Wajib Tahu !! 5 Jenis Asuransi di Indonesia dan Manfaatnya

Posted on

Seperti yang sudah kita ketahui, asuransi merupakan satu lembaga keuangan non bank, yang menjadi alternatif investasi yang cukup baik dan meminimalisir risiko atas kejadian tak terduga. Karena berhubungan dengan finansial, asuransi diawasi oleh lembaga keuangan negara yaitu OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

OJK disini memiliki tugas untuk mengawasi segala kegiatan lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia. Ini juga membuktikan kualitas dari perusahaan asuransi. Sebuah perusahaan asuransi dikatakan bagus bila memiliki catatan baik dari OJK.

Mulai dari sistem layanan, program yang diberikan hingga manfaat asuransi apa saja yang akan didapat. OJK sendiri juga memiliki persyaratan khusus bagi perusahaan asuransi agar bisa menjalankan bisnisnya di Indonesia.

Dari dilansir dari situs resmi OJK, pengertian asuransi adalah sebuah perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis (tertanggung) yang menjadi dasar sebagai pembayaran sejumlah premi sebagai penggantian atas risiko kerugian, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tidak terduga.Jenis Asuransi

Banyaknya risiko yang bisa terjadi, menjadi acuan pembagian jenis asuransi. Misalnya, risiko akan kerusakan tentu berbeda dengan risiko kematian. Namun, manfaatnya masih sama yaitu mengganti atau meminimalisir risiko, hanya saja jumlah penggantiannya berbeda.

Jenis jenis asuransi ini juga memiliki persyaratan yang berbeda bila ingin menggunakan produk asuransi yang diberikan. Setiap jenis asuransi bisa anda kombinasikan dengan jenis asuransi lainnya. Ini bertujuan untuk melindungi apa yang anda miliki.

Tentu jumlah premi asuransi juga harus anda perhatikan, agar tidak memberatkan dan sesuai dengan kemampuan finansial anda. Dibawah ini adalah 5 jenis asuransi di Indonesia yang wajib anda ketahui. Ini bisa menjadi referensi bagi anda untuk memilih jenis asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Asuransi Jiwa

Jenis asuransi jiwa ini memiliki manfaat yang bagus, terutama untuk orang kedua atau ahli waris. Karena pihak dari perusahaan asuransi akan memberikan keuntungan finansial kepada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayaran atau klaim asuransi ini ada beberapa cara.Asuransi Jiwa

Biasanya orang yang menerima ganti rugi ini adalah orang kedua atau biasa disebut sebagai ahli waris. Asuransi jiwa ini merupakan jenis asuransi yang umum dipakai. Alasan yang paling sering digunakan ketika memilih asuransi jiwa adalah untuk memberikan manfaat kepada orang yang dicintai setelah kematiannya.

Seperti seorang suami mengasuransikan dirinya agar sang istri bisa melanjutkan hidup bila suami sudah meninggal. Lalu ada juga orang tua yang ingin memberikan manfaat kepada anaknya dengan mengasuransikan diri. Oleh sebab itu, anda juga harus bisa memilih asuransi jiwa terbaik berdasarkan manfaat yang diperoleh.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Perusahaan asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan atau ganti rugi finansial berupa biaya pengobatan ketika tertanggung sakit.Asuransi Kesehatan

Perusahaan asuransi juga memberikan persyaratan khusus bagi calon tertanggung. Hal ini dikarenakan tidak semua penyakit akan ditanggung oleh perusahaan. Maksudnya, apabila calon tertanggung sudah memiliki penyakit sebelum mengikuti program, maka biaya pengobatan tidak akan diganti.

Namun apabila, tertanggung mengidap penyakit baru setelah mengikuti program, maka perusahaan hanya akan membiayai pengobatan untuk penyakit baru tersebut. Di Indonesia, perusahaan asuransi memiliki beberapa produk yang bisa anda pilih, mulai dari sistem cashless atau menggunakan kartu, sistem double claim, asuransi yang memiliki limit dan berdasarkan tagihan biaya pengobatan.

