Ini Lho 14 Hal Penting Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Posted on

Melihat biaya berobat dan perawatan kesehatan semakin mahal disetiap tahunnya, membuat banyak orang mencari cara agar terhindar dari risiko sakit. Gaya hidup sehat menjadi pilihan banyak orang agar memiliki tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Tidak heran bila banyak produk kesehatan mulai bermunculan dan dijual bebas di kalangan masyarakat. Namun, apakah itu akan menjamin anda terhindar dari risiko sakit? tentu saja tidak.

Produk-produk kesehatan tersebut hanya menjaga tubuh anda tetap vit dan bisa melakukan aktivitas rutin setiap harinya. Lalu bagaimana dengan jenis penyakit dengan daya serang yang tinggi?.

Tentu masih memiliki kemungkinan untuk menyerang tubuh, meskipun anda sudah mengkonsumsi produk kesehatan dan memiliki gaya hidup sehat.

Sebenarnya tidak ada solusi agar tubuh tidak bisa terserang penyakit. Namun, untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari sakit masih ada solusinya. Asuransi kesehatan merupakan solusi terbaik untuk memberikan perlindungan kesehatan anda.Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Apakah dengan memiliki asuransi kesehatan tubuh kita tidak akan terserang penyakit?. Tentu saja tidak, asuransi kesehatan akan meminimalisir dampak yang dihasilkan ketika anda sakit, dimana dampak tersebut yang paling terasa adalah menurunnya kondisi keuangan.

Ketika sakit, tentu anda harus mengeluarkan uang untuk biaya berobat bukan. Nah, asuransi kesehatan ini akan memberikan perlindungan dengan mengganti rugi finansial atau membiayai pengobatan dan perawatan anda selama dirumah sakit.

Dengan begitu kondisi keuangan anda masih dalam keadaan baik-baik saja. Anda masih bisa menggunakan uang anda dengan lebih maksimal lagi. Bisa untuk menabung atau memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Saat ini ada banyak sekali produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahan asuransi dengan segudang manfaat yang diberikan. Tentunya ini membuat banyak orang semakin bingung dalam memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Memilih asuransi kesehatan terbaik di Indonesia memang sedikit susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan selain banyaknya produk yang dijual, kekurangan dan setiap produk asuransi membuat orang semakin bingung memilih.

Apalagi, sekarang ada manfaat asuransi kesehatan tambahan yang bisa dipilih langsung oleh calon pemegang polis. Sehingga ketika melakukan pengajuan klaim asuransi, perlindungan yang didapatkan juga lebih banyak.

Ada banyak sekali kriteria jenis asuransi kesehatan yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Mulai dari asuransi kesehatan yang bagus dan murah, asuransi kesehatan murah untuk keluarga hingga asuransi kesehatan on bill.

Namun pada dasarnya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kriteria yang anda inginkan. Apa saja itu? simak ulasannya dibawah ini.

1. Pahami Produk Asuransi yang Ditawarkan

Setiap agen asuransi pastinya akan menawarkan produk mereka dengan iming-iming segudang manfaat yang diberikan. Anda jangan sampai terburu-buru untuk membeli produk asuransi yang ditawarkan tersebut.

Ini bertujuan selain anda terhindar dari kesalahpahaman juga terhindar dari kerugian karena salah memilih asuransi yang sesuai. Pahami betul seluk beluk produk asuransi tersebut.

Bila perlu, tanyakan langsung kepada pihak yang bersangkutan, dimana ini adalah agen asuransi yang menawarkan produk tersebut.

2. Pilih Produk dari Perusahaan Yang Memiliki Rekam Jejak Bagus

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali perusahan asuransi yang menjual produknya di berbagai wilayah. Pilihlah produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahan ternama atau memiliki rekam jejak yang bagus. Selain itu anda juga bisa memilih perusahan asuransi yang memang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

3. Syarat dan Ketentuan Asuransi Kesehatan yang Jelas

Dalam memberikan pelayanan, tentu perusahan asuransi juga memberikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Pahami betul persyaratan dan ketentuan dari perusahan asuransi.Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan 4

Ini bertujuan untuk memudahkan anda ketika ingin klaim asuransi. Baca secara teliti setiap pasal demi pasal, karena biasanya ada beberapa syarat yang kurang bisa dipahami.

