Ini Lho Daftar 10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Posted on

Beberapa tahun yang lalu, asuransi merupakan hal yang tabu bagi masyarakat awam. Pengguna asuransi di Indonesia pada saat itu sangatlah minim sekali. Hal ini dikarenakan pengetahuan masyarakat akan pentingnya asuransi dalam kehidupan sangat minim.

Bahkan beberapa dari mereka sangat menolak keras menggunakan asuransi. Karena mereka beranggapan bahwa asuransi sangat merugikan. Namun seiring berkembangnya waktu, masyarakat mulai banyak yang memahami pentingnya asuransi dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Ini juga tidak lepas dari peran pemerintah yang ikut memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya asuransi. Hingga sampai saat ini, sudah ada banyak sekali orang yang menggunakan asuransi. Baik itu dari perusahaan asuransi swasta hingga perusahaan asuransi dari pemerintah seperti BPJS.

Melihat perkembangan asuransi di Indonesia yang semakin pesat, banyak perusahaan asuransi berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Mereka menawarkan berbagai macam produk asuransi yang bisa anda pilih. Manfaat yang anda dapatkan juga cukup beragam, sesuai dengan jenis asuransi yang anda pilih.Daftar Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Dengan banyaknya perusahaan asuransi, tentu akan membuat masyarakat menjadi bingung dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan mereka. Untuk mendapatkan kepercayaan lebih kepada masyarakat, tentunya perusahaan asuransi memberikan yang terbaik. Mulai dari pelayanan hingga produk asuransi yang memberikan banyak manfaat.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali perusahaan asuransi yang terus tumbuh. Bahkan lebih dari 70 perusahaan asuransi yang kini sudah tersebar di seluruh penjuru tanah air. Sebagai salah satu lembaga keuangan negara, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki tanggung jawab dalam mengawasi kegiatan segala hal yang berhubungan dengan keuangan, termasuk asuransi.

Dari sini anda bisa memilah dan memilih perusahaan asuransi mana yang bisa anda percayai. OJK sendiri sudah memberikan peringkat kepada perusahaan asuransi yang memenuhi 14 kriteria yang sudah ditentukan.

Mulai dari pertumbuhan aset, pertumbuhan laba bersih, hingga Risk Based Capital (RBC) perusahaan asuransi tersebut. Dibawah ini saya sudah merangkum 10 Perusahaaan Asuransi Terbaik di Indonesia dari berbagai media dan informasi.

AXA Mandiri

Sebelum melejit seperti sekarang, awalnya Perusahaan asuransi AXA Mandiri ini memiliki nama Asuransi Jiwa Staco Raharja. Berdiri sejak awal 1991 hingga pada tahun 2004 nama perusahaan berubah menjadi PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) yang merupakan perusahaan patungan antara AXA dan Bank Mandiri.Perusahaan Asuransi AXA Mandiri

Bisa dibilang AXA Mandiri adalah anak perusahaan dari AXA Financial Indonesia dan merupakan bagian dari AXA Group. Dimana AXA Group merupakan salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia. Berdasarkan Lembaga Riset Media Asuransi pada tahun 2015, AXA Mandiri menduduki peringkat asuransi jiwa terbaik di Indonesia dengan kategori Best Life Insurance dengan kelompok ekuitas sebesar Rp 1,5 triliun keatas.

Pada tahun yang sama, AXA Mandiri juga mendapatkan peringkat pertama asuransi jiwa di Indonesia pada kelompok Best Life Insurance dalam kelompok ekuitas Rp 500 miliar hingga Rp 1,5 triliun untuk layanan solusi keuangan di Indonesia.

AXA Mandiri didukung oleh lebih dari 1.800 Financial Advisor di lebih dari 1.800 cabang Bank Mandiri dan 170 cabang Bank Syariah Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia. Lebih dari 500 Telesales Officer juga turut andil dalam memasarkan produk asuransi melalui jalur telemarketing.

