7 Hal Penting yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Posted on

Keberedaan asuransi sekarang sudah tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan yang mewah dan mahal. Bahkan beberapa orang beranggapan, asuransi merupakan kebutuhan wajib, karena mampu menjaga finansial tetap sehat. Dengan menggunakan asuransi, hati menjadi lebih tenang karena perusahaan akan menjamin kelangsungan hidup seseorang. Sehingga impian bisa tercapai dimasa depan.

Asuransi jiwa menjadi salah satu jenis asuransi dengan manfaat yang cukup banyak. Bahkan kelangsungan hidup keluarga juga bisa terjamin apabila memiliki asuransi jiwa. Ada banyak alasan mengapa asuransi jiwa penting bagi kehidupan.

Namun pada dasarnya, orang-orang memilih asuransi jiwa karena mereka ingin melindungi dan memberikan jaminan finansial kepada keluarga apabila risiko kematian datang. Ini juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dan rasa sayang terhadap keluarga, apabila kepala keluarga atau pencari nafkah telah meninggal dunia.

Pihak perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan jiwa kepada anda. Apabila terjadi risiko kematian selama masa kontrak berjalan, maka ahli waris atau keluarga anda akan mendapatkan ganti rugi finansial atau uang santunan.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Jiwa

Dengan uang santunan tersebut, diharapkan ekonomi keluarga masih terjamin dan bisa mendapatkan kehidupan yang layak. Meskipun masyarakat sudah mengetahui apa itu asuransi dan alasan harus memilikinya, namun masih ada beberapa orang yang masih bingung dan ragu untuk memiliki asuransi jiwa.

Kerumitan konsep asuransi jiwa dan penjelasan dari agen asuransi yang kurang, menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang yang masih enggan untuk memiliki asuransi jiwa. Pengetahuan akan asuransi jiwa seperti premi, cara klaim asuransi hingga dan manfaat yang diberikan harus anda pahami betul.

Anda bisa menanyakannya langsung kepada agen asuransi secara detail. Dengan begitu, anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkan. Anda juga akan mendapatkan asuransi jiwa yang sesuai dan mampu memenuhi kebutuhan hidup anda.

Jika ada pertanyaan mengenai waktu yang tepat untuk memiliki sebuah asuransi jiwa, maka jawaban yang tepat adalah ketika anda sudah memiliki tanggungan. Sebagai contoh anda sudah memiliki seorang istri dan anak. Apabila anda sudah mempunya tanggungan, tentu anda mulai berpikir untuk memberikan perlindungan terbaik untuk keluarga anda. Baik itu ketika masih hidup maupun sudah meninggal.

Inilah mengapa, orang yang sudah memiliki keluarga, wajib memiliki asuransi jiwa. Hal ini dikarenakan mereka yang menjadi tanggungan anda tidak akan mengalami kesulitas ekonomi apabila anda sudah meninggal dunia diwaktu yang kurang tepat. Sebagai orang tua, tentu anda tidak menginginkan anak anda hidup susah bukan?.

Namun dalam memilih asuransi jiwa anda beberapa hal penting yang harus anda perhatikan. Ini diharapkan ketika selama masa kontrak berjalan, anda bisa mendapatkan manfaat yang diberikan. Seperti jaminan kesehatan yang bisa anda gunakan apabila anda terjangkit sebuah penyakit.

Lalu apa saja 7 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Memilih Asuransi, simak baik-baik dan pahami betul hal yang harus anda perhatikan sebelum memilih asuransi jiwa.

Pahami Alasan Anda Mengajuka Asuransi Jiwa

Dalam memilih asuransi jiwa, anda juga harus paham alasan penting mengapa anda membutuhkan asuransi jiwa. Bukan mengikuti sebuah gaya hidup, melainkan anda benar-benar membutuhkan asuransi jiwa sebagai perlindungan anda. Anda bisa memperhatikan beberapa aspek yang menjadi alasan untuk mengajukan asuransi.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Jiwa 2

Seperti biaya hidup, biaya pendidikan anak hingga kebutuhan di masa yang akan datang. Perencanaan yang matang akan memberikan anda manfaat asuransi yang sesungguhnya. Dan yang terpenting, apakah anda sudah memiliki tanggungan atau belum. Bila sudah, maka itu menjadi alasan utama mengapa anda membutuhkan asuransi jiwa.

Pilih Perusahaan Asuransi Jiwa Dengan Rekam Jejak yang Bagus

Di Indonesia sendiri sudah ada lebih dari 70 perusahaan asuransi yang beroperasi dan tentunya juga menawarkan produk asuransi jiwa. Masing-masing perusahaan tentunya memiliki rekam jejak selama berkarir didunia asuransi. Pilihlah perusahaan asuransi terbaik dengan rekam jejak yang bagus.

Anda bisa memperhatikan bagaimana pelayanan yang diberikan, jumlah premi, hingga sulit tidaknya klaim asuransi. Selain rekam jejak yang harus anda perhatikan, perusahaan asuransi yang bagus adalah perusahaan yang sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pilih perusahaan asuransi yang memiliki Risk Based Capital (RBC) minimal 120 persen sesuai dengan ketentuan pemerintah. Serta pilih perusahaan yang memang sudah mendapatkan kepercayaan di hati masyarakat.

