Masih Ragu Pilih Asuransi Kesehatan ? Ketahui Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Posted on

Berbicara mengenai asuransi kesehatan, sepertinya tidak akan pernah habisnya. Banyaknya pro dan kontra yang terjadi di kalangan masyarakat membuat perdebatan ini tidak bisa terselesaikan.

Ada yang menerima asuransi dan ada yang menolaknya. Kurangnya edukasi, membuat banyak orang masih meragukan akan manfaat asuransi kesehatan yang diberikan.

Banyak orang yang merasa dirugikan ketika memiliki asuransi kesehatan. Mulai dari premi asuransi yang mahal hingga pelayanan klaim asuransi yang cukup ribet. Inilah salah satu alasan mengapa perlu mempelajari asuransi.

Selain agar tidak terjadi kesalahpahaman, anda juga bisa memiliki asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dari segi perlindungan hingga kemampuan keuangan dalam membayar premi disetiap bulannya.

Perlu anda ketahui, pengetahuan akan asuransi kesehatan dimasyarakat masihlah kurang. Ini membuat pengguna jenis asuransi ini sangatlah kecil. Di Indonesia senidir, kurang dari 60% penduduknya belum terproteksi oleh asuransi kesehatan.

Berbeda dengan negara maju, dimana kesadaran masyarakat disana akan pentingnya asuransi kesehatan bagi masyarakat sudah tinggi. Mereka sudah memahami betul apa itu asuransi dan manfaat apa saja yang akan didapatkan.

Agar tidak kalah dengan negara maju, edukasi tentang asuransi terus digiatkan oleh pemerintah. Mulai dari program wajib asuransi seperti BPJS hingga seminar asuransi yang sudah banyak dilakukan diberbagai daerah.

Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi KesehatanAlasan Memiliki Asuransi Kesehatan

Beberapa dari anda mungkin masih memiliki banyak pertanyaan mengenai asuransi kesehatan. Seperti seberapa penting asuransi kesehatan? mengapa orang butuh asuransi? kenapa asuransi kesehatan itu penting? dan beberapa pertanyaan lainnya yang masih menggangun dipikiran anda.

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak lepas dari risiko yang dihadapi. Apa itu risiko? risiko adalah suatu kejadian yang tidak terduga yang dapat mengakibatkan kerugian finansial dan kerugian lainnya. Selain risiko, ada beberapa poin yang menjadi alasan pentingnya asuransi dalam kehidupan. Apa sajakah itu? berikut penjelasannya.

Biaya Kesehatan Semakin Mahal

Besarnya biaya pengobatan dan perawatan menjadi masalah pokok bagi masyarakat Indonesia. Berbagai macam solusi diberikan pemerintah, mulai dari asuransi murah dari pemerintah seperti BPJS hingga KIS (Kartu Indonesia Sehat).

Perlu diketahui, biaya kesehatan di Indonesia, setiap tahun mengalami kenaikan hingga 125%. Bahkan biaya-biaya ini bisa lebih tinggi dari gaji yang didapatkan. Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana susahnya orang yang dengan gaji pas-pasan harus membiayai pengobatan dirinya sendiri atau orang yang dicintai.

Risiko Sakit Tidak Bisa Diprediksi

Memiliki badan yang sehat tentu idaman setiap orang. Berbagai cara digunakan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Mulai dari olah raga, makan-makanan sehat dan bergizi hingga meminum suplem vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh.Alasan Penting Memiliki Asuransi Kesehatan

Namun sayangnya, meskipun berbagai usaha dilakukan, masih ada saja penyakit yang bisa masuk kedalam tubuh dan menyerangnya. Ini membuktikan bahwa penyakit, virus dan lainnya tidak bisa diprediksi akan kedatangannya.

Persiapan mengahadapi penyakit mau tidak mau harus dihadapi. Untuk itu diperlukan asuransi kesehatan yang akan melindungi dan menjamin kesehatan anda.

Mempersiapkan Diri Apabila Memiliki Riwayat Keluarga Yang Memiliki Penyakit Keras

Apakah anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat penyakit keras seperti Tekanan darah tinggi, Kolesterol tinggi, Hipotiroid, Gangguan Bipolar, Diabetes dan beberapa penyakit lainnya?.

Berhati-hatilah, karena penyakit-penyakit tersebut bisa menurun keanda. Persiapkan diri dengan memiliki asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatan diri anda.

Mempersiapkan Diri Ketika Bepergian

Namanya risiko bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya penyakit, namun beberapa kejadian terduga lainnya seperti kecelakaan bisa saja terjadi ketika melakukan perjalan jauh.

Untuk itu diperlukan asuransi kesehatan untuk memberikan kenyamanan selama berada jauh dari rumah. Selain itu, perusahaan asuransi juga melayani perlindungan untuk berobat ke luar negeri.

Ini bisa digunakan agar bisa mendapatkan pengobatan dan perawatan terbaik, sehingga bisa segera sembuh dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Kondisi Finansial Yang Tidak Pasti

Meskipun memiliki gaji yang tetap, namun pengeluaran yang dilakukan tidaklah pasti. Kadang besar dan kadang kecil sesuai kebutuhan pada saat itu.Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Dari sini anda bisa membayangkan, ketika kondisi finansial sedang menuru, namun harus menghadapi risiko seperti sakit. Mau tidak mau, uang tabungan harus dikeluarkan untuk biaya pengobatan.

Belum lagi harga obat dan perawatan semakin mahal. Tentu semakin menguras keuangan anda. Jangan sampai penyakit yang menyerang tubuh juga menyerang keuangan yang bisa mengakibatkan pailit atau bangkrut.

Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan dengan membiayai pengobatan dan perawatan selama dirumah sakit sesuai dengan ketentuan yang tertulis di polis asuransi. Sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan biaya yang harus anda keluarkan untuk berobat.

Produk asuransi kesehatan memang kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi mengenai asuransi. Setelah mengetahui alasan mengapa pentingnya memiliki asuransi kesehatan, diharapkan bisa membangkitkan minat anda memilikinya.

Namun sebelum membeli, anda harus memahami betul produk asuransi yang ditawarkan. Karena perusahaan asuransi juga menawarkan layanan tambahan didalam asuransi kesehatan. Anda bisa memilih layanan tambahan sesuai dengan perlindungan yang dibutuhkan.