Biar Tidak Salah Pilih!! Ketahui Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Posted on

Memiliki asuransi kesehatan atau health insurance sekarang bukanlah sebuah kebutuhan yang mewah lagi. Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan, mulai dari perlindungan kesehatan, kemudahan dalam klaim asuransi hingga layanan perlindungan tambahan lainnya.

Secara umum, konsep asuransi kesehatan ini akan menjamin atau memberikan perlindungan kesehatan apabila tertanggung sakit atau mengalami kecelakaan selama masa polis asuransi berjalan.

Perusahaan asuransi akan menganti rugi atau membiayai pengobatan tertanggung selama dirumah sakit. Untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, nasabah atau pemegang polis asuransi kesehatan diwajibkan membayar premi asuransi secara berkala.

Besar premi yang akan dibayar, ditentukan berdasarkan beberapa kondisi nasabah seperti usia, tingkat risiko, kesehatan, riwayat penyakit, manfaat tambahan dan lainnya. Agar memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik, perusahaan asuransi juga menawarkan beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

Pemilihan jenis asuransi ini sangat penting, karena agar manfaat asuransi kesehatan bagi masyarakat bisa benar-benar dirasakan. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Jenis Asuransi Kesehatan Yang Ada di Indonesia

Tingginya biaya pengobatan dan perawatan ketika sakit, merupakan masalah umum yang paling sering di alami oleh banyak orang. Dengan adanya asuransi kesehatan, anda tidak perlu bingung lagi memikirkan biaya yang harus anda keluarkan untuk berobat.

Agar tertanggung bisa benar-benar mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, perusahaan asuransi memberikan 5 jenis asuransi kesehatan berdasarkan kebutuhan.

Diantaranya ada Asuransi Kesehatan Berdasarkan Perawatan, Berdasarkan Keikutsertaan Anggota, Berdasarkan Biaya yang Ditanggung, Berdasarkan Pihak Tertanggung dan Berdasarkan Cara Klaim Asuransi.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Perawatan

Asuransi Kesehatan rawat inap (in-patient treatment)

Jenis asuransi kesehatan yang diambil apabila tertanggung sakit dan diwajibkan untuk opname. Perusahaan asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan meliputi biaya rumah sakit, biaya laboratorium, biaya obat dan biaya lainnya.

Asuransi Kesehatan rawat jalan (out-patient treatment)

Asuransi kesehatan yang akan membiayai beberapa biaya perawatan seperti pelayanan medis seperti pengamatan, rehabilitasi, diagnosa, pengobatan, dan pelayanan kesehatan lainnya yang tidak mengharuskan tertanggung untuk opname.Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Keikutsertaan Anggota

Asuransi Kesehatan Wajib

Untuk memberikan ketenangan karyawan selama bekerja, biasanya beberapa perusahaan akan mewajibkan karyawannya untuk mengikuti program asuransi kesehatan yang sesuai dengan peraturan perusahaan. Premi yang harus dibayar, diambil dari potongan gaji karyawan tersebut.

Asuransi Kesehatan Sukarela

Sesuai dengan namanya, asuransi ini tidak mewajibkan anda untuk mengikuti program yang dimiliki. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai asuransi mandiri karena biaya premi dibayar sendiri oleh nasabah secara mandiri.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Asuransi Kesehatan Tanggungan Total

Pada jenis asuransi ini, perusahaan asuransi akan menanggung seluruh biaya pengobatan dan perawatan nasabah. Mulai dari biaya rawat inap, biaya rawat jala dan biaya lainnya sesuai dengan yang tertera didalam polis asuransi.

Asuransi Kesehatan Tanggungan Tinggi Saja

Untuk jenis asuransi kesehatan tanggungan tinggi saja, perusahaan asuransi hanya akan menanggung beberapa biaya yang tergolong besar saja. Biaya dengan jumlah kecil seperti pemeriksaan, diagnosa dan lainnya tidak akan ditanggung.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak Tertanggung

Asuransi Kesehatan Individu

Jenis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada satu individu (pribadi) saja sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.Jenis Jenis Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan Kelompok

Jenis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan kepada kelompok atau organisasi tertentu (anggota) sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Besar premi dihitung berdasarkan jumlah anggota yang mengikuti program asuransi kesehatan tersebut.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Cara Klaim Asuransi

Asuransi Kesehatan Pengembalian (Reimbursement)

Pada jenis asuransi kesehatan ini, biaya pengobatan ditanggung dahulu oleh pemilik polis asuransi dengan uang pribadi. Kemudian biaya pengobatan tersebut dilaporkan kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan dengan membawa bukti pembayaran atau struk untuk mendapatkan ganti rugi.

Asuransi Kesehatan Tunai (Cashless)

Jenis asuransi kesehatan ini akan membayar biaya pengobatan secara langsung kepada rumah sakit yang memiliki kontrak kerja sama dengan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Biasanya, nasabah tinggal menunjukkan kartu anggota asuransi ke bagian administrasi rumah sakit yang dituju.

Mendapatkan pengobatan dan perawatan yang layak ketika sakit adalah harapan setiap orang. Proses penyembuhan juga akan semakin cepat dan pasien bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Untuk bisa menikmati itu semua, tentu anda harus memilih asuransi kesehatan terbaik dengan manfaat dan kemudahan yang diberikan. Pilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda dalam membayar premi. Perhatikan poin penting tersebut sebelum membeli asuransi kesehatan.