FWD

Berdiri di Asia sejak tahun 2013, FWD merupakan salah satu perusahaan yang berbisnis asuransi dari grup investasi, Pacific Century Group. FWD Life Merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group dengan nama PT FWD Life Indonesia.Perusahaan Asuransi FWD

Mereka menawarkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi, asuransi berjangka individu & kumpulan, asuransi kecelakaan diri individu & kumpulan, dan asuransi kesehatan.

Selain di Indonesia, FWD Group juga memiliki jaringan usaha di negara lain seperti Hong Kong & Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam dan Jepang. Mereka juga menawarkan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi umum dan employee benefits.

AIA Financial

PT AIA Financial merupakan perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dan sudah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Awal berdiri perusahaan ini memiliki nama PT AIG Life, namun pada 2009 berubah nama. AIA Financial sendiri merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan AIA Group. Mereka menawarkan berbagai produk asuransi yang bisa anda pilih.Perusahaan Asuransi AIA

Mereka juga menyediakan asuransi dengan prinsip syariah yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK).

Lebih dari 10.000 tenaga penjual berpengalaman dan professional memasarkan Produk asuransi tersebut melalui beragam jalur distribusi seperti Agency, Bancassurance dan Corporate Solutions (Pension & Employee Benefits).

Allianz

Allianz adalah sebuah perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis utamanya adalah asuransi. Pada 2013 menurut majalah Forbes, Allianz merupakan perusahaan terbesar ke-25 dunia.Perusahaan Asuransi Allianz

Pada tahun 1981 Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan. Kemudian pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia.

Melihat potensi yang cukup bagus, pada tahun 1996 Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Hingga sampai saat ini, Allianz memiliki lebih dari 1.400 karyawan dan 20 ribu agen yang memasarkan produk asuransi di berbagai belahan dunia.

Generali

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia adalah perusahaan asuransi yang merupakan bagian dari Generali Group. Generali Group sendiri adalah sebuah perusahaan perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa yang didirikan pada tahun 1831, di Trieste, Italia.Perusahaan Asuransi Generali

Didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar, Generali menyediakan produk asuransi sesuai dengan kebutuhan finansial nasabah. Menariknya lagi, mereka juga memberikan layanan digital untuk memudahkan nasabah seperti iSERVICES, iCONNECT dan iCLICK.

Generali Indonesia juga memperkenalkan sistem ARMS (Auto Risks Management System). ARMS adalah sistem manajemen risiko otomatis yang diciptakan oleh anak bangsa untuk membantu kebutuhan finansial nasabah.

Pada tahun 2015, Generali berhasil terpilih sebagai Top 2 for the Best Financial Performance dari Indonesia Insurance Choice Award oleh Warta Ekonomi. Ditahun yang sama, mereka juga terpilih sebagai Top 10 Employer of Choice Award 2015 oleh SWA Magazine.

Cigna

Cigna merupakan sebuah perusahaan jasa kesehatan global dengan produk utamanya adalah jasa asuransi jiwa, kesehatan dan kecelakaan diri. Cigna Internasional bermarkas besar di Philadelphia, Amerika Serikat. Cigna membuka cabangnya di Indonesia pada tahun 1990 di bawah bendera PT Asuransi CIGNA.Perusahaan Asuransi Cigna

Cigna sendiri beroperasi secara internasional di 30 negara dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41.000 karyawan.Cigna Indonesia sendiri memiliki prestasi yang bagus dengan membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637 persen.

Jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120 persen pada 2016. Dimana RBC ini menjadi tolak ukur sehat tidaknya perusahaan asuransi tersebut. Semakin tinggi RBC maka semakin sehat sebuah perusahaan asuransi.

