Beralih Kepesertaan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 Tahun Yang Sudah Bekerja

Posted on

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, BPJS memberikan kebijakan terkait kepesertaan anak peserta BPJS PPU pada usia 21 tahun. Apabila si anak sudah berusia 21 tahun atau sebelum 25 tahun dan masih kuliah, maka kepesertaan cukup diperpanjang saja dan masih menjadi tanggungan orang tua.

Sedangkan apabila anak sudah bekerja di usia 21 tahun, maka kepesertaan harus di alihkan menjadi peserta mandiri atau peserta PPU di tempat dia bekerja. Dengan begitu anak masih bisa mendapatkan layanan kesehatan dari BPJS.

Untuk menghindari penonaktifan sepihak dari BPJS, maka orang tua dan si anak harus segera melapor untuk melakukan pembaruan data baik perubahan status maupun perpanjangan. Jika tidak segera melapor, pihak BPJS akan menganggap si anak bukan lagi menjadi tanggungan orang tua dan kemungkinan terburuk adalah penonaktifan kartu BPJS.Beralih Kepesertaan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 Tahun Yang Sudah Bekerja

Prosedur Peralihan Kepesertaan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 Tahun Yang Sudah Bekerja

Peralihan kepesertaan ini maksudnya adalah anak bukan lagi tanggungan orang tua karena anak sudah bekerja. Jadi nantinya anak akan menanggung sendiri biaya iuran BPJS setiap bulan.

Baca Juga : Cara Mendaftarkan Bayi Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Sama seperti status kepesertaan dari peserta lainnya, status kepesertaan anak bisa dialihkan menjadi dua jenis yaitu peserta mandiri atau peserta PPU. Untuk beralih menjadi peserta mandiri, anak harus melengkapi dokumen persyaratan sebagai berikut :

  • Kartu BPJS anak
  • Fotocopy Kartu Keluaga (KK)
  • Fotocopy buku tabungan (Mandiri, BRI, BNI)
  • Pas Poto 3×4 2 (dua) lembar
  • * Nota pembayaran iuran BPJS 3 bulan terakhir untuk beralih menjadi peserta PPU

Untuk prosedur yang harus di tempuh ada dua jenis. Prosedur pertama untuk beralih menjadi peserta mandiri, anak (peserta) harus datang ke kantor cabang BPJS setempat. Uraikan keperluan kepada petugas atau bagian informasi.

Isi formulir dengan lengkap dan teliti. Jika sudah diisi tunggu sampai nomor antrian di panggil oleh petugas . Serahkan formulir peralihan kepada petugas BPJS beserta dokumen persyaratan.

Sedangkan untuk prosedur beralih menjadi peserta PPU, anak (peserta) tidak perlu datang ke kantor BPJS. Cukup bilang ke bagian HRD tempat bekerja bahwa ingin beralih status kepesertaan. Bagian HRD nantinya yang akan mengurus keperluan peralihan status anak.

Baca Juga : Perpanjang Status Kepesertaan Anak Peserta BPJS PPU Usia 21 Yang Masih Kuliah

Tentu dokumen persyaratan juga diserahkan kepada bagian HRD akan proses peralihan lebih cepat. Nantinya setelah melakukan proses perlaihan kepesertaan, anak akan mendapatkan kartu BPJS baru sesuai dengan status kepesertaan yang sudah diperbarui.