Apakah Scaling Gigi Ditanggung BPJS Kesehatan?

Posted on

Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah anda bisa mendapatkan layanan perawatan gigi secara gratis dengan prosedur yang sudah ditentukan.

Kurang lebih ada 9 jenis perawatan gigi yang bisa anda dapatkan. Salah satunya adalah scaling gigi. Scaling gigi adalah proses membersihkan dan menghilangkan plak dan karang pada gigi. Perawatan ini merupakan salah satu prosedur perawatan gigi yang paling umum dilakukan.

Dengan scaling gigi, anda bisa menjaga kesehatan gigi dan tetap pede saat tersenyum. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa BPJS Kesehatan juga menanggung biaya scaling gigi. Sehingga layanan ini jarang digunakan oleh peserta BPJS Kesehatan.Apakah Scaling Gigi Ditanggung BPJS Kesehatan

Apakah Scaling Gigi Ditanggung BPJS Kesehatan

Bila masih ada yang bertanya tentang scaling gigi apakah ditanggung BPJS Kesehatan? jawabannya adalah iya. Berdasarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat (1), scaling gigi bisa dilakukan hanya 1 kali dalam setahun dan tidak mesti indikasi gawat darurat.

Prosedur scaling gigi BPJS Kesehatan juga cukup mudah, anda cukup mendatangi Faskes tingkat 1 atau klinik dokter gigi. Jangan lupa membawa kartu BPJS Kesehatan anda untuk pendaftaran dan administrasi. Dengan begitu biaya scaling gigi bisa ditanggung BPJS Kesehatan secara penuh.

Dimana biasanya dalam 1 kali scaling gigi biaya yang harus dikeluarkan mulai dari 300 ribu hingga 800 ribu sesuai dengan kebijakan rumah sakit atau klinik dokter gigi. Dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan, anda tidak perlu bingung dan menanggung biaya tersebut karena sudah ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Setelah melakukan prosedur scaling gigi, jagalah gigi dengan rutin menggosok gigi dan rutin mengganti sikat gigi. Bila perlu, bersihkan sela gigi menggunakan benang gigi. Ini juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah plak pada gigi.

Plak gigi sendiri merupakan sebuah lapisan tipis berwarna kuning atau putih. Plak terbentu akibat bakteri pada mulut becampur dengan sisa makanan yang tertinggal didalam mulut. Jika plak dibiarkan terus akan menjadi karang gigi.

Karang gigi yang tidak segera dibersihkan bisa mengakibatkan periodontitis (infeksi gusi), kerusakan gigi, atau bahkan hilangnya gigi. Untuk itu perawatan gigi secara rutin wajib dilakukan.

Jangan ragu lagi untuk melakukan perawatan gigi seperti scaling gigi menggunakan BPJS Kesehatan. Nikmati layana kesehatan lainnya dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. Segera daftarkan diri dan keluarga.