Asuransi PendidikanAsuransi Pendidikan

Bila anda adalah orang tua yang ingin merencanakan keuangan untuk pendidikan buah hati, asuransi pendidikan adalah pilihan terbaik. Asuransi pendidikan anak adalah jenis asuransi yang memiliki sistem investasi jangka panjang yang bertujuan untuk mendapatkan finansial agar pendidikan anak bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

Asuransi pendidikan juga memiliki keuntungan lain yang bisa anda dapatkan, sepert asuransi kesehatan dan jiwa bagi pemegang polis. Perusahaan akan memberikan ganti rugi pada pemegang polis atas kematiannya dan memberikan biaya pengobatan ketika sakit.

Ahli waris dari asuransi pendidikan tentunya adalah sang anak. Jadi perusahaan akan memberikan ganti rugi finansial atau investasi yang sudah tercapai kepada anak yang kemudian akan digunakan untuk membiayai pendidikannya di tingkat lanjut.

Besar kecilnya biaya premi yang harus dibayar berbeda-beda sesuai dengan produk asuransi yang diberikan serta manfaat yang akan diterima oleh pemegang polis. Perencanaan yang matang tentu akan memberikan manfaat yang lebih bagus.

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang akan melindungi kendaraan anda dari risiko kehilangan atau kerusakan. Ini juga merupakan salah satu bentuk penghargaan atas kerja keras anda dan rasa cinta kepada kendaraan yang sudah anda beli. Sesuatu yang dicintai, tentu akan dilindungi dengan baik.Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi kendaraan yang paling umum dan sering digunakan adalah asuransi mobil. Meskipun populer, sayangnya beberapa masyarakat masih belum memahami betapa pentingnya asuransi untuk kendaraan. Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan selain penggantian finansial atas kerusakan atau kehilangan.

Seperti kondisi keuangan yang lebih stabil, memberikan rasa nyaman dan kemanan, serta menjaga mobil anda agar tetap dalam kondisi bagus. Umumnya perusahaan asuransi kendaraan memiliki 2 produk yang bisa anda pilih yaitu Total Loss dan All Risk.

Total Loss akan memberikan biaya ganti rugi atas risiko kehilangan kendaraan. Biasanya ini terdapat pada asuransi motor. All Risk akan memberikan biaya ganti rugi atau biaya perbaikan bila terjadi kerusakan pada kendaraan. Pada asuransi mobil, anda bisa memilih salah satu atau dua jenis asuransi sekaligus.

Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi ini merupakan salah satu jenis asuransi yang wajib dan sering digunakan oleh para traveler. Secara umum, manfaat yang akan diterima tidak jauh berbeda dengan lainnya, hanya saja jangkau waktu yang singkat menjadi perbedaannya. Tertanggung hanya menggunakan asuransi selama melakukan perjalan hingga kembali pulang.

Perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan atas risiko yang akan terjadi selama diperjalanan. Seperti risiko kehilangan barang, sakit hingga meninggal dunia. Banyaknya manfaat yang akan didapatkan oleh tertanggung menjadi alasan pentingnya menggunakan asuransi perjalanan ketika anda ingin bepergian.

Dari sekian banyak jenis asuransi yang ada, pada intinya memiliki fungsi untuk mengatur dan menjaga keuangan anda agar lebih stabil. Dari penjelasan yang sudah saya terangkan, anda bisa memilih asuransi mana yang ada butuhkan untuk mengatur keuangan anda. Masing-masing memiliki keuntungan dan manfaat yang berbeda sesuai dengan risiko yang akan terjadi.

Sebelum anda mengikuti program asuransi yang ada di Indonesia, ada baiknya anda memahami betul jenis asuransi yang akan anda pilih. Bukan hanya manfaat yang harus diperhatikan, klaim asuransi hingga besar premi juga wajib anda ketahui. Ini bertujuan agar anda tidak salah pilih dan asurasni menjadi lebih efektif dan efisien untuk mengatur keuangan anda.