7 Alasan Mengapa Asuransi Penting Dalam Kehidupan Beserta Manfaatnya

Posted on

Melindungi sesuatu yang dicintai merupakan hal yang wajar bagi seseorang. Bukan hanya karena tidak ingin mengalami kerugian, tapi juga merupakan bentuk penghargaan serta rasa sayang kepada apa yang dicintai. Berbagai kejadian tidak terduga bisa saja terjadi dan datang menghampiri. Seperti sakit, kecelakaan, kehilangan hingga kematian yang bisa terjadi kapan saja.

Ketidakpastian dari sebuah kejadian yang menyebabkan kerugian tentu membuat kita sebagai manusia selalu merasa was-was dan kuatir. Apalagi kita juga belum menyiapkan perlindungan yang matang untuk menanggulangi risiko yang akan datang.

Dari sinilah alasan mengapa memakai asuransi begitu penting. Asuransi akan memberikan perlindungan akan kejadian yang tidak terduga.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan

Asuransi menjadi solusi ketika kita tidak memiliki kemampuan dan persiapan untuk menghadapi risiko yang akan datang. Definisi asuransi secara singkat adalah hasil perjanjian antara tertanggung dengan penanggung yang bertujuan untuk mengurangi risiko.

Pihak penanggung ini, akan memberikan ganti rugi finansial kepada tertanggung apabila risiko terjadi, dengan syarat tertanggung membayar sejumlah premi yang sudah disepakati. Saat ini memang ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Bila anda ingin melindungi jiwa, anda bisa memilih asuransi jiwa, bila ingin menjaga kesehatan, anda bisa pilih asuransi kesehatan. Bukan hanya itu saja, ada juga asuransi yang bisa melindungi barang kesayangan anda seperti rumah, properti dan kendaraan.

Itulah salah satu manfaat asuransi. Anda bisa melindungi apapun yang anda cintai dari segala macam risiko. Sebelum anda memilih asuransi, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu fungsi dan keuntungan asuransi. Ini cukup penting sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Terlebih masih ada beberapa orang yang belum memiliki pemahaman akan asuransi di Indonesia. Padahal, secara umum asuransi memilik banyak keuntungan seperti ganti rugi finansial dan perlindungan dalam jangka panjang terhadap aset, jiwa, maupun kesehatan.

Kali ini saya ingin memberikan sedikit edukasi mengenai 7 Alasan Pentingnya Asuransi dan mengapa orang butuh asuransi. Ini juga sekaligus menjawab pertanyaan beberapa orang akan pentingnya asuransi dalam kehidupan.

Melindungi Diri dan Orang Tercinta

Dalam hidup terkadang apa yang kita harapkan tidak selalu berjalan sesuai dengan rencana. Ada saja hal buruk yang bisa terjadi setiap saat. Mulai dari sakit, kecelakaan, hingga kematian. Bila hal tersebut terjadi, pasti akan membuat sedih orang yang kita cintai. Apalagi bila kita menjadi tulang punggung keluarga.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 1

Pastinya akan membuat kehidupan keluarga semakin berat. Dengan menggunakan asuransi, hal-hal tersebut bisa ditanggulangi dan akan diminimalisir oleh perusahaan asuransi. Seperti asuransi jiwa atau asuransi kesehatan yang bisa anda gunakan untuk melindungi diri atau keluarga.

Perusahaan asuransi akan mengganti rugi secara finansial apabila tertanggung mengalami sakit atau kematian. Dengan begitu, anda tidak perlu kuatir bila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Sehingga keluarga dan orang yang dicintai, masih bisa melanjutkan kehidupan sehari-hari. Serta bisa melanjutkan mimpi anda yang belum tercapai.

Mengatisipasi Hal yang Tidak Diinginkan

Berbicara mengenai kejadian yang tidak terduga, ini tidak lepas dari risiko yang akan kita hadapi. Risiko adalah ketidak pastian akan terjadinya suatu peristiwa yang dapat mengakibatkan kerugian finansial. Salah satu contoh risiko yang bisa terjadi kapan saja adalah.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 5

Bila terjangkit sebuah penyakit, tentu harus diobati, dan pastinya akan mengeluarkan uang yang cukup banyak. Belum lagi, biaya pengobatan yang semakin mahal. Tentu ini sangat merugikan finansial anda. Belum lagi bagi tulang punggung keluarga, tidak bisa mencari nafkah dikarenakan penyakit yang dideritanya.

Dengan menggunakan asuransi, finansial anda bisa terselamatkan. Karena perusahaan asuransi akan membiayai pengobatan anda selama dirumah sakit. Dengan dicovernya pembiayaan pengobatan oleh asuransi, tentu finansial anda akan lebih terjaga. Anda bisa menggunakan uang anda dengan lebih baik. Kerugian yang dialamipun tidaklah begitu berat.