Bila perlu tanyakan kepada agen asuransi yang bersangkutan. Pastikan pada polis asuransi yang akan anda miliki, didalamnya mencantumkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Jenis Jaminan yang Diberikan

Sebagai calon nasabah, anda harus mengetahui jenis jaminan seperti apa yang diberikan oleh perusahan asuransi apabila terjadi risiko. Anda juga harus mengetahui, perusahan asuransi akan menanggung risiko apa saja. Ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan perlindungan anda.

Bila apa yang dijamin tidak sesuai, anda bisa menolaknya. Ketahui juga apakah ada jaminan lain atau tambahan yang ditawarkan seperti rawat inap, rawat jalan, rawat kehamilan/persalinan, rawat gigi maupun kacamata dan jaminan lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan perlindungan kesehatan anda.

5. Masa Perlindungan

Setiap program asuransi kesehatan memiliki masa perlindungan yang berbeda. Namun kebanyakan sekarang memiliki jangka waktu perlindungan yang cukup lama. Tapi tidak ada salahnya bila anda bertanya masa perlindungan yang ditawarkan. Apakah hanya sampai pada umur 70 tahun atau seumur hidup?.

6. Nilai Klaim Asuransi per Tahun

Ketahui jumlah nilai klaim asuransi yang bisa anda dapatkan per tahunnya. Maksudnya, pihak dari perusahan asuransi memberikan batasan biaya yang menjadi jaminan perlindungan dari risiko.

Nilai klaim ini bisa meliputi besaran tarif dokter umum, dokter spesialis, resep obat, dan biaya lainnya yang akan dikover oleh asuransi. Apabila nilai klaim sudah mencapai batas atau limit, biaya pengobatan selanjutnya tidak akan ditanggung oleh asuransi.

7. Jangkauan Rumah Sakit

Salah satu ciri produk asuransi kesehatan yang bagus adalah memiliki jaringan kerjasama dengan rumah sakit yang banyak. Semakin banyak maka semakin bagus, karena akan memudahkan anda untuk mendapatkan perawatan kesehatan.Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan 2

Selain itu perhatikan juga sistem pembayaran yang digunakan oleh rumah sakit bila ingin menggunakan asuransi kesehatan.

Apakah menggunakan sistem cashless yaitu anda tinggal menunjukkan kartu asuransi atau sistem reimbursements yang mengharuskan anda membayar biaya pengobatan terlebih dahulu yang kemudian akan diganti oleh perusahan asuransi.

8. Jangkauan Wilayah Layanan

Selain rumah sakit, jangkauan wilayah juga menjadi salah satu ciri apakah produk asuransi tersebut bagus atau tidak. Ini bertujuan untuk memastikan apakah layanan asuransi masih diberikan meskipun anda berada diluar kota atau bahkan diluar negeri.

9. Prosedur Layanan Rawat Inap dan Rawat Jalan

Basanya pada asuransi kesehatan melayani dua jenis perawatan yaitu rawat inap dan rawat jalan. Ketahui prosedur dan persyarata yang diperlukan untuk medapatkan layanan tersebut.

Ketahui juga biaya apa saja yang ditanggung oleh asuransi untuk setiap jenis perawatan. Seperti biaya obat-obatan, biaya sewa kamar apakah termasuk dalam layanan rawat inap atau biaya pemeriksaan dan biaya laboratorium juga ditanggung oleh asuransi apabila memilih rawat jalan.

10. Kenali Layanan Perlindungan Tambahan

Selain asuransi kesehatan murni, biasanya perusahan asuransi juga menawarkan beberapa layanan asuransi tambahan atau rider. Rider ini bisa anda pilih sesuai dengan jenis perlindungan yang anda butuhkan.

