Mudahnya Bayar Iuran BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart

Posted on

Dalam upaya meningkatkan standart kesehatan, pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Bukan hanya untuk warga negara Indonesia saja, namun warga negara asing yang sudah tinggal dan bekerja di Indonesia minimal 6 bulan juga wajib mendaftar sebagai peserta BPJS.

Dengan mengikuti program BPJS, peserta akan mendapatkan jaminan kesehatan berupa penanggungan biaya pengobatan dan perawatan oleh BPJS Kesehatan. Proses pendaftaran peserta BPJS juga tidaklah terlalu sulit.

Anda cukup mengunjungi kantor BPJS terdekat dengan tempat tinggal anda dan mengikuti prosedur pendaftaran dari petugas. Anda juga bisa melakukan pendaftaran secara online dengan mengunjungi website BPJS.Cara Bayar Iuran BPJS Lewat Indomaret dan Alfamart

Setelah resmi menjadi anggota peserta BPJS, tentu anda memiliki kewajiban yang harus dilakukan yaitu membayar iuran BPJS, terutama bagi peserta BPJS Kesehatan mandiri. Besar kecilnya jumlah iuran yang harus dibayar berdasarkan kelas perawatan yang diambil dan jumlah keluarga yang menjadi peserta BPJS.

Pembayaran BPJS Kesehatan dilakukan rutin setiap bulan dan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Apabila peserta telat membayar iuran, maka kartu BPJS akan dinonaktifkan dan tidak dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS.

Untuk memberikan kemudahan peserta dalam membayar iuran, pemerintah sudah bekerja sama dengan beberapa minimarket seperti Indomaret dan Alfamart sebagai penyedia jasa dan fasilitas pembayaran iuran. Cara membayar BPJS di Indomaret atau Alfamart menjadi salah satu alternatif pembayaran iuran selain melalui ATM.

Dimana pada saat awal BPJS mulai beroperasi, pembayaran iuran BPJS hanya bisa dilakukan melalui ATM. Dengan adanya proses pembayaran ini, sangat membantu sekali terutama bagi peserta yang mengambil kelas 3, dimana tidak diwajibkan untuk memiliki rekening tabungan. Fasilitas pembayaran iuran BPJS di Alfamart dan Indomaret ini bisa digunakan oleh seluruh peserta BPJS mandiri.

Bagi anda yang merupakan peserta BPJS mandiri dan mengambil kelas 3, cara ini bisa anda gunakan untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan. Untuk prosedur dan langkah-langkah yang harus dilakukan, anda bisa mengikutinya dibawah ini :

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Lewat Indomaret dan Alfamart

Berikut ini adalah prosedur dan langkah-langkah dalam melakukan pembayaran iuran BPJS melalui Indomaret dan Alfamart :

  • Bawa Kartu BPJS Kesehatan anda
  • Datang ke Gerai Alfamart atau Indomaret terdekat dengan tempat tinggal anda
  • Beritahu kepada petugas kasir bahwa anda ingin membayar iuran BPJS Kesehatan
  • Petugas akan membantu proses pembayaran dengan menanyakan nomer BPJS atau Virtual Account anda beserta nomer telpon
  • Lakukan pembayaran dengan jumlah yang sesuai dengan kelas yang diambil dan jumlah anggota yang menjadi peserta BPJS
  • Proses pembayaran ini akan dikenakan biaya tambahan atau biaya admin sebesar Rp. 2,500
  • Jika petugas selesai melakukan transaksi pembayaran iuran, anda akan mendapatkan struk sebagai bukti bahwa transaksi telah berhasil dilakukan
  • Ambil dan simpan bukti pembayaran tersebut

Pembayaran iuran BPJS harus rutin anda lakukan setiap bulan untuk mendapatkan jaminan kesehatan yang diberikan. Dengan iuran yang murah, anda sudah mendapatkan layanan kesehatan yang layak dengan fasilitas yang bagus. Jadilah warga negara yang pintar dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan.