Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Secara Autodebet

Bagi anda yang malas pergi ke atm hanya untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, ataupun sering kelupaan, BPJS menyediakan fasilitas pembayaran autodebet. Fasilitas ini untuk memudahkan peserta dalam membayar iuran, sehingga bisa menekan keterlambatan pembayaran iuran BPJS.

Fasilitas autodebet dari BPJS Kesehatan secara resmi bisa digunakan per 1 Mei 2018. Sayangnya fasilitas ini masih belum berjalan dengan sepenuhnya dikarenakan ada beberapa kendala. Mulai dari sistem yang belum baik hingga kurangnya penyuluhan kepada peserta BPJS.

Untuk memperkuat implementasi pembayaran melalui autodebit BPJS meningkatkan kerjasama dengan bank melalui penandatanganan surat Edaran Bersama tentang Implementasi Layanan Autodebit Untuk Pembayaran Iuran Peserta Program JKN-KIS. Dengan begitu sistem pembayaran autodebet bisa lebih optimal.Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Secara Autodebet

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Secara Autodebet

Sistem pembayaran iuran secara autodebet dari BPJS akan diterapkan pada awal tahun depan. Sistem autodebet akan diterapkan kepada seluruh peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah dan peserta Mandiri. Diharapkan dengan sistem ini peserta tidak terlambat membayar iuran BPJS Kesehatan.

Mekanisme pembayaran iuran melalui autodebet sangatlah mudah. Peserta cukup mendatangi kantor Bank yang bekerjasama dengan BPJS dan membawa buku tabungan, data diri (KTP) serta kartu BPJS Kesehatan. Berikut adalah prosedur pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui autodebet.

  • Datang ke kantor Bank
  • Uraian keperluan kepada petugas
  • Daftarkan diri dengan mengisi formulir kesediaan membayar iuran melalui autodebit
  • Serahkan formulir beserta dokumen pendukung seperti buku tabungan, KTP dan kartu BPJS

Pada saat proses pendaftaran autodebet, pastikan nomor rekening yang digunakan benar atau sesuai atau sama dengan data di BPJS Kesehatan, sehingga tidak terjadi kesalahan pendebitan. Pendaftaran autodebet juga bisa dilakukan di kantor cabang BPJS. Kemudian BPJS Kesehatan akan menyampaikan ke bank yang bersangkutan.

Pembayaran autodebet selain bisa dilakukan melalui bank yang bekerjasama dengan BPJS, juga bisa dilakukan tanpa rekening bank yaitu melalui uang elektronik mobile cash. Ini bisa menjadi solusi bagi peserta yang tidak memiliki rekening bank.

Sistem mobile cash ini merupakan sistem pembayaran iuran BPJS yang dikembangkan oleh PT Finnet Indonesia. Sistem tersebut tidak jauh berbeda dengan autodebet pada umunya, hanya saja mobile cash tidak menggunakan rekening bank.

Untuk mendaftar Mobile Cash, peserta cukup menghubungi *141*999# (khusus untuk pengguna Telkomsel dan Indosat) lalu memilih menu daftar. Kemudian peserta akan mendapatkan informasi seputar data diri dan kode untuk mengisi saldo mobile cash.

Pengisian saldo bisa dilakukan di Kantor Pos, Alfamart, Indomaret, jejaring Apotek Sanafarma di seluruh Indonesia dengan menyebutkan noomor peserta dan nomor telepon. Jika saldo kurang atau habis, peserta akan diberitahu melalui sms agar segera mengisi ulang saldo. Sehingga pembayaran autodebet via mobile cash bisa dilakukan.

Sistem autodebet memang memberikan banyak kemudahan bagi peserta. Peserta tidak perlu lagi datang dan mengantri ke ATM atau gerai minimarket untuk membayar iuran BPJS. Namun, pastikan anda memiliki saldo yang cukup agar pendebitan bisa dilakukan.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu anda yang ingin menggunakan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui autodebet. Terima kasih.

error: Content is protected !!