Mengamankan Properti yang Berharga

Bukan hanya saja yang harus kita lindungi. Benda berharga seperti rumah, toko dan lainnya bisa kita lindungi dengan asuransi. Ini dikarenakan risiko yang terjadi bisa saja terjadi pada barang properti kita. Seperti kebakaran, kehilangan kendaraan, kerusakan dan lainnya.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 1

Sebagai contoh risiko yang terjadi pada barang berharaga seperti kerusakan pada kendaraan. Rusaknya kendaraan tentu akan membuat kita sedih dan marah. Karena kendaraan yang kita beli dengan susah payah, rusak begitu saja. Namun, bila anda menggunakan asuransi kendaraan, kerugian yang anda alami bisa diminimalisir.

Pihak dari perusahaan asuransi, akan membiayai perbaikan pada kendaraan hingga kembali seperti semula. Jadi anda tidak perlu kuatir bila kendaraan anda terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Perencanaan Pendidikan Anak

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Bahkan, saking pentingnya ada istilah mengatakan “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina”. Ini membuktikan bahwa ilmu adalah sesuatu yang sangat penting. Ilmu akan mempengaruhi masa depan seseorang dikemudian hari.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 4

Sayangnya, untuk bisa mendapatkan ilmu dan pendidikan yang layak, memerlukan biaya yang cukup tinggi. Untuk itu, perencanaan yang matang untuk pendidikan anak adalah hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Disini anda bisa menggunakan asuransi pendidikan untuk anak.

Pihak dari perusahaan asuransi akan merencanakan biaya yang akan dibutuhkan oleh buah hati untuk menuntuk ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. dengan begitu, anda bisa sedikit lega, karena kebutuhan anak dalam menuntuk pendidikan sudah anda rencanakan dengan matang.

Perencanaan Hari Tua

Menikmati hari tua bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti duduk manis sambil bermain dengan cucu tanpa memikirkan beban apapun. Hari tua merupakan hari dimana kita bisa menikmati kerja keras kita selama masih muda. Tentu itu adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 3

Untuk bisa mewujudkan impian anda, diperlukan perencanaan yang baik dan benar. Anda bisa menggunakan tabungan asuransi hari tua. Ini merupakan salah satu produk unggulan dari perusahaan asuransi. Dimana, selain anda mendapatkan kemanan jiwa dan kesehatan, anda juga bisa merencanakan keuangan dimasa tua.

Beda menabung di asuransi dengan bank adalah anda hanya bisa mengambil uang minimal 10 tahun. Karena uang yang anda tabung dimasa 10 tahun, akan digunakan untuk invesasi. Sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan 2 kali lipat.

Menjaga Finansial Agar Tetap Sehat

Banyaknya resiko yang akan terjadi, tentu akan mempengaruhi finansial anda. Semakin berat risiko yang dihadapi, semakin besar pula finansial yang harus anda keluarkan. Tentu ini sangat mempengaruhi kehidupan anda.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 2

Sebagai contoh, ketika anda sedang mencabung karena ingin membeli sebuah barang, namun terjadi sebuah hal yang tidak diinginkan seperti sakit. Mau tidak mau anda harus mengambil tabungan anda untuk pengobatan. Apa yang anda rasakan?, pastinya kesal dan sedih.

Untuk itu, anda bisa menggunakan asuransi untuk menjaga finansial anda tetap dalam keadaan baik dan sehat. Perusahaan asuransi akan mengcover semua risiko yang anda hadapi. Sehingga kerugian finansial yang anda alami bisa diminimalisir. Anda juga masih melanjutkan tabungan anda yang ingin anda gunakan untuk membeli barang.

Memberikan Ketenangan dan Ketentraman

Dari penjelasan yang sudah saya sebutkan diatas, memberikan kenyamanan dan ketentraman merupakan alasan utama pentingnya asuransi dalam kehidupan. Melihat beberapa manfaat asuransi yang bisa anda dapatkan, tentu anda tidak akan merasakan kuatir. Karena segala resiko dan kejadian yang tidak terduga sudah dicover oleh asuransi.Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan 6

Baik keamanan jiwa, kesehatan, properti dan kendaraan anda akan dicover oleh asuransi bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Finansial akan terjaga dengan baik dan tetap sehat. Anda bisa melakukan kegiatan anda dengan tenang dan melanjutkan hidup yang lebih baik.

Setelah melihat 7 Alasan Pentingnya Asuransi Dalam Kehidupan, semoga bisa memberikan anda edukasi mengenai pentingnya asuransi. Dimana beberapa orang masih beranggapan bahwa asuransi tidak memiliki manfaat, bahkan ada yang beranggapan asuransi malah merugikan. Ini merupakan contoh kesimpulan dari sudut pandang yang keliru.

Dikarenakan beberapa orang masih keberatan dengan besarya premi yang harus dibayar. Sebenarnya anda bisa mendiskusikan besar kecilnya premi yang harus anda bayar. Hal ini dikarenakan, jumlah premi dipengaruhi oleh manfaat yang ingin anda dapatkan. Seperti bila terjangkit sakit, anda ingin mendapatkan pengobatan dari rumah sakit VIP.

Tentu premi yang harus anda bayar juga tinggi. Maka dari itu, pahami betul asuransi yang ingin anda pakai dari agen resmi. Tanyakan secara rinci, mulai dari cara daftar, pembayaran premi hingga klaim asuransi. Sehingga anda tidak merasakan kerugian dan benar-benar mendapatkan manfaat dari asuran.