Rider juga berfungsi untuk mengoptimalkan program asuransi kesehatan, sehingga manfaat perlindungan yang anda dapatkan akan lebih banyak. Penambahan setiap rider akan mempengaruhi jumlah premi yang harus anda bayarkan setiap bulan.

Semakin banyak anda menambah rider, semakin mahal pula premi asuransi tersebut. Untuk mendapatkan nilai manfaat yang diberikan, anda bisa meminta dibuatkan ilustrasi oleh agen asuransi yang bersangkutan.

11. Sesuaikan Premi dengan Kemampuan Keuangan

Poin penting sebelum memilih asuransi kesehatan adalah ketahui jumlah premi yang harus anda bayar setiap bulan. Setelah melihat ilustrasi yang sudah dibuat, anda bisa memilih asuransi kesehatan mana yang sesuai dengan kondisi keuangan anda.Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan 3

Jangan sampai jumlah premi tersebut menjadi beban bagi anda. Sehingga bukannya mendapatkan manfaat asuransi, malah kondisi keuangan anda semakin turun. Selain itu, anda juga bisa memilih beberapa metode pembayaran premi, mulai dari per bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

12. Riwayat Kesehatan

Sebelum memilih asuransi kesehatan, ketahui terlebih riwayat kesehatan yang anda miliki. Ini juga bertujuan untuk mengukur resiko kesehatan dan perlindungan apa saja yang dibutuhkan.

Selain itu, ada beberapa penyakit yang tidak ditanggung oleh asuransi. Seperti penyakit yang sudah diderita sebelum mengikuti program asuransi. Biasanya penyakit ini tidak akan ditanggung oleh asuransi baik biaya pengobatan maupun perawatan.

13. Pembatalan Polis Asuransi

Ini merupakan salah satu hal yang wajib anda ketahui sebagai calon nasabah, dimana masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa masih bisa melakukan pembatalan polis asuransi.

Biasanya, perusahan asuransi memberikan waktu dua minggu sejak polis terbit kepada nasabah untuk melakukan pembatalan polis asuransi apabila tidak setuju dengan isi polis.

Pernyataan ini juga sudah tercantum didalam buku polis. Jadi ketika polis asuransi anda sudah terbit, segera baca kembali isi polis tersebut dengan teliti. Apakah sesuai dengan perjanjian atau tidak. Bila tidak, anda bisa membatalkan polis tersebut.

14. Kebijakan Ketika Pembayaran Premi Macet

Dikarenakan kondisi keuangan yang bisa berubah, tentu kemampuan membayar premi anda juga tidak pasti. Nah, ketahui apakah pihak perusahaan asuransi memberikan kebijakan ketika pembayaran premi sedang macet. Biasanya, perusahaan asuransi memberikan kebijakan berupa waktu tenggang atau masa tunggu.

Ketika masa tunggu sudah jatuh tempo, dan anda belum bisa melunasi premi yang harus dibayarkan, maka secara otomatis polis asuransi akan ditutup atau dibatalkan secara sepihak.

Jumlah waktu atau masa tunggu ini yang menentukan adalah perusahaan asuransi yang bersangkutan. Bisa saja setiap perusahaan memberikan kebijakan waktu yang berbeda.

Asuransi kesehatan memang menjadi salah satu solusi untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi diri sendiri atau keluarga tercinta. Perusahaan asuransi akan memberikan penggantian kerugian yang dialami akibat risiko menderita sakit atau risiko kesehatan lainnya.

Perlu di ingat, pastikan program asuransi kesehatan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Baik dari segi kebutuhan perlindungan, fasilitas kesehatan dan kemampuan keuangan dalam membayar premi.

Jangan memilih program asuransi kesehatan yang diluar kemampuan keuangan anda. Atur program asuransi anda sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaat yang diberikan.