Pilih Jenis Asuransi Jiwa yang Sesuai dengan Kebutuhan

Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa anda pilih. Anda harus memahami betul kelebihan dan kekurangan setiap jenis asuransi jiwa yang ditawarkan. Apakah anda memerlukan asuransi jiwa seumur hidup atau anda menginginkan asuransi dengan dua manfaat sekaligus yaitu perlindungan jiwa dan tabungan investasi.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Jiwa 1

Pemilihan jenis asuransi jiwa ini cukup penting, karena akan mempengaruhi masa depan yang anda rencanakan. Anda bisa membandingkan antara produk asuransi dari satu perusahaan dengan produk asuransi dari perusahaan lain. Dengan begitu anda bisa mendapatkan asuransi jiwa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Usia

Kembali ke pertanyaan yang banyak terlontar didalam pikiran banyak orang. Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan asuransi?. Berbicara mengenai waktu, tentu waktu yang terbaik adalah ketika anda sudah memiliki tanggungan.

Sedangkan untuk umur, semakin muda umur anda maka semakin bagus untuk memiliki asuransi jiwa. Usia menjadi tolak ukur ketika membicarak besar premi asuransi yang harus dibayar.

Semakin tua usia nasabah, maka perlindungan yang dibibutuhkan juga semakin banyak. Mengingat tingginya risiko yang ditanggung oleh orang yang sudah tua, tentu premi yang harus dibayar juga semakin mahal. Usia menjadi faktor yang sangat mempengaruhi besar premi yang harus dibayar ketika kontrak berjalan.

Ketahui Besar Premi dan Cara Klaim Asuransi Jiwa

Untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa, tentu anda diharuskan membayar premi selama masa kontrak berjalan. Besar kecil premi yang harus anda bayarkan, tentu akan mempengaruhi pengeluaran anda setiap bulan.

Anda bisa menanyakan kepada agen asuransi, dengan besar premi yang harus anda bayar, manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan. Anda harus menanyakan secara detail, sehingga ada paham betul mengenai premi asuransi jiwa. Setelah memahai besar premi yang harus anda bayar, tanyakan juga bagaimana cara klaim asuransi.Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Jiwa 3

Sudah ada banyak kasus mengenai klaim asuransi yang cukup rumit, sehingga merugikan banyak nasabah. Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi hal seperti ini. Mulai dari penjelasan dari agen yang kurang detail hingga pemahanan nasabah yang kurang.

Untuk itu, ketahui langkah dan syarat apa saja agar bisa mendapatkan klaim asuransi. Ini ditujukan agar ketika anda klaim, anda tidak harus susah payah, karena anda memang sudah memahai betul asuransi yang anda miliki.

Selain menanyakan kepada agen, anda bisa membacanya di polis atau surat kontrak yang disetujui. Disitu sudah ada banyak sekali informasi mengenai asuransi jiwa yang anda pilih.

Riwayat Medis

Ketika anda mengajukan permohonan asuransi jiwa, perusahaan asuransi akan meminta riwayat medis anda. Ini merupakan syarat utama dalam mengajukan polis asuransi. Riwayat medis akan digunakan untuk menghitung besarnya risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi juga akan menghitung besar premi yang harus anda bayarkan setiap bulan selama masa kontrak berjalan berdasarkan riwayat medis anda. Riwayat medis juga akan menentukan apa saja manfaat asuransi yang bisa anda dapatkan ketika anda mengalami risiko selama masa kontrak.

Sebagai cotoh, apabila anda mengalami sakit pada saat kontrak polis berjalan. Perusahaan asuransi akan melihat apakah penyakit tersebut sudah ada sebelum memiliki asuransi atau baru terjangkit ketika memiliki asuransi.

Apabila baru terjangkit pada saat memiliki asuransi, maka perusahaan asuransi akan membiayai perawatan dan pengobatan anda selama dirumah sakit. Namun apabila penyakit tersebut sudah ada sebelum memiliki polis asuransi, kemungkinan besar pihak perusahaan asuransi tidak akan membiayai pengobatan anda.

Hobi

Dalam menentukan besar premi, hobi atau kebiasaan juga menjadi salah satu faktor utamanya. Perusahaan asuransi akan memberikan jumlah premi yang lebih tinggi bagi orang yang memiliki hobi, kebiasaan, atau profesi yang berbahaya.

Mengingat semakin berbahaya hobi yang ditekuni, perlindungan juga semakin besar. Tentu premi yang harus dibayar juga semakin mahal. Seperti paragliding, scuba diving, skydiving, motor cross dan lainnya adalah beberapa contoh hobi yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi.

Risiko yang terjadi bisa cukup banyak, mulai dari terluka, patah tulang hingga kematian bisa terjadi kapan saja. Nah, bagi orang yang menyukai hobi seperti ini, akan memiliki premi asuransi yang cukup mahal.

Memilih asuransi jiwa terbaik adalah impian banyak orang. Asuransi jiwa yang tepat akan memberikan banyak manfaat untuk anda. Bukan hanya itu saja, ketenangan dan kebahagiaan bagi anda dan keluarga bisa anda dapatkan, karena masa depan anda dan keluarga sudah dijamin oleh asuransi.

Ekonomi anda juga menjadi lebih sehat, karena perusahaan asuransi akan melindungi jiwa dan kesehatan anda. Untuk bisa mendapatkan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan anda, pahami betul 7 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Memilih Asuransi yang sudah saya jelaskan.

Pilih asuransi yang bukan hanya memberikan manfaat saja, tapi kemampuan anda dalam membayar premi. Segera miliki asuransi jiwa untuk melindungi anda dan keluarga.