Great Eastern

Great Eastern Life Assurance merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar di Singapura dan Malaysia dan merupakan perusahaan asuransi tertua di Asia. Mereka memiliki aset lebih dari SG$60 miliar dan sekitar Rp4 juta pemegang polis.Perusahaan Asuransi Great Eastern

Great Eastern memiliki tiga saluran distribusi yang sukses yaitu saluran distribusi agency, bancassurance, dan perusahaan jasa penasihat keuangan.

Great Eastern telah menjadi salah satu pemain terdepan industri asuransi di Asia selama lebih dari 100 tahun. Selain di Singapura dan Malaysia, mereka juga beroperasi di beberapa negara lainnya seperti Indonesia dan Brunei Darussalam serta memiliki kantor perwakilan di Tiongkok dan Myanmar.

Manulife

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (Manulife Indonesia) didirikan pada tahun 1985 dan merupakan bagian dari Manulife Financial Corporation, grup yang menyediakan layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada dan Amerika Serikat.Perusahaan Asuransi Manulife

Manulife Indonesia menawarkan berbagai produk layanan keuangan mulai dari asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi dan dana pensiun kepada nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Dengan lebih dari 9.000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 24 kantor pemasaran, Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,3 juta nasabah di Indonesia. Pada tahun 2014 Manulife Financial menempati peringkat ke-173 dalam daftar Global 2000, sebuah daftar perusahaan terbesar di dunia yang diperingkat oleh majalah bisnis Forbes.

Panin Dai-Ichi

Panin Dai-Chi adalah perusahaan asuransi yang masuk kedalam bagian Panin Group of Companies dan Dai-Ichi Life. Panin Group of Companies sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di industri jasa keuangan. Panin Life marupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka dibawah naungan Panin Group of Companies, yang telah melayani masyarakat Indonesia selama lebih dari 40 tahun.Perusahaan Asuransi Panin Dai-Ichi

Dai-ichi Life merupakan sebuah perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang yang mempunyai pengalaman lebih dari 110 tahun. Dai-ichi Life Insurance menempati peringkat ke-301 pada tahun 2014 dalam daftar Global 200. Menurut majalah bisnis Forbes, Dai-ichi Life Insurance memiliki total nilai pasar (market value) AS$14,5 miliar dan total aset sebesar AS$356,3 miliar.

Selain itu, Dai-ichi Life juga terdaftar sebagai perusahaan publik yang ada di Jepang dengan peringkat “A” dari Fitch dan peringkat “A+” dari Standard & Poor’s (per Juni 2015). Untuk melebarkan sayapnya, Panin Life dan Dai-ichi Life memasuki suatu era baru untuk membentuk kerja sama joint-venture yang kuat dengan nama Panin Dai-ichi Life pada tahun 2013, .

Prudential

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) didirikan pada tahun 1995 dan merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Pada tahun 1999, mereka meluncurkan produk asuransi terkait investasi (unitlink) pertamanya dan berhasil menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Indonesia.Perusahaan Asuransi Prudential

Sejak tahun 2007, Prudential Indonesia telah mendirikan unit bisnis Syariah dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia. Dengan 260.000 tenaga pemasar berlisensi, mereka melayani lebih dari 2,4 juta nasabah.

Prudential Indonesia memiliki 393 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) yang tersebar di seluruh Nusantara termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali.

Dari sekian Daftar 10 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia yang sudah saya jelaskan diatas, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Anda bisa memilih produk asuransi yang mereka jual berdasarkan pilihan yang sesuai dengan kriteria anda.

Perusahaan-perusahaan tersebut, sudah berdiri lama dan memiliki pengalaman yang cukup dibidang asuransi. Wajar bila perusahaan tersebut masuk kedalam jajaran perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Pahami betul setiap produk yang dijual.

Ketahui terlebih dahulu kebutuhan anda. Dengan begitu anda bisa memilih produk asuransi yang bisa memenuhi kebutuhan anda. Sehingga anda tidak akan merasa dirugikan karena anda sudah merencanakan keuangan anda dengan matang.