang ada banyak layanan BPJS yang bisa diakses via internet maupun sms. Salah satunya adalah cek kartu BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi salah satu informasi penting bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.Cara Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek Kartu BPJS Ketenagakerjaan Masih Aktif atau Tidak

Biasanya bagi karyawan yang sudah resign lama dari perusahaan tempat bekerja, ingin melakukan pengecekan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan apakah masih aktif atau tidak. Bila masih aktif, bisa segera melakukan perubahan menjadi peserta mandiri. Bila sudah tidak aktif, bisa dilakukan pengaktifan kembali sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Sebenarnya, status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta PPU akan non aktif ketika peserta resign dari perusahaan tempat bekerja. Apabila peserta mengalami PHK, maka status kepesertaan BPJS masih aktif dan tetap memperoleh manfaat jaminan kesehatan paling lama 6 (enam) bulan sejak di PHK tanpa membayar iuran.

Dikarenakan pada BPJS Ketenagakerjaan terdapat saldo yang bisa dicairkan dalam bentuk uang, anda harus melakukan pengecekan kepesertaan terlebih dahulu sebelum mencairkannnya.

Cara mengecek kartu BPJS Ketenagakerjaan cukup mudah karena bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu via situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, via aplikasi android dan ios, via sms dan via call center. Ini merupakan salah satu layanan dari BPJS untuk memudahkan peserta dalam melakukan pengecekan kepesertaan.

Baca Juga : Prosedur Pindah Status Kepesertaan dari BPJS Perusahaan ke Mandiri

Via Situs Resmi

Untuk melakukan pengecekan kepesertaan, anda bisa mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Namun sebelumnya pastikan anda sudah terhubung dengan jaringan internet baik paket data maupun wifi. Setelah itu, ikuti langkah dibawah ini :

  • Kunjungi situs resmi https://bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Pilih menu Layanan Peserta
  • Pilih menu Tenaga Kerja dan Klik Tombol Masuk
  • Anda akan diberikan dua pilihan layanan yaitu BPJSTKU dan Antrian Online, pilih layanan BPJSTKU
  • Masukkan email dan kata sandi. Bila belum memiliki akun BPJSTKU lakukan pendaftaran dengan klik Daftar Pengguna dan isi sesuai dengan kartu BPJS Ketenagakerjaan anda.
  • Buka email untuk aktivasi akun BPJS Online
  • Klik profile untuk melihat status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Via Aplikasi BPJSTKU

Sebelum melakukan pengecekan kartu BPJS Ketenagakerjaan, anda harus mendownload aplikasi BPJSTKU di playstore untuk android dan Appstore untuk IOS. Pastikan smartphone juga sudah terhubung dengan jaringan internet. Setelah itu ikuti langkah berikut ini :

  • Install aplikasi BPJSTKU di smartphone
  • Lakukan login bila sudah memiliki aku. Apabila anda belum memiliki aku BPJSTKU, klik “Buat Akun” dan ikuti prosedur sesuai petunjuk dari aplikasi, atau anda juga bisa membaca artikel Cara Daftar Akun BPJSTKU
  • Jika sudah berhasil masuk, anda akan disuguhkan menu home dari aplikasi
  • Untuk mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, pilih menu profile dan masukkan 6 (enam) digit nomer pin aplikasi yang sudah dibuat
  • Anda akan dibawa ke menu status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan miliki anda

Via SMS

Bagi anda yang tidak tersambung dengan jaringan internet, anda bisa melakukan pengecekan via sms dengan mengirim ke 2757. Anda akan dikenakan biaya Rp. 165 untuk setiap layanan sms yang anda gunakan. Namun sebelumnya, siapkan kartu BPJS anda yang nantinya akan digunakan untuk pengecekan status kepesertaan anda.

Apabila nomor hp anda belum terdaftar pada layanan SMS gateway, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara ketik :

DAFTAR(spasi)SALDO#NOMOR KTP#NAMA PESERTA#TANGGAL LAHIR (DD-MM-YYYY)#NO BPJS/ JAMSOSTEK Lalu kirim ke 2757.

Contoh :
DAFTAR SALDO#1401073010890002#BASKORO#30-10-1989#11025697118001#baskorocaem@gmail.com

Setelah nomor hp sudah terdaftar, anda sudah bisa menggunakan layanan SMS gateway. Untuk pengecekan status BPJS Ketenagakerjaan via sms, caranya dengan ketik :

Baca Juga : Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Hilang Atau Rusak

STATUS(spasi)TK#NO. PESERTA Kirim ke 2757

Contoh :
STATUS TK#11025697118001

Via Call Center

Bagi anda yang tidak ingin berlama-lama dan ingin segera mengetahui status BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau tidak, anda bisa menghubungi langsung call center BPJS Ketenagakerjaan yaitu 1500910 dengan tarif nasional. Petugas yang bersangkutan akan membantu anda untuk mendapatkan informasi mengenai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

error: Content is protected !!